Ad imageAd image

Bocoran Spesifikasi Monster! AMD Siapkan Chip Mobile Strix Halo dengan Performa Gahar

DiGaL
By DiGaL

Sebuah bocoran komponen motherboard untuk chip mobile terbaru AMD, Strix Halo, terungkap. Informasi ini dibocorkan oleh harukaze5719 pada akun Twitter-nya. TDP (Thermal Design Power) 120W dan kapasitas memori 64GB menjadi sorotan utama. Komponen tersebut diduga kuat digunakan AMD untuk menguji Strix Halo berbasis Zen 5. TDP dan kapasitas memori yang tinggi ini mendukung rumor sebelumnya bahwa Strix Halo adalah chip berperforma tinggi untuk menyaingi chip M3 dan M4 milik Apple.

Strix Halo adalah nama kode untuk chip monster AMD Zen 5 mendatang. Chip ini akan menjadi varian alternatif dari CPU mobile mainstream Strix Point AMD, penerus resmi CPU mobile Ryzen 8000. Prosesor ini nantinya akan menjadi yang pertama dengan spesifikasi CPU kelas atas dan kemampuan grafis terintegrasi setara PlayStation 5.

Gosip menyebutkan setidaknya satu model Strix Halo akan memiliki 16 core CPU Zen 5, chip grafis terintegrasi RDNA 3.5 dengan 40 Compute Unit, dan NPU XDNA berkemampuan 45-50 TOPS. Memori yang diusung juga dikabarkan gahar, dengan bus lebar 256-bit seperti GPU mid-range, menggunakan LPDDR5X 8533MHz, setara dengan bandwidth memori 500GB/s.

TDP 120W yang sangat tinggi (untuk chip mobile) dan memori 64GB menjadi masuk akal melihat spesifikasi buas yang diusung Strix Halo. Chip mobile Intel terdahulu diketahui bisa mencapai konsumsi daya 75-100W pada beban kerja berat, sehingga TDP 120W untuk chip 16 core dan iGPU monster saat ini bisa dibilang wajar.

Sekilas, memori 64GB terlihat terlalu besar. Namun, prosesor baru ini nantinya tidak hanya ditujukan untuk gamer. Pengguna profesional dan pembuat konten yang membutuhkan performa untuk rendering 3D, pekerjaan berbasis AI, dan beban kerja berat lainnya juga menjadi target. Untuk pengguna seperti ini, 64GB menjadi kapasitas memori opsional. Konfigurasi memori lain kemungkinan akan tersedia pada produk resmi Strix Halo.

Hingga saat ini detail pasti Strix Point masih minim. Namun, bocoran TDP dan memori ini mendukung rumor sebelumnya mengenai spesifikasi gaharnya. Semua indikasi mengarah pada Strix Point (tanpa bermaksud pelesetan) sebagai APU mobile terkuat AMD yang siap bersaing dengan kompetitor ARM dari Apple dan Qualcomm.

Sumber: Tomshardware

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *