Review Tecno Phantom V Flip: Smartphone Lipat Paling Terjangkau

0

Siapa yang tidak menyukai desain dari smartphone lipat? Entah itu bernama Flip atau Fold, desain ini memang terlihat sangat unik dan menarik. Namun sayangnya, satu hal yang menghalangi untuk bisa dimiliki oleh semua orang adalah harganya yang sangat tinggi. Akan tetapi semua itu berubah ketika Tecno Phantom V Flip muncul.

Smartphone Tecno Phantom V Flip memang tidak menyematkan semua teknologi paling baru yang ada dipasaran. Walaupun begitu, Tecno tidak membiarkan perangkat ini berjalan lambat sehingga memiliki kinerja yang cukup baik. Desain yang dimilikinya pun bakal membuat semua orang melirik untuk mencobanya.

Setidaknya hal tersebut terjadi pada saat saya naik MRT Jakarta. Semua mata tertuju pada Tecno Phantom V Flip yang saya gunakan. Beberapa kali juga orang melihat perangkat ini pada saat saya sedang berada di restoran.

Untuk spesifikasi dari Tecno Phantom V Flip yang saya dapatkan, bisa dilihat pada tabel berikut

Spesifikasi Tecno Phantom V Flip
SoC Mediatek Dimensity 8050
CPU 1×3.0 GHz Cortex-A78 + 3×2.6 GHz Cortex-A78 + 4×2.0 GHz Cortex-A55
GPU Mali-G77 MC9
RAM 8 GB LPDDR4x
Internal 128 GB UFS 3.1
Layar 6,9 inci 2640 × 1080 Foldable LTPO AMOLED, 120Hz Schott Ultra Thin Glass1.32 inci 466 x 466 AMOLED Gorilla Glass Victus
Dimensi 171.7 x 74.1 x 7 mm / 88.8 x 74.1 x 15 mm
Bobot 194 gram
Baterai 4000 mAh 45 watt charger
Kamera 64/16 MP utama,  13 MP ultrawide, 32 MP Selfie
OS HiOS 13.5 Android 13

Dengan menggunakan model flip, Tecno memberikan sebuah layar di depan. Tentunya, layar depan ini bisa difungsikan untuk menjalankan beberapa fungsi khusus.

Desain Tecno Phantom V Flip

Tidak seperti kebanyakan smartphone yang beredar saat ini, Tecno Phantom V Flip merupakan sebuah smartphone lipat. Hal tersebut berarti bahwa perangkat ini memiliki tekukan pada bagian tengahnya. Warna yang saya dapatkan memiliki nama Mystic Dawn atau ungu.

Bagian terluar dari Tecno Phantom V Flip terbuat dari faux leather atau kulit sintetis yang membuatnya terlihat lebih elegan. Selain itu, ada pula layar depan yang menggunakan panel AMOLED dengan resolusi 466 x 466 yang sudah terlindungi Gorilla Glass Victus. Layar ini hanya memiliki beberapa widget saja yang membuatnya terlihat seperti smartwatch, namun bisa pula digunakan sebagai viewfinder kamera utama saat ditutup. Terdapat pula 2 buah kamera utama dan wideangle pada bundaran layar tersebut.

Layar dalam dari Tecno Phantom V Flip memiliki resolusi yang cukup tinggi, yaitu 2640×1080 dengan dimensi 6,9 inci saat terbuka. Jenis layar yang digunakan adalah Foldable LTPO AMOLED yang ternyata sudah diperkuat dengan Schott Ultra Thin Glass. Walaupun begitu, setiap pengguna smartphone lipat diharapkan sangat berhati-hati karena memang layar dalamnya sangat rentan terhadap kerusakan.

Di bagian kanannya (saat perangkat ini dibuka) terdapat tombol volume serta power yang sekaligus pemindai sidik jari. Pada bagian kirinya, akan ditemukan slot SIM yang bisa diisi sebuah nanoSIM. Untuk bagian atasnya terdapat sebuah microphone. Dan sisi bagian bawahnya terdapat sebuah slot USB-C, speaker, serta microphone.

Sistem operasi yang digunakan pada Tecno Phantom V Flip adalah Android 13 Tiramisu. Antarmuka yang digunakan pada perangkat ini memiliki nama HiOS versi 13.5.0 yang memiliki nama lain HiOS Flip. Antar muka yang dimiliki memang sepertinya cukup mirip dengan standar dari Android. Tecno juga sudah mempersiapkan keamanan pada perangkat ini dengan menghadirkan Za Hooc Security.

Kamera: Mudah Selfie dengan Kamera Utama

Kamera dari Tecno Phantom V Flip bisa dikatakan menghasilkan gambar yang bagus di kelasnya. Hal tersebut berkat penggunaan sensor Samsung ISOCELL GWB dengan resolusi 64 MP. Kamera ultrawide dengan resolusi 13 MP pada perangkat ini menggunakan sensor ISOCELL S5K3L6. Dan kamera selfie yang ada di bagian dalamnya menggunakan ISOCELL S5KGD2 dengan resolusi 32 MP.

Kamera utama yang ada pada perangkat ini memang bisa menangkap gambar dengan cukup baik. Walaupun begitu, gambarnya masih cukup terasa tidak tajam dan kadang algoritma penurun noise-nya menurunkan ketajamannya. Walaupun begitu, gambarnya memiliki kontras yang cukup baik walau dynamic range-nya terlihat tidak terlalu lebar.

Kamera ultrawide yang dimiliki juga memiliki gambar yang cukup bagus. Walaupun begitu, tingkat ketajamannya memang tidak sebaik kamera utamanya dan terlihat terfokus pada bagian tengahnya. Namun, kamera ini masih bisa diandalkan untuk mengambil momen sehari-hari.

Untuk mengambil gambar sendiri, bisa dilakukan dengan 2 cara. Pertama adalah menggunakan kamera pada bagian dalamnya yang memiliki resolusi 32 MP. Kamera ini cukup oke untuk mengambil gambar di siang hari. Namun untuk malam hari, gunakan saja kamera utamanya dan memakai layar depannya sebagai view finder.

Uji Kinerja Tecno Phantom V Flip

Masuk ke dalam perangkat flagship, Tecno Phantom V Flip menggunakan SoC Mediatek Dimensity 8050 yang merupakan penerus dari Dimensity 1300. Prosesor ini memang masih powerful untuk menjalankan semua aplikasi dan game yang ada di ekosistem Android. Untuk game Genshin Impact, perangkat ini cukup stabil pada 52 fps.

Untuk hasil benchmark dari Tecno Phantom V Flip, bisa dilihat pada gambar berikut ini

Dimensity 8050 yang ada pada perangkat ini memang sepertinya sedikit diturunkan kinerjanya. Hal tersebut bisa jadi untuk menjaga suhu yang ada pada Tecno Phantom V Flip. Hal tersebut bisa dilihat pada benchmark Antutu dan GeekBench 6, yang berarti ada pada sisi prosesornya. GPU yang ada justru bisa bekerja dengan kencang.

Pengujian baterai pada perangkat ini menggunakan PCMark 3 Battery Test yang dijalankan dari 100%. Hasilnya, perangkat ini mampu bertahan sekitar 15 jam 29 menit yang berarti bisa digunakan hampir seharian. Untuk pengisian ulang, baterai 4000 mAh nya akan penuh dalam waktu sekitar 56 menit dengan menggunakan charger 45 watt bawaannya.

Kesimpulan

Keinginan untuk memiliki sebuah perangkat lipat memang besar semenjak dulu. Namun, harga menjadi sebuah kendala karena yang ada saat ini bisa melebihi Rp. 10 juta. Tecno pun memberikan solusi mereka dengan meluncurkan smartphone lipat yang bernama Phantom V Flip 5G.

Mediatek Dimensity 8050 memang dikenal memiliki kinerja yang cukup tinggi dan penggunaannya pada perangkat ini membuatnya kencang. Terlebih mereka yang gemar bermain game, perangkat ini memang sudah nyaman untuk bermain dan tidak panas. Baterai yang dimiliki memang tidak terlalu panjang, namun akan cukup saat dipakai seharian.

Bisa dikatakan bahwa Phantom V Flip adalah perangkat Tecno yang meluncur di Indonesia yang punya kamera paling bagus. Hasilnya memang cukup baik dalam hampir semua kondisi. Layarnya yang bagus juga membuat perangkat ini semakin nyaman untuk dilihat.

Tecno Phantom V Flip dijual dengan harga Rp. 8.999.000, namun Anda bisa menemukan beberapa toko yang menjual dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Hal ini membuatnya bisa dinobatkan sebagai perangkat lipat dengan harga paling murah yang ada di Indonesia. Hal tersebut tentu saja membuat semua konsumen di Indonesia bisa bergaya dan dilirik oleh semua orang namun tidak perlu merogoh kocek yang sangat besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *