Xiaomi 13T Akhirnya Hadir di Indonesia, Smartphone Dimensity 8200 Ultra dengan Leica

3
harga xiaomi 13T

Setelah lama berjanji bakal mendatangkan perangkat dengan teknologi Leica, akhirnya Xiaomi menepati janjinya. Pada tanggal 3 Oktober 2023 bertempat di Ciputra Artpreneur, Xiaomi akhirnya meluncurkan smartphone Xiaomi 13T di Indonesia. Pada akhirnya seluruh lini Xiaomi 13 menggunakan teknologi Leica pada kameranya.

Smartphone ini juga sekaligus merupakan yang pertama di Indonesia dengan SoC Mediatek Dimensity 8200 Ultra. Kata Ultra di belakangnya menandakan bahwa SoC ini memiliki kemampuan lebih pada sisi pengambilan gambar dibandingkan dengan yang biasa. Konfigurasi yang diluncurkan adalah dengan RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Pada sisi kamera utamanya, Xiaomi 13T menggunakan sensor Sony IMX 707 dengan lensa Leica Summicron. Smartphone ini juga dilengkapi dengan enam filter Leica, termasuk Leica Sepia dan Leica Blue terbaru yang diadaptasi dari kamera profesional Leica M-Type240.

Dengan perangkat ini, Xiaomi ingin mengajak para konsumennya di Indonesia untuk tidak hanya mendapatkan perangkat kamera yang sekali ambil langsung jadi. Namun juga, Xiaomi mengajak untuk merasakan pengalaman Leica Authentic dan Vibrant yang berbeda dari smartphone lainnya.

Perangkat ini memiliki baterai 5000 mAh dengan pengisian 67 watt. Selain itu, Xiaomi 13T juga memiliki kemampuan eSIM hingga 8 nomer. Dan saat diajak berenang, perangkat ini sudah bisa menyelam berkat sertifikasi IP68.

Tidak Hanya Smartphone

Selain Xiaomi 13T, peluncuran kali ini juga menampilkan Xiaomi Watch 2 Pro serta Xiaomi Band 8. Xiaomi Watch 2 Pro merupakan jam tangan pintar pertama mereka yang menggunakan Wear OS, membuatnya bisa mengakses semua fitur Android Watch seperti map dengan GNSS serta Google Play.

Xiaomi Band 8 kali ini memiliki layar AMOLED 60 Hz dengan fitur auto brightness. Smart Band ini juga menawarkan lebih dari 150 mode olahraga, fitur pelacak kesehatan, dan baterai yang tahan lama. Xiaomi Band 8 juga memiliki berbagai aksesoris yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Xiaomi 13T di Indonesia dijual dengan harga Rp6.499.000 saja, berbeda Rp200.000 dengan negara tetangga. Untuk Xiaomi Watch 2 Pro ada pada harga Rp3.199.000 dan Xiaomi Band 8 pada harga Rp549.000. Aksesoris Band 8 dijual mulai dari harga Rp99.000.

Kemana Xiaomi 13T Pro?

Seperti yang telah diketahui, Xiaomi tidak memasukkan seri 13T Pro. Oleh karena biasanya aturan TKDN baru yang membuat banyak perangkat flagship batal masuk ke Indonesia, tentu saja hal ini saya pertanyakan kepada Calvin Nobel sebagai Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia. Namun sepertinya, bukan itu saja yang mungkin menjadi alasan.

Calvin mengatakan bahwa sebenarnya dari sisi selain SoC dan perekaman 8K, semua spesifikasi dan fungsi sama antara 13T dengan 13T Pro. Oleh karena itu, penggunaan SoC Dimensity 8200 Ultra sudah dianggap mumpuni untuk semua orang. Apalagi jika menggunakan Dimensity 9200, bisa jadi harganya menembus angka belasan juta rupiah.

Menguji Xiaomi 13T

Rasanya tidak pas jika tidak mengetahui seperti apa performa dari perangkat terbaru Xiaomi ini. Saya pun melakukan 2 pengujian cepat dengan menggunakan Antutu 10 dan GeekBench 6. Berikut adalah hasil pengujiannya

 

Menguji Kamera

Walaupun tidak bisa mengambil gambar keindahan lingkungan di luar (negeri) namun saya masih bisa mencoba kamera yang ada para Xiaomi 13T. Dengan sensor Sony IMX 707 seharusnya perangkat ini bisa mengambil gambar dengan tajam. Saya juga mencoba beberapa filter dari Leica. Berikut adalah hasilnya

Xiaomi juga berjanji bakal meminjamkan perangkat ini untuk diuji lebih lanjut. Oleh karena itu, tunggu saja reviewnya di Hyperbit.id.

3 thoughts on “Xiaomi 13T Akhirnya Hadir di Indonesia, Smartphone Dimensity 8200 Ultra dengan Leica

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *