Ad imageAd image

Snapdragon 8 Gen 4 Pertama Bakal Digunakan di Xiaomi 15?

Dimas Galih Windudjati

Xiaomi dikenal sebagai salah satu produsen pertama yang sering menggunakan chipset flagship terbaru Qualcomm. Hal ini terlihat pada seri Xiaomi 14 yang diumumkan bersamaan dengan peluncuran Snapdragon 8 Gen 3. Menurut bocoran terbaru, Xiaomi tampaknya akan kembali menjadi produsen pertama yang menggunakan SoC terbaru Qualcomm.

Berdasarkan informasi dari Yogesh Brar, Xiaomi diyakini masih memegang hak sebagai produsen pertama yang memakai Snapdragon 8 Gen 4. Chipset terbaru Qualcomm ini diperkirakan akan diumumkan pada Snapdragon Summit mendatang di musim gugur tahun ini. Chipset tersebut nantinya akan pertama kali terpasang pada seri Xiaomi 15 yang merupakan sang penerus dari Xiaomi 14.

Peluncuran ponsel flagship Android dari Xiaomi ini kemungkinan akan terjadi pada kuartal keempat tahun ini, mengikuti pola peluncuran seri sebelumnya. Peluncuran awal diperkirakan terbatas di Tiongkok, disusul kemudian oleh Xiaomi 15 Ultra (dengan chipset yang sama), penerus dari Xiaomi 14 Ultra, di beberapa wilayah tertentu.

Kendati Xiaomi berpeluang menjadi yang pertama menggunakan Snapdragon 8 Gen 4, Brar juga menyebutkan beberapa ponsel lain yang akan menyusul. OnePlus 13 dari OPPO diprediksi menjadi perangkat berikutnya dan kemungkinan akan diluncurkan pada akhir tahun ini atau awal tahun depan. Peluncuran awal OnePlus 13 diperkirakan juga akan terbatas di Tiongkok, diikuti oleh peluncuran global di kuartal pertama 2025.

Setelah OnePlus, giliran iQOO dengan iQOO 13 yang peluncurannya diperkirakan terjadi pada kuartal keempat 2024 di Tiongkok dan awal tahun depan untuk pasar global. Sementara untuk Snapdragon 8 Gen 4, bocoran mengenai kemampuan prosesor terbaru Qualcomm ini sudah mulai bermunculan.

Chief Marketing Officer (CMO) Qualcomm, Don McGuire, sebelumnya telah mengonfirmasi rencana peluncuran chipset tersebut pada MWC awal tahun ini. Qualcomm juga mengisyaratkan penggunaan CPU Oryon untuk pertama kalinya, yang diharapkan dapat meningkatkan performa secara signifikan dibanding Snapdragon 8 Gen 3.

Beberapa bocoran benchmark pun sudah menunjukkan skor performa dari chipset mendatang ini. Hal tersebut tentunya membuat kita semakin tidak sabar menantikan kehadiran chipset generasi terbaru dari Qualcomm.

Sumber: AndroidCentral

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *