Ad imageAd image

Kecerdasan Buatan Generatif IBM Watsonx Mendorong Transformasi Sektor Keuangan Indonesia

Dimas Galih Windudjati

Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Generatif membawa angin segar bagi industri keuangan Indonesia. Studi terbaru dari Advisia Group dan KORIKA menunjukkan potensi besar AI untuk meningkatkan pengambilan keputusan, efisiensi, keamanan, dan pengalaman pelanggan.

Salah satu temuan menarik adalah fokus institusi keuangan dalam menerapkan AI di berbagai fungsi. Mulai dari personalisasi layanan nasabah (100%), deteksi fraud (23%), hingga pemrosesan pinjaman (10%). Hal ini diwujudkan melalui chatbot, dashboard, dan aplikasi elektronik yang ramah pengguna.

Prof. Hammam Riza, Presiden KORIKA, optimis bahwa AI Generatif dapat membuka peluang ekonomi senilai USD 243,5 miliar, setara dengan seperlima PDB Indonesia 2022. “Indonesia berpeluang memajukan bisnis dan pekerjanya untuk memanfaatkan potensi AI Generatif,” ungkapnya.

Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia, menekankan pentingnya keseimbangan antara keahlian manusia dan kemampuan AI. “AI Generatif membawa dampak positif, namun fokus pada keahlian SDM tetaplah krusial,” jelasnya. “Pendekatan interdisipliner dengan model ‘human-in-the-loop’ akan memaksimalkan potensi AI melalui kemitraan manusia-AI.”

Watsonx dari IBM

IBM, sebagai penyedia platform AI terdepan di industri keuangan, berkomitmen memberdayakan institusi keuangan Indonesia. Salah satu solusinya adalah IBM Watsonx, platform AI yang menawarkan toolkit untuk meningkatkan dampak AI dan memanfaatkan data terpercaya.

Membuka Potensi AI Generatif Watsonx untuk Institusi Keuangan

Watsonx mengadopsi pendekatan “human-in-the-loop” untuk mengintegrasikan AI dengan mulus dan memaksimalkan fungsinya, seperti:

  • Revitalisasi Layanan Pelanggan: Watsonx Assistant memungkinkan agen memberikan layanan yang lebih cepat, personal, dan cerdas melalui natural language processing. Hal ini
  • meningkatkan kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional.
  • Mempercepat Perencanaan Keuangan: AI mengotomatiskan proses manual dan analisis data, membebaskan karyawan untuk fokus pada rekomendasi investasi yang personal. Contohnya,
  • Watsonx Discovery membantu auditor menganalisis definisi kontrol dan memberi skor berdasarkan kriteria perusahaan.
  • Deteksi Fraud Proaktif: Watsonx memanfaatkan data science untuk menganalisis pola dan mengidentifikasi aktivitas tidak biasa, membantu mencegah serangan siber dan melindungi institusi serta nasabah.

Watsonx memungkinkan perusahaan membangun, meningkatkan skala, dan mengatur solusi AI mereka yang telah disesuaikan. Institusi keuangan dapat dengan mudah membangun aplikasi AI yang disesuaikan untuk tujuan bisnis mereka, serta mengelola semua sumber data dan mempercepat alur kerja AI yang bertanggung jawab.

Dengan mengedepankan kemitraan antara manusia dan AI, institusi keuangan Indonesia dapat membuka potensi terbaik AI, meningkatkan pengalaman pelanggan, keamanan, dan mendorong pertumbuhan bisnis di era yang dinamis ini.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *