Snapdragon 7+ Gen 3 Terbaru Qualcomm Juga Dibekali Kemampuan On-Device Generative AI

0
Snapdragon 7+ Gen 3 - Key Visual

Belum lama ini Qualcomm telah meluncurkan Snapdragon 7+ Gen 3 Mobile Platform yang membawa kemampuan on-device generative AI ke Snapdragon 7 Series. Platform seluler ini mampu menjalankan berbagai macam model AI, termasuk large language models (LLMs) seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM secara lokal tanpa perlu terhubung ke cloud.

SoC tersebut menggunakan teknologi 4nm dengan konfigurasi CPU octa-core yang mencakup 1-core utama yang berbasis Arm Cortex-X4 dengan kecepatan clock 2,8GHz. Bersama 4-core performa Cortex-A720 pada 2,6GHz, dan 3-core hemat daya Cortex-A520 pada 1,9GHz.

Kalau dibandingkan dengan pendahulunya, efisiensi dayanya 5% lebih baik. CPU-nya meningkat sebesar 15% dan hingga 45% untuk GPU-nya. Snapdragon 7+ Gen 3 juga menghadirkan sejumlah fitur Snapdragon Elite Gaming ke Snapdragon 7 Series seperti Game Post Processing Accelerator dan Adreno Frame Motion Engine 2 yang mampu meningkatkan kualitas efek dan grafik di dalam game.

Snapdragon 7+ Gen 3 - Summary Slide

Platform ini juga menyediakan fitur fotografi terbaik dengan 18-bit cognitive ISP terdepan di industri dari Qualcomm. Selain itu, chipset ini mendukung konektivitas Wi-Fi 7 dengan High Band Simultaneous (HBS) Multi-Link dan modem Snapdragon X63 5G dengan FastConnect 7800.

Untuk multimedia, kompatibel dengan layar hingga resolusi 4K hingga refresh rate 60Hz atau QHD+ hingga refresh rate 120Hz, dan variable refresh rate 1 hingga 240Hz. RAM yang didukung adalah tipe LPDDR5X hingga 24GB dan penyimpanan berbasis UFS 4.01.

Snapdragon 7+ Gen 3 dilengkapi dengan dukungan terhadap fitur-fitur on-device generative AI yang luar biasa, performa gahar, efisiensi daya yang optimal, serta ketersediaan Wi-Fi 7 untuk pertama kalinya di Snapdragon 7 Series,” ujar Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc.

Chipset Snapdragon 7+ Gen 3 akan diadopsi pertama kali oleh para OEM seperti OnePlus, realme, dan SHARP. Smartphone perdana yang menggunakan platform ini dijadwalkan untuk hadir dalam beberapa bulan ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *