Ad imageAd image

Windows 11 IoT Enterprise LTSC 2024: Tanpa TPM dan SecureBoot

Dimas Galih Windudjati

Microsoft baru saja merilis persyaratan sistem untuk OS Windows 11 IoT Enterprise LTSC 2024. Ini adalah kabar baik bagi produsen perangkat khusus (fixed-purpose devices) yang menggunakan Windows IoT Enterprise.

Perangkat khusus ini berbeda dari komputer pribadi. Perangkat itu biasanya kita jumpai pada mesin ATM, terminal kasir, papan digital, kiosk, dan sistem otomasi industri. Dengan kata lain, Windows 11 IoT Enterprise LTSC 2024 tidak ditujukan untuk komputer desktop atau laptop para pengguna di rumah.

Ada dua pilihan lisensi untuk Windows 11 IoT Enterprise, yaitu General Availability Channel (GAC) dan Long-Term Servicing Channel (LTSC). Pilihan LTSC menawarkan dukungan selama 10 tahun, cocok untuk perangkat khusus yang fungsinya tidak perlu berubah-ubah.

Yang menarik dari Windows 11 IoT Enterprise LTSC 2024 adalah kebutuhan penyimpanan yang lebih rendah, minimal hanya 16GB. Selain itu, persyaratan TPM (Trusted Platform Module) dan Secure Boot menjadi opsional.

Windows 11 IoT Enterprise LTSC 2024
Component Preferred minimum requirements Optional minimum requirements
Processor 1 GHz, 2 cores 1 GHz, 2 cores
System memory 4GB 2 GB
Storage size 64GB 16 GB
Storage type SSD SSD, HDD, Hybrid Hard Drive, Flash
System firmware UEFI BIOS
TPM TPM 2.0 Optional
Secure Boot Enabled Optional
DirectX DirectX 12 DirectX 10 / none
Display 9-inch diagonal, 720p HD Custom size / optional

Tak hanya itu, untuk pertama kalinya, Windows 11 IoT Enterprise LTSC 2024 mendukung prosesor Qualcomm. Sebelumnya, Windows 10 IoT Enterprise LTSC hanya mendukung prosesor AMD, Intel, dan NXP. Dukungan ini sejalan dengan pengumuman Microsoft tentang laptop Surface terbaru yang menggunakan prosesor berbasis Arm Qualcomm Snapdragon X Elite.

Kebutuhan DirectX dan tampilan juga lebih fleksibel. Windows 11 IoT Enterprise LTSC dapat dijalankan di perangkat dengan kartu grafis yang hanya mendukung DirectX 10 atau bahkan tanpa dukungan DirectX sama sekali. Perangkat ini juga dapat memiliki ukuran layar khusus atau bahkan tanpa layar sama sekali. Sebagai perbandingan, Windows 11 reguler mensyaratkan dukungan DirectX 12 dengan minimal resolusi layar HD 720p berukuran diagonal 9 inci.

Persyaratan sistem yang lebih rendah ini dimungkinkan karena sifat khusus perangkat yang menjalankan Windows 11 IoT Enterprise LTSC. Perangkat tersebut biasanya hanya menjalankan maksimal lima aplikasi, bahkan seringkali hanya satu aplikasi saja. Selain itu, Windows 11 IoT Enterprise LTSC tidak memerlukan perangkat lunak dan fitur keamanan selengkap versi Windows biasa. Ini karena perangkat LTSC biasanya berada di balik firewall dengan akses internet terbatas atau bahkan tanpa internet sama sekali.

Sumber: Tomshardware

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *