Review realme C67: Snapdragon 685 dan Kamera 108MP Pertama di Entry Level Smartphone

0

Di akhir tahun 2023, realme kembali mengeluarkan sebuah smartphone yang ditujukan untuk kelas entry level. Smartphone tersebut memiliki nama realme C67 yang diklaim memiliki beberapa fitur baru yang diambil dari kelas mainstream. Apa sajakah fitur-fitur tersebut?

Fitur pertama yang pertama kali disematkan pada perangkat entry level ini adalah penggunaan Snapdragon 685. Versi yang lebih kencang dari Snapdragon 680 ini memang belum terlihat pada perangkat mana pun di Indonesia. Dan realme pun kembali dari C15 dan C17 setelah lama memakai Mediatek dan UniSOC pada kelas ini.

Selanjutnya adalah menurunkan sensor 108 MP dari kelas mainstream ke entry level. Seperti realme 9 4G, realme C67 menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6. Ada pula fitur IP54 yang baru pertama kali diberikan pada kelas C pada realme.

Untuk sistem operasinya, realme sepertinya kembali ke versi Android Go. Antarmuka realmeUI yang terpasang bukan lah realmeUI 4.0 sehingga akan memiliki fitur yang tidak selengkap seri angka. Walaupun begitu, realme masih menyematkan Dynamic RAM Expansion hingga 8 GB.

Spesifikasi

Untuk spesifikasi lebih lengkap dari perangkat ini, bisa dilihat pada tabel berikut

Spesifikasi Realme C67 NFC
SoC Qualcomm Snapdragon 685
CPU 4×2.8 GHz Cortex-A73 + 4×1.9 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 610
RAM 8 GB LPDDR4x
Internal 128 GB / 256 GB
Layar 6,72 inci 2400×1080 90 Hz IPS
Dimensi 165.7 x 76 x 7.9 mm
Bobot 179 gram
Baterai 5000 mAh 33 watt charger SuperVooc
Kamera 108 MP / 16 MP utama, 2 MP B/W, 8 MP Selfie
OS Android 14 realmeUI

Unboxing

Saat membuka paket penjualannya, tentu saja yang pertama dilihat adalah smartphone realme C67. Di bawahnya akan didapat 3 aksesoris bawaan, seperti gambar di bawah ini

Desain

Smartphone ini memiliki layar depan berdimensi 6,72 inci dengan resolusi 2400 x 1080. Refresh rate smartphone ini ada pada 90 Hz dengan layar berpanel IPS. Sayangnya, perangkat ini tidak menggunakan pelindung seperti Gorilla Glass sehingga sangat disarankan untuk menggunakan tempered glass.

Model dari layar depannya adalah menggunakan punch hole pada bagian tengahnya. Punch hole itu sendiri merupakan sebuah kamera depan yang biasa digunakan untuk selfie. realme juga membuat bezel-nya lebih tipis karena menghilangkan sebuah layer dilayarnya seperti pada perangkat-perangkat flagship.

Bagian kiri dari realme C67 NFC dapat ditemukan slot SIM dan microSD. Untuk bagian kanannya, terdapat tombol volume serta power yang tergabung dengan sensor fingerprint. Pada bagian bawahnya dapat ditemukan speakerslot USB-C, microphone, serta audio 3,5 mm. Speaker kedua ditemukan pada bagian atas yang dipakai pula untuk menerima telepon.

Pada bagian belakangnya, realme C67 menghadirkan konsep desain perpaduan garis tekstur yang cerah dan cincin mengilap yang mengelilingi lensa kamera di bagian belakang. Proses pelapisan gradien tiga warna setebal 420nm yang menghadirkan efek cahaya tiga dimensi. Topografi tekstur garis pada bagian belakang memberikan efek garis yang mengalir dinamis ketika smartphone sedikit diputar.

Fungsi NFC 360° yang bisa mendeteksi perangkat NFC dari sudut mana saja sudah ada pada perangkat ini. Selain itu, perangkat ini merupakan seri C pertama yang sudah mengantongi sertifikasi IP54 sehingga tahan terhadap debu dan cipratan air.

Sistem operasi yang digunakan pada perangkat ini sudah Android 14, di mana pada bulan Desember 2023 masih banyak perangkat lain yang menggunakan Android 13. Antarmuka yang digunakan adalah realmeUI basic yang tidak memiliki fitur seluas realmeUI 4.0. Hal ini memang dilakukan oleh realme agar kinerja dari C67 menjadi lebih responsif. DRE juga sudah hadir pada perangkat yang satu ini.

Kamera: ISOCELL HM6 108 MP

Mirip seperti realme 9 4G, perangkat ini juga menggunakan ISOCELL HM6 dengan resolusi hingga 108 MP. HM6 sendiri sudah menggunakan algoritma nonapixel 9 in 1 yang sudah ditingkatkan dan akan memproduksi gambar dengan resolusi 12 MP. Kamera pada realme C67 juga memiliki teknologi 3x In-sensor Zoom yang memanfaatkan 12 juta piksel di bagian tengah sensor 108MP sehingga mampu mengambil gambar lossless.

Walaupun begitu, hasil zoom yang ada memang tidak akan sejernih pada saat tidak di zoom. Tentu saja masih akan ada penurunan ketajaman pada hasil gambarnya. Walaupun begitu, untuk perangkat entry level memang hasil seperti ini patut diacungi jempol.

Seperti kebanyakan perangkat dengan ISOCELL HM6, perangkat ini juga menghasilkan gambar yang cukup baik dengan tingkat ketajaman yang oke. Warnanya juga cukup baik dengan kontras dan saturasi yang sedikit lebih tinggi. Namun sayangnya, pada bagian gelap saya masih melihat cukup banyak noise.

Kamera selfie menghasilkan gambar yang cukup disayangkan pada saat didalam ruangan. Hasilnya tidak terlalu tajam serta warnanya seperti sedikit washed out. Saya sangat menyarankan untuk mengambil gambar dengan kondisi cahaya yang terang agar mendapatkan hasil prima.

Kinerja

Dengan spesifikasi yang ada, seharusnya membuat perangkat ini bisa digunakan dengan baik saat bekerja. Snapdragon 685 sudah lebih dari cukup untuk menjalankan hampir semua aplikasi yang ada untuk perangkat Android. Sementara itu GPU Adreno 610 juga sudah terbukti bisa menjalankan berbagai macam game walau dengan setting minimum.

Benchmarking yang dilakukan tidak bermasalah. Namun memang, Antutu 10 sepertinya tidak menyukai Adreno 610 yang tidak mampu menjalankan pengujian Vulkan sehingga yang digunakan haruslah versi lite. Untuk hasilnya adalah sebagai berikut

Untuk game, saya hanya bisa menggunakan Genshin Impact untuk bermain karena waktu peminjaman yang hanya 1 minggu saja. Dalam pengujian, perangkat ini memang tidak memiliki masalah berarti. realme C67 mampu berjalan sekitar 32 fps dalam setting lowest. Pengujiannya menggunakan GameBench yang bisa menampilkan framerate game dengan baik.

Pengujian baterai pada perangkat ini menggunakan PCMark 3 Battery Test yang dijalankan dari 100%. Hasilnya, perangkat ini mampu bertahan sekitar 20 jam 21 menit yang berarti bisa digunakan hampir 2 hari kerja. Untuk pengisian ulang, baterai 5000 mAh nya akan penuh dalam waktu sekitar 1 jam lebih sedikit dengan menggunakan SuperVOOC 33 Watt.

Kesimpulan

Perangkat entry level saat ini akan memiliki harga di bawah 3 juta rupiah. Oleh karena itu, realme C67 8/128 GB yang memiliki harga hanya Rp. 2.599.000 ini masih dalam rentang harga tersebut. Dengan spesifikasi yang ada serta fitur-fitur yang dimiliki memang membuat perangkat ini bisa dinikmati oleh mereka yang tidak memiliki budget terlalu besar dalam membeli sebuah smartphone.

Menggunakan Snapdragon 685 membuat perangkat ini memiliki kinerja yang mumpuni dalam menjalankan aplikasi untuk bekerja dan bermain setiap hari. Selain itu, daya tahan baterainya juga bisa membuatnya bertahan seharian penuh sehingga tidak perlu mencari colokan listrik lagi. Tidak ada keluhan panas pada perangkat ini.

Mengambil gambar dengan kamera realme C67 juga bisa memenuhi kebutuhan penggunanya untuk momen harian. Walaupun begitu, cukup berhati-hatilah pada saat kondisi cahaya menurun untuk kedua kameranya, karena akan meningkatkan noise dan menurunkan kualitasnya. Untuk fitur zoom lossless, memang nice to have pada perangkat di bawah 3 juta rupiah.

Pro

  • Kinerja cukup baik dengan Snapdragon 685
  • Kamera 108 MP yang bisa zoom 3x lossless
  • Responsif tanpa fitur yang memberatkan
  • Sertifikasi IP54 yang tahan terhadap cipratan air
  • Daya tahan baterai yang cukup panjang

Cons

  • Noise terlihat pada bagian gelap dari hasil foto walau di siang hari
  • Kamera depan tidak menghasilkan gambar tajam
  • Downgrade realmeUI karena C55 menggunakan realmeUI 3.0

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *