Yang Berbeda dari Perakitan OPPO Find N3 di Pabrik OPPO Indonesia

0

OPPO tengah bersiap menjual secara resmi OPPO Find N3 di Indonesia. Produk yang diumumkan bersamaan dengan Find N3 Flip ini dirakit di pabrik OPPO yang ada di Tangerang, Indonesia.

OPPO mengajak tim Hyperbit untuk melihat bagaimana proses perakitan Find N3 secara langsung dan menjelaskan apa saja sih yang berbeda atau yang spesial di lini pabrik ini, untuk memastikan produk yang dikirimkan ke konsumen terjaga kualitasnya.

Perakitan OPPO Find N3 menghadirkan beberapa alat serta proses yang dihadirkan khusus di pabrik Indonesia untuk menjaga kualitas perangkat yang masuk dalam kategori flagship yaitu Find N3. Sebagai perangkat ponsel lipat dengan spesifikasi tinggi, perangkat ini harus dijamin dari sisi kualitas perakitan, uji produk sampai keseluruhan proses sampai dengan packing. Agar tidak ada cacat rakit ketika perangkat dijual di pasaran.

Artikel ini merangkum beragam proses pengujian di pabrik OPPO Indonesia untuk memastikan Find N3 hadir dengan kualitas teratas ketika sampai ke konsumen.

Production Line

Pengujian yang dilakukan dalan lini perakitan, jadi proses testing akan jadi satu lini dengan perakitan lain. Setiap produk yang akan dikirimkan ke konsumen akan melalui uji ini.

Pengujian ini berbeda dengan uji sample yang dilakukan dengan metode lain di luar jalur lini perakitan.

Lini produksi sendiri terdiri dari: instalasi, testing dan packing
Ada lebih dari 100 pos perakitan dengan total operator lebih dari 130 manpower.

Penjelasan untuk uji yang dilakukan di lini produksi di bawah ini adalah dari sisi instalasi dan testing.

Instalasi

AOI Machine

Mesin Automated Optical Inspection) tujuannya adalah secara otomatis memeriksa dan mengindentifikasi cacat atau ketikdakkonsistenan di produk yang mungkin terlewat oleh inspeksi manual.

Jika ada produk yang tidak memenuhi standar kualitas maka mesin akan mengeluarkan bunyi alarm sebagai peringatan, kemudian produk tersebut akan diambil oleh operator untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mesin pengeleman unit

Mesin ini bertujuan untuk mengaplikasikan lem secara tepat dan konsisten pada area komponen produk.

Mesin Pemasangan Secondary Screen

Mesin BTB ini mampu menjalankan fungsinya secara presisi sesuai yang dibutuhkan dalam pemasakan secondary screen. Mesin juga mampu memastikan konektor BTB terpasang sempurna sehingga second screen bisa dipasang tanpa cacat.

Mesin pemasangan screenguard

Mesin ini digunakan melakukan pemasangan screenguard secara presisi dan benar. Mesin memastikan pemasangan secara presisi, aktivasi penih adhesive serta mencegah pembentukan gelembung udara. Mesin ini juga melakukan proses degassing untuk memastikan gelembung hilang secara total.

Testing

Mesin hall test

Mesin ini untuk melakukan uji lada Hall Sensor yang ada di perangkat Find N3. Sensor ini bekerja untuk mendeteksi sudut buka tutup dari perangkat.

Saat melakukan uji dengan melihat ponsel pada sudut tertentu, ponsle akan mengirimkan Hall Data dan Hall Status sesuai dengan algoritma perangkat lunak yang berfungsi untuk mendeteksi apakah perangkat dalam kondisi open atau close.

Dari hasil test ini maka mesin mendapatkan data dari ponsel untuk dideteksi apakah ponsel tersebut OK atau NG (NotGood).

Mesin OIS test

Melakukan uji atas fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang ada di ponsel. Mesin ini akan menguji ponsel pada sudut dan pengaturan tetentu untuk memastikan OIS pada perangkat berfungsi maksimal.

Optical Axis Calibration & Verification

Untuk melakukan uji kalibrasi atas 3 kamera yang ada di Find N3 Fold. Mesin terhubung dengan ponsel untuk melakukan serangkaian uji pemotretan objek tertentu. Kalibrasi akan dilakukan sesuai parameter untuk memastikan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Screen Color Calibration

Uji untuk mendeteksi dan melakukan proses kalibrasi agar warna yang dihasilkan pada material layar sama dan sesuai dengan standar.

Pengujian di lab khusus

Quality

Uji laboratorium dapat dibagi menjadi: mechanical test dan environment adaptability test.

Mechanical Test

Drop test untuk mengevaluasi produk dalam menahan jatuh atau benturan yang tidak terduga.

Sampel produk akan ditajuhkan dari ketinggian 1 meter dengan 6 bidang, 8 sudut, serta 12 garis tepi masing-masing menghadap ke bawah. Setiap sampel ditajuhkan 12 hingga 32 kali. Setiap uji jatuh indikator akan selau dicek.

Micro Drop Test untuk mengevaluasi keandalan sambungan listrik pada produk dan kerusakan fisik oleh gangguan struktural.

Sampel akan ditempatkan di alat penguji dan akan dijatuhkan pada ketinggian 10 cm lebih dari 14.000 kali dengan layar, punggung dan sisi masing-masing menghadpa ke bawah.

Tumbling Barrel Test untuk melakukan evaluasi kerusakan fisik dan kerusakan akibat tegangan. Sampel akan ditempatkan di dalam tong jatuh dan putar laras sebanyak 75 putaran. Di dalam tong ada panel baja.

Folding Test untuk mengevaluasi keandalan engsel fleksi dan liptan layar.

Sampel akan dilipat dan dibuka hingga 60.000 kali untuk melihat keandalan ponsel serta tampilan lipat.

Environment Adaptability Test

6595 + Temperator Shock

Sampel ditempatkan pada ruang dengan temperatir 65 derajat celsius dengan kelembaban 95 selama 7 hari atau 168 jam. Lalu sampel akan diuji dengan temperatur shock dengan suhu yang berganti setiap jam mulai dari -40 sampai 75 derajat celcius selama 7 hari (168 jam).

Aging Test

Sampel akan dimasukan dalam mesin dengan suhu 65 derajat kelembapan 95% selama 14 hari (336 jam).

Dust Test

Sampel ditempatkan pada ruang pengujian dan berada di situ selama 8 jam.


OPPO Manufacturing Indonesia ini memiliki luas 10,1 hektar, beroperasi resmi pada 1 Agustus 2022. Pabrik menghadirkan beragam lini smartphone OPPO, dari A series, Reno dan smartphone flagship Find series OPPO.

OPPO Manufacturing Indonesia punya kapasitas produksi hingga 1 juta perangkat per bulan, ada lebih dari 100 pos perakitan dengan lebih dari 130 tenaga kerja yang dikerahkan dalam perakitan OPPO Find N3 Series.

Dengan melihat langsung ke pabrik OPPO Indonesia, Hyperbit.id jadi mendapatkan kesan bahwa kemampuan pabrik lokal untuk merakit dan menjaga kualitas (melakukan testing) perangkat flagship tidak diragukan lagi. Tidak hanya flagship tetapi flagship foldable, pabrik di Indonesia sudah mampu merakitnya dan mengemas dengan kualitas yang terjaga.

Pabrik OPPO Indonesia juga perangkat uji yang mumpuni untuk memastikan kualitas dan ketahanan dari perangkat foldable Find N3 dari OPPO.

“Antusiasme akan OPPO Find N3 sangat tinggi, sehingga kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen premium Indonesia dengan memproduksinya di dalam negeri. Kami tidak sabar memperkenalkan smartphone flagship foldbable, OPPO Find N3 kepada konsumen premium Indonesia dalam waktu dekat,” kata Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen seperti dikutip dari rilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *