Satelit Komunikasi Generasi Berikutnya Telah Diuji Coba di Beijing

0

Sebuah terobosan baru dalam teknologi satelit komunikasi sedang dikembangkan di Laboratorium Fangzhou, milik perusahaan teknologi Silver Galaxy yang berlokasi di Haidian, Beijing. Satelit generasi baru ini memiliki desain inovatif yang menggabungkan antena komunikasi dan panel surya pada satu permukaan datar seluas beberapa meter persegi. Teknologi ini dijuluki “Wing Array Integrated” (WAI), memungkinkan satelit menjadi lebih ringkas, hemat biaya, dan mudah dikerahkan.

Menurut Kepala Ilmuwan Silver Galaxy, Zhang Sejie, tim peneliti telah berhasil menyelesaikan tahap kritis dalam pengembangan WAI, yaitu teknologi pemekaran dua dimensi. Saat ini, tim fokus pada pengembangan teknologi pendinginan dan distribusi daya terintegrasi untuk WAI.

Satelit generasi baru ini diprediksi akan memainkan peran penting dalam pembangunan jaringan informasi berkecepatan tinggi di luar angkasa, yang diibaratkan sebagai “jalan raya informasi antariksa”. Dengan desainnya yang ringkas dan efisien, satelit WAI dapat dikerahkan dalam jumlah besar untuk menyediakan konektivitas internet yang stabil dan berkecepatan tinggi ke seluruh dunia.

Salah satu aplikasi potensial dari satelit WAI adalah teknologi “ponsel langsung ke satelit”. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet melalui satelit tanpa memerlukan infrastruktur terestrial. Hal ini akan membuka akses internet bagi masyarakat di daerah terpencil yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi tradisional.

“Teknologi WAI memiliki potensi untuk merevolusi industri satelit dan membuka peluang baru untuk komunikasi global,” kata Zhang Sejie. “Di masa depan, satelit WAI dapat menjadi bagian penting dari jaringan komunikasi 6G dan memungkinkan berbagai aplikasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat.”

Pada bulan Juli 2023, Silver Galaxy telah meluncurkan empat satelit, termasuk tiga satelit “Four Elephants” dan satu satelit “Lingxi 03”, yang menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengembangan teknologi satelit generasi baru.

Fitur Utama Satelit Generasi Baru tersebut meliputi hal berikut ini:

  • Desain terintegrasi: Menggabungkan antena dan panel surya pada satu permukaan
  • Ukuran ringkas: Mengurangi volume dan biaya satelit
  • Kemudahan pengerahan: Memungkinkan pembangunan jaringan satelit yang lebih cepat
  • Aplikasi luas: Mendukung komunikasi global, internet of things (IoT), dan 6G

Dengan begitu, satelit ini nantinya akan mampu meningkatkan akses internet ke seluruh dunia, mMempercepat pembangunan jaringan informasi antariksa, serta mMembuka peluang baru untuk aplikasi komunikasi dan teknologi

sumber: ITHome

Gambar: Bing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *