Samsung Ungkap Fitur ISOCELL Zoom Anyplace dan E2E AI Remosaic untuk Sensor Gambar 200MP

0
ISOCELL-Anyplace

Samsung pertama kali mengumumkan sensor gambar 200MP pada tahun 2021. Sejak itu, perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini terus mendorong inovasi teknologi pencitraannya, perkembangan tersebut termasuk penerapan Dual-VTG dan Tetra Pixel guna meningkatkan teknologi piksel.

Kini Samsung telah memperkenalkan solusi baru untuk meningkatkan pengalaman pengambilan gambar dengan resolusi ultra tinggi, yaitu fitur video ISOCELL Zoom Anyplace dan E2E AI Remosaic untuk foto. Mari bahas lebih lanjut.

Fitur Video Baru ISOCELL Zoom Anyplace

Fitur ISOCELL Zoom Anyplace ini akan memberi pengguna lebih banyak kebebasan dan kreativitas saat merekam video. Dengan solusi baru untuk sensor gambar 200MP, pengguna dapat memilih subjek yang diinginkan dan kamera akan secara otomatis melacak dan merekamnya.

Kalau sekarang, kita harus fokus pada subjek bergerak saat merekam video. Namun dengan ISOCELL Zoom Anyplace dan Qualcomm AI engine, kamera dapat dengan cepat menemukan subjek bergerak dan melacak serta mengikutinya. Subjek yang bergerak cepat dapat dicegah agar tidak keluar dari frame dan hasil video lebih stabil.

ISOCELL-Anyplace_main2

Sebelumnya jika kita merekam video full-screen dan kemudian memperbesar subjek, bagian yang diperbesar akan memiliki kualitas yang buruk. Dengan ISOCELL Zoom Anyplace, kita dapat menangkap seluruh bidang pandang dan area yang diperbesar secara bersamaan sehingga bagian yang diperbesar dapat mempertahankan resolusi tinggi.

Kemampuan mengambil gambar full-screen dan close-up secara bersamaan ini tentu membuka potensi kreatif dan serbaguna untuk merekam satu scene dalam banyak cara. Bagi kreator konten, ini berarti dapat menghasilkan lebih banyak variasi sudut dengan melakukan zoom.

Berkat in-sensor zoom Tetra Pixel, area terpilih yang akan diperbesar dipilih dari seluruh cakupan dan dibuat ulang, sehingga sensor dapat mempertahankan resolusi asli 12,5MP dan memungkinkan pengambilan video lebih jelas. Kamera wide 200MP dapat memperbesar dengan mulus hingga 2x atau bahkan 4x tanpa penurunan resolusi.

E2E AI Remosaic untuk Foto

ISOCELL-Anyplace_main3

Beralih ke fitur foto End-to-End (E2E) AI Remosaic yang meningkatkan proses dengan memungkinkan remosaic dan ISP berlangsung secara bersamaan. Dengan kata lain, E2E AI Remosaic mengambil proses yang terjadi secara berurutan dan membuatnya terjadi secara paralel.

Hasil akhirnya adalah waktu pemrosesan gambar yang lebih cepat secara keseluruhan, yang mengurangi waktu pengambilan gambar 200MP dan meningkatkan kualitas gambar. Pengguna akan dapat mengambil dan memeriksa foto lebih cepat, dan kualitas gambar akan jarang memburuk karena kehilangan data akibat latensi. Karena itu, foto yang diambil akan memiliki detail dan warna yang lebih kaya.

Sumber: Samsung Newsroom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *