Google Podcast Akan Ditutup Tahun Depan

0
google podcast ditutup

Google mengumumkan bahwa mereka akan menutup Google Podcast dan menggabungkan layanan podcast Google Podcasts ke dalam YouTube Music.

Penggabungan ini dilakukan untuk menciptakan satu pusat podcast yang terintegrasi untuk pengguna YouTube Music.

Podcasts di YouTube Music sudah tersedia di Amerika Serikat, dan akan tersedia secara global sebelum akhir tahun 2023.

Pengguna Google Podcasts disarankan untuk beralih ke YouTube Music untuk mendengarkan podcast mereka.

Google menjelaskan bahwa keputusan untuk menggabungkan Google Podcasts ke dalam YouTube Music diambil karena YouTube Music adalah platform yang lebih populer untuk mendengarkan podcast.

Sekitar 23% pengguna podcast mingguan di Amerika Serikat mengatakan YouTube adalah layanan yang paling sering mereka gunakan, dibandingkan dengan hanya 4% untuk Google Podcasts.

Penggabungan ini akan memungkinkan Google untuk menginvestasikan lebih banyak sumber daya untuk mengembangkan pengalaman podcast di YouTube Music. Hal ini termasuk mengembangkan fitur-fitur yang akan meningkatkan pengalaman terbaik untuk ekosistem podcast.

Secara keseluruhan, penggabungan Google Podcasts ke dalam YouTube Music adalah langkah yang positif bagi pengguna podcast. Hal ini akan memungkinkan pengguna untuk mengakses podcast mereka di satu tempat, dan akan memungkinkan Google untuk mengembangkan pengalaman podcast yang lebih baik.

Untuk pengguna Google Podcast, nantinya Google akan menyediakan beragam tool suntuk memudahkan berpindah. Misalnya beberapa hal ini:

  • Alat migrasi sederhana dan kemampuan untuk menambahkan umpan RSS podcast ke perpustakaan YouTube Music, termasuk acara yang saat ini tidak di-hosting oleh YouTube.
  • Bagi mereka yang lebih memilih platform mendengarkan yang berbeda, tools ini juga akan menyertakan opsi untuk mengunduh file OPML dari langganan acara mereka, yang dapat mereka unggah ke aplikasi yang mendukung impornya.
  • Untuk podcaster, ini berarti menyediakan tools pembuatan dan analitik yang kuat, serta unggahan RSS, selain membuat podcast Anda tersedia di mana saja pendengar YouTube Music sudah mengonsumsi konten favorit mereka–di latar belakang, di mobil, offline, dan lainnya.

Secara keseluruhan, Google menjelaskan bahwa pengggabungan ini akan memberikan pengalaman podcast yang lebih baik bagi pengguna YouTube Music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *