MWC 2024 : Ini Terobosan Inovasi dari Qualcomm yang Merevolusi Masa Depan AI dan Konektivitas

0
Terobosan Inovasi dari Qualcomm

Pada perhelatan MWC 2024 di Barcelona, Qualcomm mengumumkan produk dan pencapaian terbaru untuk On-Device AI, komputasi cerdas, dan konektivitas nirkabel. Yang siap untuk mempercepat transformasi digital, dan mendorong gelombang baru pertumbuhan ekonomi, dan membawa konvergensi AI dan konektivitas ke wilayah baru.

Generatif AI diharapkan menghadirkan dampak yang signifikan di seluruh industri yang diperkirakan dapat menyumbang setara dengan $2,6 triliun hingga $4,4 triliun setiap tahunnya. Mari bahas lebih lanjut.

1. Qualcomm AI Hub

Qualcomm AI Hub

Mari mulai dari Qualcomm AI Hub yang memiliki lebih dari 75 kumpulan model AI yang telah dioptimalkan untuk penerapan tanpa hambatan di perangkat yang ditenagai oleh platform Snapdragon dan Qualcomm.

Pengembang dapat dengan mudah mengintegrasikan model-model ini ke dalam aplikasi mereka, mengurangi waktu pengembangan aplikasi untuk dipasarkan, dan membuka manfaat implementasi on-device AI seperti kecepatan, keandalan, privasi, personalisasi, dan penghematan biaya.

Model-model ini tersedia di Qualcomm AI Hub, Hugging Face, dan GitHub. Pengembang akan dapat menjalankan model tersebut sendiri dengan beberapa baris kode pada perangkat yang tersedia di device berbasis cloud yang ditenagai oleh platform Qualcomm.

2. Snapdragon X80 5G Modem-RF System

Snapdragon X80 5G Modem-RF System

Selanjutnya adalah Snapdragon X80 5G Modem-RF System yang merupakan platform modem-to-antenna 5G yang diklaim Qualcomm paling canggih di dunia. Arsitektur Snapdragon X80 mengintegrasikan kemampuan 5G-Advanced dan merupakan modem pertama dengan dukungan komunikasi satelit NB-NTN yang terintegrasi penuh untuk konektivitas ke jaringan non-terestrial.

Akselerator tensor khusus mendukung pengoptimalan AI yang meningkatkan throughput, kualitas layanan, cakupan, latensi, efisiensi spektrum, efisiensi daya, dan manajemen pancaran jaringan mmWave.

3. Qualcomm FastConnect 7900

Qualcomm FastConnect 7900

Kemudian ada Qualcomm FastConnect 7900, sistem konektivitas selular pertama yang menghadirkan kinerja yang dioptimalkan oleh AI dan mengintegrasikan teknologi Wi-Fi 7, Bluetooth, dan Ultra Wideband dalam satu chip.

Memanfaatkan AI, FastConnect 7900 beradaptasi dengan kasus penggunaan dan lingkungan tertentu, memberikan optimalisasi yang berarti di seluruh konsumsi daya, latensi jaringan dan throughput.

FastConnect 7900 mengintegrasikan teknologi Ultra Wideband, Wi-Fi Ranging, dan Bluetooth Channel Sounding untuk menciptakan serangkaian teknologi kedekatan yang kuat yang memungkinkan penemuan, akses, dan kontrol perangkat yang aman.

Masa depan Generatif AI adalah hybrid, dengan kecerdasan on-device yang bekerja sama dengan cloud untuk memberikan personalisasi, privasi, keandalan dan efisiensi yang lebih baik. Konektivitas sangat penting untuk membantu Generatif AI berkembang dan meluas ke seluruh cloud, edge, dan perangkat, dan solusi-solusi AI memungkinkan kami untuk menghadirkan konektivitas generasi berikutnya yang dapat mendukung era AI Generatif ini,” ungkap Cristiano Amon, Presiden and CEO, Qualcomm Incorporated.

Sebagai perusahaan yang mendorong komputasi cerdas di mana saja, kami memungkinkan ekosistem untuk mengembangkan dan mengkomersialkan kasus penggunaan, pengalaman, dan produk unggulan Generatif AI di seluruh kategori perangkat, termasuk smartphone, PC generasi berikutnya, perangkat XR, kendaraan, robotika, dan banyak lagi,” tambahnya.

Produk-produk unggulan ini akan didemonstrasikan bersama dengan pengumuman dan pencapaian lainnya di stan Qualcomm Technologies di MWC Barcelona, meliputi:

Demonstrasi penelitian AI:

  • Large Multimodal Model (LMM) pertama terbesar di dunia pada ponsel Android, LMM lebih dari 7 miliar parameter yang dapat menerima beberapa jenis input data, termasuk teks dan gambar, dan menghasilkan percakapan multi-turn dengan asisten AI untuk gambar, bekerja pada smartphone Android untuk pertama kalinya.
  • Stable Diffusion with Low Rank Adaptation (LoRA). Teknik yang memungkinkan Generatif AI on-device yang ditingkatkan dan disesuaikan di seluruh kasus penggunaan, bekerja pada smartphone Android.
  • Demonstrasi on-device pertama di dunia untuk LMM dengan lebih dari 7 miliar parameter yang berjalan di PC Windows yang dapat menerima input teks dan audio (contohnya musik, suara lalu lintas, dll.) dan kemudian menghasilkan percakapan multi-turn tentang audio.

Selain itu, ada fungsi Generatif AI dalam smartphone baru dan mendatang, PC Windows, mobil, dan wearable. Qualcomm 5G Fixed Wireless Access Ultra Gen 3 Platform, Qualcomm Infrastructure Processors, pencapaian penelitian nirkabel, dan Snapdragon Auto Connectivity Platform with Wi-Fi 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *