Review Sharp Aquos R8s Pro: Kamera Sensor 1 Inci dengan Snapdragon 8 Gen 2

Dimas Galih Windudjati

Selain Sharp Aquos R8s, perusahaan asal Jepang ini juga mengeluarkan seri yang lebih tinggi lagi. Smartphone tersebut memiliki nama Sharp Aquos R8s Pro yang sempat saya bawa ke Computex 2024 di Taiwan beberapa hari yang lalu. Hal tersebut tentunya untuk berfoto-foto di negeri formosa tersebut.

Bagi mereka yang memiliki Aquos R7s, R8s Pro adalah penerusnya. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya kamera dengan sensor 1 inci pada smartphone ini. Sensor dengan dimensi paling lebar di industri smartphone tersebut diklaim bisa menghasilkan gambar yang lebih baik dibandingkan dengan yang lebih kecil.

Sharp Aquos R8s Pro

Selain kamera, kapasitas baterai, serta resolusi layarnya, hampir tidak ada perbedaan yang terlihat pada spesifikasinya. Layar Pro IGZO OLED buatan mereka sendiri yang diklaim menggunakan daya lebih rendah dari para pesaingnya juga menjadi andalan penjualannya. Sertifikasi IP68 juga menjadi nilai tambah perangkat ini yang membuatnya bisa mengambil gambar saat sedang berenang.

Spesifikasi Sharp Aquos R8s Pro

Unit Sharp Aquos R8s Pro yang saya dapatkan untuk review kali ini memiliki spesifikasi sebagai berikut. Perlu diketahui bahwa pada saat pengujian sudah menggunakan sistem operasi Android 14.

Spesifikasi Sharp Aquos R8s Pro
SoC Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
CPU 1×3.2 GHz Cortex-X3 + 2×2.8 GHz Cortex-A715 + 2×2.8 GHz Cortex-A710 + 3×2.0 GHz Cortex-A510
GPU Adreno 740
RAM 12 GB LPDDR5
Internal 256 GB UFS 4.0
Layar 6,6 inci 2.730 x 1.260 1-240 Hz OLED Pro IGZO Gorilla Glass Victus
Dimensi 161 x 77 x 9.3 mm
Bobot 203 gram
Baterai 5000 mAh 30 watt charger
Kamera 47 MP / 12 MP utama, 12,6 MP Selfie
OS Android 14 Aquos UX 14

Unboxing

Selain smartphone Sharp Aquos R8s Pro, terdapat beberapa aksesoris pendukung pada paket penjualannya. Berikut adalah yang ditemukan di bawah perangkat smartphone tersebut di kotak penjualannya.

Isi paket penjualan Sharp Aquos R8s Pro

Desain Sharp Aquos R8s Pro

Sharp Aquos R8s Pro memang memiliki desain yang cukup mirip dengan yang non Pro. Perbedaannya memang terletak pada dimensi bundaran kamera yang ada pada bagian belakangnya. Perangkat ini juga menggunakan layar Pro IGZO OLED-nya yang memiliki refresh rate dinamis dari 1 Hz hingga 240 Hz dan dapat menghemat baterai. Untuk resolusinya, perangkat ini menggunakan 2.730 x 1.260 pada dimensi layar 6,5 inci.

Layar tersebut sudah menggunakan Corning Gorilla Glass victus yang cukup kuat dan sudah bisa bertahan dengan benturan. Walaupun begitu, layar flat yang digunakan cocok dipakaikan tempered glass yang membuatnya akan lebih kuat lagi. Berbeda dengan versi non-pro, Aquos R8s Pro memiliki pemindai sidik jari di bawah layar. Perangkat ini juga sudah memiliki sertifikasi IP68 hingga mampu bertahan saat ditenggelamkan didalam air selama 1 menit.

Pada bagian kanan perangkat ini terdapat tombol volume dan juga power. Untuk bagian atasnya terdapat port SIM dengan microSDXC yang berada pas di bawah tray SIM, microphonespeaker, dan juga audio 3,5 mm yang mendukung Dolby Atmos. Untuk bagian bawahnya, bisa ditemukan microphone utama, port USB-C, dan speaker kanan. Smartphone ini juga sudah mendukung eSIM.

Di bagian belakangnya, terdapat 1 bulatan besar yang merupakan kamera utamanya dan di sebelah kirinya terdapat bulatan kecil yang merupakan kamera depth. Case bagian belakangnya terbuat dari plastik polikarbonat dan memiliki finishing matte. Hal ini tentu saja membuatnya sedikit licin. Frame-nya sendiri terbuat dari aluminium.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 14 dengan antarmuka Aquos UX versi 14. Smartphone ini memang cukup bersih dari bloatware dan memiliki antarmuka yang tidak beda dengan Android basic. Oleh karena itu, yang paling banyak ditemukan pertama kali adalah aplikasi standar dari Google.

Kamera: Mantap dengan 1 inci

Seri Sharp Aquos R8s Pro sudah menggunakan kamera dengan sensor 1 inci. Sensor yang diusung adalah Sony IMX 989 dengan resolusi yang diturunkan menjadi 47,2 MP (11,8 MP saat menggunakan pixel binning) dan menggunakan lensa wideangle. Jadi, kamera utamanya ini bisa digunakan untuk 3 mode hingga 2x zoom dengan kualitas yang sama.

Dengan menambahkan post processing yang sepertinya absen pada R7s Pro, membuat gambar yang dihasilkan menjadi lebih baik. Sharp menamakan fitur post processingnya dengan nama-nama seperti AI Scene Recognition, AI Portrait, dan AI Auto Focus.

Perangkat ini memang merupakan smartphone Sharp dengan hasil kamera terbaik hingga saat ini. Hal tersebut bisa dibuktikan pada saat saya membawa perangkat ini saat berkunjung ke Taiwan untuk menghadiri Computex 2024. Walaupun begitu, satu hal yang menjadi kekurangannya adalah kameranya kadang cukup lambat dalam mengambil gambar. Tidak jarang, saya mengambil gambar buram karena bergerak setelah menekan tombol shutter.

Namun saat gambarnya sudah jadi, perangkat ini mampu mengambil obyek dengan cukup baik. Gambarnya cukup tajam, memiliki rentang dinamis yang baik, serta bebas dari noise bahkan pada saat malam hari.

Sayangnya, kamera depannya hanya bagus pada saat mendapatkan cahaya yang bagus. Pada saat didalam sebuah gedung dengan pencahayaan lampu, gambar cenderung menjadi tidak tajam. Oleh karena itu, periksa kembali gambarnya pada saat mengambil selfie dengan perangkat ini.

Kinerja Sharp Aquos R8s Pro

Dengan spesifikasi yang ada, tentu saja perangkat yang satu ini akan sangat nyaman untuk digunakan. Yang saya suka dari perangkat ini adalah tidak adanya peringatan panas yang sering saya temukan pada Sharp Aquos R7s sebelumnya. Hal ini membuat R8s Pro akan lebih nyaman digunakan. Sharp mengklaim mereka memiliki Heat Temp Management System yang memang terbukti membuatnya tidak panas.

Dengan manajemen panas tersebut, membuat perangkat ini sering kali lebih kencang dari Sharp Aquos R8s. Pengujian dapat berlangsung tanpa adanya kendala. Bermain Genshin Impact pun bisa dilakukan tanpa adanya masalah dan bisa stabil bermain pada 60 fps di setting tertinggi. Untuk kinerja lainnya, berikut adalah hasil benchmark-nya.

Bisa dilihat bahwa kinerja dari perangkat yang satu ini memang kencang. Hal ini membuatnya nyaman untuk digunakan pada banyak aplikasi seperti editing hingga multimedia. Game juga bisa dimainkan dengan nyaman.

Baterai yang ada pada perangkat ini bisa bertahan dalam waktu 14 jam 55 menit walau memiliki kapasitas 5000 mAh. Pengisian baterainya dengan menggunakan charger bawaan 27 watt. Dari 3% ke 100% memakan waktu lebih dari 2 jam 30 menit!

Kesimpulan

Smartphone flagship terbaru dari Sharp memang memiliki kamera utama yang bagus. Hal tersebut memang berkat sensor Sony IMX 989 dengan dimensi 1 inci. Dengan mengimplementasikan AI untuk hasil gambar yang lebih baik lagi, membuat perangkat ini bisa menggantikan kamera pocket untuk sehari-hari.

Dengan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 dan manajemen panas membuat perangkat ini kencang saat digunakan. Panas juga tidak menjadi masalah pada saat saya menggunakannnya. Dengan baterai 5000 mAh membuatnya bisa bertahan sekitar seharian. Tambahan fitur seperti IP68 juga membuatnya bisa digunakan untuk mengambil gambar pada saat sedang berenang dan bermain air.

Sharp Aquos R8s Pro dijual dengan harga Rp. 15.999.000. Bagi beberapa orang, harga ini memang terlihat sangat mahal mengingat para pesaingnya memiliki fitur yang cukup berlebih. Namun bagi kalian yang menginginkan smartphone dengan kamera 1 inci yang bagus, kinerja tinggi, eSIM, serta bebas bloatware, smartphone ini bisa menjadi pilihan.

Pros

  • Kinerja tinggi dengan Snapdragon 8 Gen 2
  • Layar yang bagus
  • OS bersih, nyaris tidak ada bloatware
  • Stabil dan responsif dengan suhu yang tidak panas
  • Sertifikasi IP68
  • Mendukung eSIM

Cons

  • Pengisian baterai yang memakan waktu lama dengan charger 27 watt
  • Harganya mahal
  • Kamera depan kurang bagus saat cahaya kurang
  • Kamera belakang kadang kurang cepat dalam mengambil gambar
Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *