Dompet Dhuafa Luncurkan DD Apps, Salurkan Zakat di Mana Saja

0

Dompet Dhuafa yang merupakan salah satu lembaga filantropi ternama di Indonesia, meluncurkan aplikasi terbarunya bernama DD Apps. Aplikasi ini hadir untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi, beribadah, dan memantau kinerja Dompet Dhuafa. Acara peluncurannya diadakan pada Liberta Hub Blok M Jakarta pada tanggal 20 Februari 2024.

Etika Setiawanti, Sekretaris Pengurus Dompet Dhuafa menjelaskan bahwa DD Apps merupakan terobosan baru Dompet Dhuafa di era digitalisasi. Aplikasi ini tidak hanya menjadi platform penghimpunan dana, tetapi juga sebagai platform pemenuh kebutuhan ibadah masyarakat.

DD Apps memiliki dua fitur utama, yaitu Donasi dan Ibadah. Pada fitur Donasi, masyarakat dapat menyalurkan dana kebaikan dalam berbagai bentuk, seperti infak, sedekah, zakat, wakaf, hingga kurban. Sedangkan pada fitur Ibadah, terdapat berbagai fitur bermanfaat seperti jadwal salat, Al-Qur’an digital, kalkulator zakat, dan tanya ustaz.

“DD Apps juga menyediakan fitur lain seperti laporan publik Dompet Dhuafa, Care Visit bagi donatur yang ingin terjun langsung ke program-program pemberdayaan, dan Gerakan Kebaikan Dompet Dhuafa Volunteer (DDV),” tambah Etika.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang canggih, sehingga pengguna dapat berdonasi dengan aman dan nyaman. Pembayaran donasi dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti transfer bank, virtual account, dan e-wallet.

Etika juga menjelaskan bahwa sebenarnya aplikasi ini tidak lah baru. Aplikasi ini sudah dikembangkan oleh Dompet Dhuafa sejak lama. Hal tersebut juga terbukti bahwa jaringan digital dari Dompet Dhuafa mampu menampung 45 persen zakat dari masyarakat Indonesia.

Aplikasi DD Apps juga saat ini baru di-download oleh masyarakat Indonesia dengan total 5000-an instalasi. Namun, zakat yang terkumpul hanya dari aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 2 milyar rupiah.

“Dompet Dhuafa tidak mampu menjalankan gerakan kebaikan sendirian. Melalui DD Apps, kami ingin membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk berkontribusi dalam gerakan kebaikan,” ujar Etika.

Martin Adiyono, Direktur PT Ozip Teknologi Nusantara, selaku pengembang DD Apps, menjelaskan bahwa aplikasi ini merupakan hasil transformasi digital Dompet Dhuafa. DD Apps memungkinkan donasi langsung dan notifikasi tercepat kepada donatur. Keamanan aplikasi ini juga terjamin dengan beberapa langkah verifikasi saat log in.

Bagi pengguna yang sering lupa berzakat, DD Apps juga bekerja sama dengan e-wallet Dana. Aplikasi ini juga menawarkan pemotongan saldo otomatis dengan menggunakan e-wallet tersebut. Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan, DD Apps menjadi solusi tepat bagi masyarakat yang ingin menyisihkan hartanya untuk kebaikan dengan mudah dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *