Review Samsung Galaxy M34 5G, Unggulkan Baterai 6.000 mAh dan Kamera 50MP OIS

0
review-samsung-galaxy-m34-5g

Baru-baru ini Samsung telah meluncurkan smartphone dengan baterai besar Galaxy M Series terbarunya di Indonesia, Galaxy M34 5G. Smartphone kelas menengah tersebut dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh yang mampu menghadirkan masa pakai baterai yang panjang.

Selain baterai masih 6.000 mAh, perangkat ini menonjolkan kamera utama 50MP dengan OIS dan membawa layar Super AMOLED 6,5 inci FHD+ yang didukung refresh rate 120Hz. Dijual dengan harga Rp4.099.000, simak beberapa pertimbangan sebelum memilihnya sebagai smartphone sehari-hari pada review Samsung Galaxy M34 5G di bawah ini.

Kamera 50MP dengan OIS

Kamera 50MP dengan OIS

Bagi kreator konten, baterai besar 6.000 mAh pada Galaxy M34 5G memungkinkan pengguna memproduksi lebih banyak foto dan video. Dari segi kamera, perangkat ini dibekali konfigurasi tiga kamera belakang, yaitu kamera utama 50MP dengan lensa wide, 8MP ultrawide, dan 2MP macro.

Untuk kamera utama, sensor gambar yang digunakan berukuran 1/2.75 inci, tidak terlalu kecil tetapi juga tidak besar seperti yang ada pada kelas menengah atas. Seperti biasa, setelah pixel binning 4-in-1 foto yang dihasilkan beresolusi 12.5MP dengan piksel individu lebih besar yang lebih menguntungkan dalam mengabadikan momen sehari-hari dibanding resolusi penuhnya.

Performa kamera di kondisi ruangan lebih baik berkat keberadaan OIS. Fitur ini sangat membantu saat memotret menggunakan mode malam dengan shutter speed rendah sehingga mendapatkan foto malam yang lebih tajam.

Dalam mode perekam video, OIS lewat fitur Super Steady dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan video dengan gerakan lebih stabil. Tentunya ada sedikit crop dan idealnya dipakai di kondisi pencahayaan cerah. Perekam videonya mendukung hingga resolusi 4K 30fps dan 1080p 60fps.

Berikut hasil foto dari kamera Samsung Galaxy M34 5G:

Baterai 6.000 mAh untuk Masa Pakai Panjang

Baterai 6.000 mAh untuk Masa Pakai Panjang

Berdasarkan pengujian internal Samsung, Galaxy M34 5G dengan baterai 6.000 mAh bisa bertahan untuk nonton video hingga 23 jam dan dua hari untuk penggunaan normal. Tentunya hasilnya bakal bervariasi, tergantung skenario penggunaan.

Harapan saya tidak muluk-muluk, cukup bisa menemani jam kerja dengan konsisten pada penggunaan intensif setiap harinya. Atau cukup mengIsi ulang baterai 1-2 kali sehari dan tidak khawatir kehabisan daya saat work from anywhere (WFA).

Dalam paket penjualan, Samsung tidak memberikan adapter charger dan perlu dibeli terpisah seharga Rp300.000 untuk menikmati fitur pengisian daya cepat 25W. Jangan lupa sekalian membeli case dan tempered glass untuk kenyamanan dan keamanan tambahan dalam pemakaian sehari-hari.

Lebih lanjut, Galaxy M34 5G menjalankan sistem operasi One UI 5.1 yang berbasis Android 13 dan ditenagai chipset Exynos 1280. Hanya ada satu konfigurasi memori, Galaxy M34 5G memiliki RAM 8GB ditambah RAM Plus hingga 8GB secara virtual, serta penyimpanan internal 128GB.

Keunggulan memilih brand Samsung ialah siklus pakainya yang panjang. Pengguna Galaxy M34 5G dijanjikan akan mendapatkan pembaruan OS empat generasi dan lima tahun pembaruan keamanan,

Terkait gaming, pengaturan dan pengoptimalan bermain game lebih jauh bisa ditemukan pada Game Launcher dan pilih Game Booster. Saya menjajal game Mobile Legends: Bang Bang, Galaxy M34 5G dengan Exynos 1280 dapat menjalankan gameplay game MOBA tersebut pada high frame rate super dan kualitas grafis ultra dengan lancar.

Desain dan Layar Galaxy M34 5G

Samsung Galaxy M34 5G mengadopsi bahasa desain seperti smartphone flagship Galaxy S23. Tampil begitu khas dengan bingkai dan sudut-sudut yang agak membulat yang nyaman dalam genggaman tangan, ditambah desain modul kamera belakang minimalis yang berjajar vertikal di pojok kiri atas.

Bagian muka, perangkat ini mengadopsi desain layar Infinity-U dan dagu yang terlihat sedikit tebal. Layarnya membentang luas 6,5 inci, panel Super AMOLED dengan resolusi FHD+ dalam rasio aspek 19.5:9. Didukung refresh rate 120Hz dan memiliki tingkat kecerahan puncak hingga 1.000 nits.

Saat dipegang, build quality-nya terasa solid, meski bingkai dan bagian belakang terbuat dari material plastik polikarbonat dengan sentuhan akhir glossy dan bagian muka diproteksi Gorilla Glass 5. Bodinya tidak memiliki ketahanan terhadap air, dengan ketebalan 8,8 mm dan bobot 208 gram.

Verdict Review Samsung Galaxy M34 5G

Verdict Review Samsung Galaxy M34 5G

Baterai sebesar 6.000 mAh membuat Samsung Galaxy M34 5G dapat digunakan lebih lama. Setidaknya pengguna tidak perlu khawatir akan kehabisan daya smartphone di tengah hari yang sibuk.

Kalau soal fitur dan spesifikasi yang dibawanya memang benar-benar kelas menengah, sesuai dengan harganya di angka Rp4.099.000. Fitur unggulannya termasuk kamera utama 50MP dengan OIS yang dapat diandalkan untuk bikin konten seharian dan layar Super AMOLED 6,5 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz.

Dapur pacunya mengandalkan chipset Exynos 1280 yang menghadirkan konektivitas 5G dan pengalaman penggunaan menengah khas Samsung. Cocok untuk yang mengoptimalkan pemakaian smartphone bertahun-tahun, berkat siklus pakainya yang panjang dengan pembaruan OS empat generasi dan lima tahun pembaruan keamanan.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ialah desain yang masih dibedakan dengan layar Infinity-U dan dagu terlihat sedikit tebal. Selain itu, pengguna perlu membeli case, anti gores, dan adapter charger secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *