Apple iPhone SE Generasi Berikutnya Dirilis Tahun 2025, dengan Panel OLED Seperti iPhone 14

0
Apple-iPhone-SE

Apakah Anda penggemar iPhone SE? Apple memang tidak secara rutin merilis iPhone SE baru setiap tahun, total baru ada tiga model sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016.

Masih ingat dengan iPhone SE generasi pertama? Ya, mengadopsi desain dari iPhone 5 dan iPhone 5s yang masih menawarkan layar mini 4 inci dan menggunakan chipset Apple A9 yang diambil dari iPhone 6s.

Kemudian iPhone SE versi 2020 ditenagai chipset Apple A13 Bionic yang diambil dari iPhone 11. Sedangkan iPhone SE terakhir versi 2022, ditenagai chipset Apple A15 Bionic dari iPhone 13. Keduanya mengusung desain dari iPhone 6 hingga iPhone 8.

Bagi yang sudah menanti iPhone SE generasi selanjutnya, tampaknya Anda perlu menunggu lebih lama. Menurut laporan baru dari Korea, menyebutkan bahwa generasi berikutnya dari iPhone SE mungkin akan dirilis pada tahun 2025.

Ketika diluncurkan nanti, iPhone SE berikutnya akan memiliki fitur yang sebelumnya belum pernah terlihat dalam kisaran harga terjangkau ini, yakni layar OLED. Semua model iPhone SE sebelumnya dilengkapi dengan panel LCD, namun sekarang iPhone termurah akhirnya akan beralih ke panel OLED.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa tiga produsen layar saat ini bersaing untuk mendapatkan pesanan Apple untuk iPhone SE berikutnya. Samsung Display menawarkan harga terendah per panel sebesar $30, BOE menawarkan harga $35, sedangkan Tianma menawarkan $40. Belum ada yang memenangkan kontrak hingga saat ini, karena Apple dilaporkan menawarkan hanya $20 per panel, sehingga negosiasi masih berlangsung.

Panel yang akan digunakan dalam iPhone SE berikutnya akan mirip dengan yang terlihat di iPhone 13 dan iPhone 14. Jadi kita bisa mengharapkan iPhone SE 2025 nanti memiliki layar 6,1 inci dengan resolusi 1170×2532 piksel, kecerahan puncak 1.200 nits, dan mungkin berlapis kaca Ceramic Shield di atasnya.

Laporan Korea tersebut mengatakan bahwa baik Samsung Display maupun BOE telah mengamankan hasil yang baik untuk panel OLED iPhone SE. Keuntungan Samsung dan mungkin alasan mengapa menawarkan harga terendah adalah karena Samsung yang membuat panel iPhone 14, sehingga dapat menggunakan semua peralatan untuk memproduksi panel iPhone SE.

Samsung juga dapat menawarkan harga rendah untuk iPhone SE untuk bersaing dengan BOE karena dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dari panel untuk seri iPhone 15 dan iPhone 16 mendatang. Sementara itu, BOE membutuhkan semua pesanan tambahan yang bisa didapat, karena tahun lalu kehilangan kesempatan baik untuk meningkatkan kapasitas produksi panel OLED ketika mengalami kesulitan membuat panel iPhone 15, sehingga Apple memberikan lebih banyak pesanan kepada Samsung Display.

Sumber: GSMArena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *