Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Ditenagai Tensor G3 dan Punya Sistem Kamera Baru

0
Google-Pixel-8-dan-Pixel-8-Pro

Smartphone terbaru yang diciptakan oleh Google, Pixel 8 dan Pixel 8 Pro akhirnya telah resmi diperkenalkan. Keduanya ditenagai oleh chipset baru, Tensor G3 yang diproduksi dengan teknologi fabrikasi 4nm dari Samsung.

SoC ini memiliki prosesor sembilan inti (nona-core), yang terdiri dari satu inti utama berbasis Cortex-X3 dengan kecepatan clock hingga 3GHz. Kemudian ada empat inti Cortex-A715 pada 2,45GHz, dan empat inti Cortex-A510 pada 2,15GHz.

Untuk Pixel 8 hadir dengan RAM sebesar 8GB, sedangkan Pixel 8 Pro dibekali RAM 12GB. Duo perangkat Pixel 8 memiliki bodi dengan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu, serta dilengkapi dengan sistem pengenalan sidik jari di bawah layar dan pemindai wajah.

Pixel-8-Pro

Nah sekarang mari fokus ke Pixel 8 Pro, ia memiliki layar LTPO OLED berukuran 6,7 inci QHD+, refresh rate 120Hz, sangat terang dengan tingkat kecerahan puncak hingga 2.400 nits, dan dilindungi oleh Gorilla Glass Victus 2. Perangkat ini memiliki punggung kaca matte dengan bingkai aluminium yang dipoles dan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Blue, Obsidian, dan Beige.

Pada bagian belakang Pixel 8 Pro terdapat tiga unit kamera, kamera utamanya 50MP dengan teknologi Octa-PD (phase-detect autofocus) dan OIS, kamera ultrawide baru 48MP dengan Quad-PD, dan kamera 48MP telephoto 5x zoom Quad-PD dengan kemampuan zoom digital hingga 30X Super-Res. Sedangkan kamera depannya beresolusi 10,5MP dengan bidang pandang yang luas.

Pixel 8 Pro juga dilengkapi dengan sensor suhu kulit baru yang merupakan fitur eksklusif untuk versi Pro. Sensor tersebut dilaporkan merupakan unit Melexis MLX90632 dan tujuan utamanya adalah membaca suhu. Baterainya berkapasitas 5.050 mAh, didukung pengisian daya kabel 30W dan pengisian nirkabel 23W.

Mengenai fitur fotografi, seri Pixel 8 yang baru memiliki beberapa fitur menarik seperti Photo Unblur, Magic Eraser, Best Take, dan Macro Focus yang menggunakan kamera ultrawide. Khusus Pixel 8 Pro, memiliki fitur Pro Controls yang tidak ada pada versi Pixel 8.

Pixel-8

Bagi yang lebih suka smartphone kecil, bisa melirik Pixel 8 yang hadir dengan panel OLED 6,2 inci FHD+ dan refresh rate 120Hz. Layarnya memiliki tingkat kecerahan tinggi mencapai 2.000 nits atau 42% lebih terang dibandingkan dengan layar Pixel 7, dan berlapis Gorilla Glass Victus.

Di sektor pencitraan, pada bagian belakang Pixel 8 hanya tersemat dua unit kamera. Dengan kamera utama 50MP teknologi Octa-PD dan kamera 12MP dengan lensa ultrawide baru dengan kemampuan autofocus dan mode macro. Pixel 8 juga memiliki kamera selfie 10,5MP yang sama dengan versi Pro.

Baterai Pixel 8 memiliki kapasitas 4.575 mAh, didukung pengisian daya kabel 27W dan pengisian nirkabel 18W. Perangkat ini memiliki sentuhan akhir metal satin, punggung kaca yang dipoles tersedia dalam pilihan warna Hazel, Obsidian, dan Rose.

Duo Pixel 8 yang baru dilengkapi dengan VPN gratis oleh Google One dan menawarkan jaminan pembaruan sistem operasi dan keamanan selama 7 tahun, yang merupakan yang terpanjang dalam dunia Android. Sebagai pembanding, iOS 17 terbaru hanya tersedia untuk perangkat yang berusia hingga 5 tahun.

Soal harga, Pixel 8 dengan penyimpanan 128GB dibanderol mulai US$699 atau sekitar Rp10,9 jutaan. Sementara, Pixel 8 Pro dengan penyimpanan 128GB dijual seharga US$999 (Rp15,6 jutaan). Keduanya akan tersedia mulai tanggal 12 Oktober di pasar tertentu, sayangnya Indonesia kemungkinan tidak akan kebagian.

Sumber: Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *