Review SanDisk Desk Drive 8 TB: Pengganti Hard Disk Eksternal 3,5″ yang Kencang

Dimas Galih Windudjati

Hingga saat ini, masih banyak orang yang menggunakan hard disk eksternal dengan ukuran 3,5 inci. Selain ingin mengejar kapasitasnya, perangkat seperti ini masih dibutuhkan untuk membuat backup serta memperbesar ruang simpan sebuah komputer desktop. Walaupun begitu, hard disk masih memiliki banyak sekali kekurangannya. Itulah sebabnya SanDisk Desk Drive diciptakan oleh perusahaan yang sudah menjadi satu dengan Western Digital.

Hyperbit kedatangan SSD eksternal yang satu ini dengan ukuran terbesar, yaitu 8 TB. Oleh karena diciptakan untuk menggantikan sebuah hard disk eksternal 3,5 inci, perangkat ini menggunakan sebuah adaptor untuk mensuplai dayanya. Jadi, perangkat ini memang tidak diciptakan untuk bisa dibawa kemana-mana tanpa sebuah stop kontak.

SanDisk Desk Drive

Penyimpanan eksternal ini jelas jauh lebih kencang dibandingkan sebuah hard disk. SanDisk Desk Drive memiliki janji untuk bisa mentransfer data dengan kecepatan 1.000 MB/s. Hal tersebut akan terlaksana dengan menggunakan interface USB-C. Hal ini akan membuat penyimpanan foto, video, musik, serta file-file pekerjaan lainnya bisa ditempatkan ke dalam satu perangkat dan bisa dengan cepat pula diakses kembali.

Spesifikasi SanDisk Desk Drive 8 TB

SanDisk Desk Drive yang saya dapatkan memiliki spesifikasi sebagai berikut

Spesifikasi SanDisk Desk Drive
Interface USB 3.2 Gen 2
Kapasitas 8 TB
Dimensi 72.7 x 44 x 12.24 mm
Bobot 258 gram
Port USB-C, Power
Kompatibilitas Windows, MacOS, Linux
Janji Kecepatan 1.000 MB/s Sequential
Garansi 3 tahun

Unboxing

Di dalam paket penjualan dari SanDisk Desk Drive, bisa didapatkan aksesoris sebagai berikut. Bagi yang tidak memiliki port USB-C pada laptop atau desktopnya, SanDisk sudah menyediakan converter dari USB-C ke USB-A.

unboxing SanDisk Desk Drive

Desain SanDisk Desk Drive

Saat pertama kali melihat perangkat ini, mungkin Anda akan mengira bahwa SanDisk Desk Drive adalah sebuah speaker bluetooth atau setup box mini. Namun jika mendekat, akan terlihat bahwa bagian atas cekung dan terdapat garis oranye di sekeliling bagian tengah plastik hitam. Dengan merek SanDisk pada bagian atasnya, orang akan langsung mengerti bahwa ini adalah sebuah media penyimpanan.

Perangkat ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari sebuah hard disk eksternal, namun lebih ‘gemuk’. Dengan ukuran 72.7 x 44 x 12.24 mm, membuatnya mudah diletakkan di mana saja. Tentunya, bobot dari perangkat ini cukup ringan dan dapat bersaing dengan hard disk eksternal 2,5 inci.

Di bagian bawah dari perangkat ini terdapat sebuah karet yang berfungsi untuk membuat Solid State Drive eksternal yang satu ini tidak licin. Di sisi bagian atas dari tulisan SanDisk, terdapat port USB-C serta power untuk memberikan daya melalui sebuah charger.

SSD eksternal yang satu ini juga datang dengan bonus yang sepertinya selalu ada pada produk SanDisk dan Western Digital. Apa lagi kalau bukan software Acronis True Image for Western Digital. Hal tersebut bakal membuat backup menjadi lebih mudah dan tidak memerlukan biaya tambahan untuk membeli software.

Kinerja SanDisk Desk Drive

Untuk menguji kinerja dari SanDisk Desk Drive, saya menggunakan 2 software benchmark yang sudah sering digunakan. Keduanya adalah Crystal Disk Mark 8 serta Atto Disk Bench. Berikut adalah hasil pengujiannya

kinerja SanDisk Desk Drive
CDM 8 Default

Dapat dilihat bahwa perangkat ini mampu membaca dan menulis dengan kecepatan lebih dari 1 GB/s. Bahkan perangkat ini memiliki kinerja random read dan write yang kencang.

Pada benchmark Atto Disk Bench pun juga mengkonfirmasi hal tersebut. SSD ini mampu menulis dan membaca data pada kecepatan di atas 1 GB/s. Hal ini membuatnya cocok untuk dijadikan tambahan storage untuk komputer yang tidak lagi memiliki slot NVMe tambahan seperti pada laptop.

Verdict

Memiliki media penyimpanan eksternal dengan kapasitas besar memang semakin dibutuhkan hingga saat ini. Saat sebuah hard disk eksternal yang rentan kerusakan menjadi tidak terlalu menarik dan SSD yang saat ini memiliki kapasitas kecil, tentunya akan membuat orang bingung. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, SanDisk pun menciptakan Desk Drive, sebuah perangkat penyimpanan SSD eksternal dengan kapasitas besar.

Kinerja yang diberikan oleh perangkat yang satu ini memang kencang, dengan kecepatan 1 GB/s. Hal ini menjamin penyimpanan file-file yang ada bisa dilakukan dengan cepat dan bisa diakses dengan kecepatan tinggi pula. Dengan menggunakan SSD, tentu saja perangkat ini tidak rentan kerusakan jika terbentur atau tergoyang saat mengakses dan menulis data.

Harga dari SanDisk Desk Drive 8 TB adalah Rp 11.730.000. Harga ini memang tergolong premium untuk sebuah perangkat penyimpanan eksternal. Namun, bagi Anda yang tidak lagi memiliki pilihan upgrade penyimpanan internal dan butuh perangkat eksternal berkapasitas besar dengan kecepatan tinggi, SanDisk Desk Drive bisa dijadikan sebuah pilihan yang tepat.

Pros:

  • Kapasitas besar 8 TB untuk perangkat eksternal
  • Bonus software gratis Acronis True Image
  • Kinerja tinggi hingga 1 GB/s
  • Dimensi yang mungil, mudah diletakkan di mana saja

Cons:

  • Masih butuh adaptor daya untuk menggunakan
  • Harganya mahal

 

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *