Samsung Galaxy A15 Andalan Samsung Indonesia di Pasar Rp2-3 Jutaan

0

Samsung Galaxy A15 menjadi andalan baru dari Samsung Indonesia di pasar Rp2-3 jutaan. Dengan spesifikasi yang mumpuni, smartphone ini hadir untuk memberikan banyak kemudahan dalam hidup penggunanya.

Bahkan, terkadang ada ‘fitur-fitur rahasia’ yang jarang digunakan oleh para penggunanya. Padahal fitur-fitur tersembunyi tersebut bisa lebih memaksimalkan pengalaman pengguna menggunakan Galaxy A15 untuk aktivitas harian.

“Mulai dari meningkatkan daya baterai, nge-boost performa, sampai memudahkan kamu mencari informasi, Samsung Galaxy A15 menyimpan banyak potensi yang bisa kamu gali untuk memaksimalkan hari-harimu,” kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ricky juga menjelaskan bahwa Galaxy A15 memiliki prosesor yang kuat, layar luas 6,5 inci Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz, dan baterai yang pasti awetnya. Smartphone ini memang dirancang dengan fitur yang pasti-pasti untuk menjadikan pengalaman digital semakin kekinian setiap harinya.

Berikut adalah beberapa fitur rahasia yang bisa Anda temukan di Galaxy A15.

1. Mengoptimalkan daya baterai

Samsung Galaxy A15 sudah dibekali baterai berkapasitas 5.000mAh yang pasti awetnya. Ia juga sudah mendukung fast-charging 25W, di mana hanya dalam 30 menit saja baterai sudah terisi 50 persen atau hanya 85 menit untuk baterai terisi penuh.

Meskipun begitu, Anda bisa memperpanjang durasi baterai Galaxy A15 ini dengan melakukan beberapa ubahan pada fitur Power Saving. Berikut cara mengaktifkannya.

  • Buka menu Pengaturan, kemudian pilih Baterai.
  • Klik menu Hemat daya, lalu pilih opsi ‘Hemat Daya’ yang hendak diaktifkan.
  • Pengguna dapat memilih beberapa pilihan seperti ‘Batasi kecepatan CPU sampai 70%’, turunkan kecerahan hingga 10%, atau batasi aplikasi dan layar depan.
  • Bila semua pengaturan telah diatur, pengguna dapat mengaktifkan pengaturan tersebut di pilihan ‘Aktif’ yang ada di sisi paling atas.

2. Lebih mudah membaca teks

Galaxy A15 sebenarnya telah dibekali dengan layar 6,5 inci Super AMOLED dengan resolusi FHD+. Meskipun gambar yang dihasilkan cukup tajam, namun Samsung memahami bahwa ada beberapa pengguna yang mungkin masih kesulitan dalam membaca teks yang muncul di layar smartphone-nya.

Maka dari itu, Samsung menyematkan fitur aksesibilitas untuk membantu para pengguna, khususnya yang memiliki masalah penglihatan agar lebih mudah melihat smartphone mereka. Berikut adalah caranya:

  • Pergi ke Pengaturan dan klik Aksesibilitas.
  • Klik Peningkatan penglihatan.
  • Pilih Pembesaran jika Anda ingin memperbesar teks yang ada di smartphone. Lalu geser tombolnya ke kanan.
  • Untuk shortcut-nya, bisa pilih berupa button di pojok kanan bawah layar, atau dengan menekan tombol Side dan Volume up, atau menekan dan tahan tombol Volume up dan down selama 3 detik, atau opsi keempat dengan melakukan triple tap di layar. Bisa pilih salah satu atau semuanya sekaligus.
  • Nanti saat Anda membaca, Anda tinggal menggunakan salah satu shortcut dan layar akan menampilkan frame yang bisa kamu zoom out atau zoom in untuk membaca teks. Untuk menutup frame ini, tinggal ulangi shortcut yang kamu gunakan.

3. Menggunakan dua aplikasi pesan instan yang sama

Salah satu masalah klasik di era smartphone ini adalah memiliki dua akun atau lebih di satu aplikasi yang sama. Seperti contohnya WhatsApp, yang terkadang diisi oleh akun pribadi dan akun lainnya untuk bisnis atau kerjaan. 

Untungnya hal tersebut sudah bukan menjadi masalah bagi Galaxy A15, karena smartphone ini telah memiliki fitur ‘Dual Messenger’ yang memungkinkan pengguna untuk memiliki dua aplikasi messenger yang sama dengan dua akun yang berbeda. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Pergi ke Pengaturan dan klik Fitur lanjutan
  • Pilih Dual messenger.
  • Di layar akan terlihat aplikasi pesan instan yang kamu gunakan.
  • Geser tombolnya ke kanan dan akan muncul pesan konfirmasi untuk menginstal aplikasi kedua. Pilih Install.
  • Di layar Disclaimer pilih Konfirm.
  • Berikutnya muncul layar untuk mengaktifkan kontak terpisah yang berbeda untuk aplikasi kedua. Kalau setuju, geser tombol ke kanan. Kalau tidak, langsung klik Berikutnya. Maka kedua aplikasi akan menggunakan contact list yang sama. Tap OK. Dalam waktu beberapa detik, sistem akan mengaktifkan dual messenger.
  • Pergi ke Google Play dan kamu bisa menginstal aplikasi yang sama.

4. Penggunan dengan satu tangan

Dengan semakin besarnya layar smartphone saat ini, beberapa penggunaan mungkin agak kesulitan untuk menggunakan smartphone-nya dengan satu tangan. Hal tersebut membuat Samsung akhirnya menyediakan ‘Mode Satu Tangan’, yang seperti namanya, akan membuat layar menjadi lebih kecil agar mudah diakses.

Untuk mengaktfikan fitur ini pengguna dapat pergi ke Pengaturan, lalu klik Fitur lanjutan. Nantinya pengguna akan menemukan pilihan ‘Mode satu tangan’ yang dapat diaktifkan dengan satu dari dua cara. Yaitu gerakan atau tombol.

Fitur menarik di Galaxy A15

Itulah tadi beberapa fitur tersembunyi yang tersedia di Galaxy A15. Para pengguna dapat memanfaatkan satu atau mungkin semua fitur tersebut untuk memaksimalkan pengalaman penggunaannya. Samsung Galaxy A15 kini juga sudah tersedia dengan harga Rp2.899.000 (128GB) dan Rp 3.299.000 (256GB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *