Inilah Keunggulan Apple MacBook Pro yang Baru dengan Chip M3

0
keunggulan-apple-macbook-pro-m3-1

Dalam acara Apple Keynote Oktober 2023, mereka telah memperkenalkan chip personal computer pertama yang dibuat menggunakan teknologi proses 3 nanometer yakni Apple M3, M3 Pro, dan M3 Max. Serta beberapa produk yang menggunakannya, ada iMac 24 inci dan MacBook Pro versi 14 inci dan 16 inci yang akan dibahas lebih lanjut di sini.

apple-macbook-pro-m3

Mari mulai dari MacBook Pro 14 inci baru dengan chip M3 yang tidak hanya bagus untuk tugas sehari-hari, namun juga menghadirkan performa berkelanjutan untuk menangani aplikasi kreatif. Harganya mulai dari US$1.599 (Rp25,4 jutaan), ditujukan bagi pengguna yang mengejar minatnya, mulai dari pelajar, pemilik bisnis, hingga calon musisi dan editor video.

Kemampuan chip M3 di MacBook Pro 14 inci sebagai berikut:

  • Performa rendering di Final Cut Pro hingga 60 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan M1.
  • Kompilasi kode di Xcode hingga 40 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan M1.
  • Performa spreadsheet di Microsoft Excel hingga 40 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 13 inci dengan M1.

Kemudian ada MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan chip M3 Pro. Laptop ini menawarkan performa lebih baik untuk menangani alur kerja yang lebih menuntut bagi pengguna seperti para kreatif, pembuat kode, dan peneliti.

MacBook Pro dengan chip M3 Pro menawarkan:

  • Performa filter dan fungsi di Adobe Photoshop hingga hingga 40 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Pro.
  • Panggilan dasar untuk pengurutan DNA di Oxford Nanopore MinKNOW hingga 36 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Pro.
  • Pengeditan berbasis teks di Adobe Premiere Pro hingga 30 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Pro.

Sementara MacBook Pro 14 inci dan 16 inci dengan chip M3 Max yang memiliki GPU dan CPU sangat kuat, itu 2,5x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Max. Untuk menangani alur kerja ekstrem dan multitasking di seluruh aplikasi pro bagi pengguna seperti pemrogram pembelajaran mesin, seniman 3D, dan editor video.

MacBook Pro dengan chip M3 Max juga mendukung memori terpadu hingga 128GB, peningkatannya sebagai berikut:

  • Simulasi sistem dinamis di MathWorks MATLAB hingga 2x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Max.
  • Performa rendering di Maxon Redshift hingga 2,5x lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Max.
  • Pengurangan kebisingan di Blackmagic DaVinci Resolve Studio hingga 65 persen lebih cepat dibandingkan MacBook Pro 16 inci dengan M1 Max.

Semua model MacBook Pro yang baru dilengkapi layar Liquid Retina XDR, dengan konten SDR 20 persen lebih terang, kamera internal 1080p, sistem suara enam speaker yang imersif, dan beragam pilihan konektivitas. Berkat chip M3, MacBook Pro baru memiliki masa pakai baterai hingga 22 jam.

Selain warna silver, model MacBook Pro dengan chip M3 Pro dan M3 Max tersedia dalam warna space black dengan lapisan aluminium gelap yang menawan. Sedangkan MacBook Pro dengan M3 hadir dalam warna silver dan space gray.

Harga laptop pro Apple MacBook Pro 14 inci dengan chip M3 dijual mulai dari US$1.599. Kemudian MacBook Pro 14 inci dengan chip M3 Pro dibanderol seharga US$1.999 dan US$2.499 untuk versi 16 inci.

Sumber: Apple Newsroom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *