Memperingati Hari Bumi 2024, Blibli Tiket menunjukkan komitmennya dalam membangun budaya ramah lingkungan dengan menginisiasi program Fashion Take Back. Program ini mengajak karyawan untuk mendonasikan pakaian bekas mereka untuk diolah menjadi produk baru, dan secara simbolis menandai langkah penting Blibli Tiket dalam mengimplementasikan ekonomi sirkular.
Lebih dari sekadar kepatuhan terhadap standar ESG, Blibli Tiket menjadikan program ini sebagai wadah bagi karyawan untuk berkontribusi langsung dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui program ini, Blibli Tiket berhasil mengumpulkan 391,96 kg limbah fesyen internal, setara dengan pengurangan 8.779 kg emisi karbon dioksida dan 10.265.265 polusi microfiber.
“Di Blibli Tiket, kami ingin menumbuhkan budaya tanggung jawab sosial dengan melibatkan karyawan dalam mewujudkan operasional bisnis yang berkelanjutan, termasuk memberi tempat untuk berbagi ide dan pencapaian praktik keberlanjutan di tim masing-masing.” ujar Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli. “Program Fashion Take Back ini merupakan salah satu bukti komitmen kami, dan kami bangga melihat antusiasme karyawan dalam berkontribusi nyata untuk bumi. Dari 391,96 kilogram limbah fesyen yang terkumpul, kami berhasil berkontribusi mengurangi 8.779 kilogram emisi karbon dioksida dan mencegah 10.265.265 polusi microfiber.”
Blibli Tiket tidak berhenti di situ. Sepanjang tahun 2023, Blibli Tiket telah menerapkan berbagai inisiatif ekonomi sirkular lainnya, seperti meningkatkan pengelolaan limbah dari 49% menjadi 59% melalui daur ulang, menggunakan kemasan bersertifikasi FSC ramah lingkungan hingga 94,8%, dan mengolah 8,6 ton limbah organik sisa makanan dan bahan pangan (groceries) yang kadaluarsa.
Lebih lanjut, Blibli Tiket juga menjalin kolaborasi dengan pelanggan dan mitra. Pelanggan dapat mengembalikan 40.000 kemasan bekas yang dikonversi menjadi donasi 4.000 bibit Mangrove. Blibli Tiket juga menyelenggarakan acara tahunan Langkah Membumi yang mempertemukan ecopreneur, pelaku industri, dan penggiat sustainability.
“Kami percaya bahwa pengetahuan harus diubah menjadi aksi nyata,” kata Yolanda. “Kami berharap dapat berkolaborasi dengan lebih banyak mitra dalam berbagai inisiatif keberlanjutan, dan membawa dampak positif yang lebih luas pada planet dan masyarakat.”
Upaya Blibli Tiket dalam mengimplementasikan ekonomi sirkular dan membangun budaya ramah lingkungan patut diapresiasi. Inisiatif ini menunjukkan bahwa Blibli Tiket tidak hanya berkomitmen pada profit, tetapi juga pada kelestarian lingkungan dan masa depan yang berkelanjutan.