SK Hynix Pamerkan AiMX, Akselerator AI Berbasis GDDR6

0

Pada 12-14 September 2023, SK hynix memamerkan prototipe AiMX (Accelerator-in-Memory based Accelerator), sebuah kartu akselerator AI generatif berbasis GDDR6-AiM, di AI Hardware & Edge AI Summit 2023 yang diadakan di Santa Clara Marriott, California. Acara tahunan ini diselenggarakan oleh perusahaan pemasaran Inggris Kisaco Research dan mempertemukan perusahaan IT global dan startup terkemuka untuk berbagi perkembangan mereka dalam kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin. Ini adalah kali ketiga SK hynix berpartisipasi dalam acara tersebut.

Di acara tersebut, SK Hynix memamerkan prototipe AiMX, kartu akselerator yang menggabungkan beberapa GDDR6-AiM untuk meningkatkan kinerja lebih tinggi, bersama dengan GDDR6-AIM itu sendiri dengan slogan “Boost Your AI: Discover the Power of PIM (Processing-In-Memory) with SK hynix’s AiM (Accelerator in Memory).” Sebagai solusi memori berdaya rendah dan berkecepatan tinggi yang mampu menangani data dalam jumlah besar, AiMX akan memainkan peran kunci dalam kemajuan sistem AI generatif yang intensif data. Kinerja AI generatif meningkat saat dilatih pada lebih banyak data, yang menyoroti kebutuhan akan produk berkinerja tinggi yang dapat diterapkan ke berbagai sistem AI generatif.

SK hynix juga mendemonstrasikan model generative AI Open Pretrained Transformer (OPT) 13B milik Meta pada sistem server yang dilengkapi dengan prototipe AiMX. Sistem AiMX yang menampilkan chip GDDR6-AiM mengurangi waktu pemrosesan data hingga lebih dari 10 kali dibandingkan dengan sistem dengan GPU, sekaligus mengkonsumsi daya seperlima. Demonstrasi perusahaan menarik minat perusahaan global yang menyediakan layanan AI dengan menunjukkan bahwa ia dapat memberikan kinerja yang lebih tinggi daripada akselerator terbaru.

Selain itu, perusahaan mengadakan sesi yang menguraikan manfaat AiMX. Dalam presentasi berjudul “Cost-Effective Generative AI Inference Acceleration using AiM,” Eui-cheol Lim, wakil presiden divisi Solution Development, membandingkan kinerja GPU dan AiMX dan membahas masa depan memori semikonduktor cerdas generasi berikutnya.

“AiMX SK hynix adalah solusi yang memberikan kinerja lebih tinggi sambil mengonsumsi lebih sedikit daya, dan biaya lebih rendah daripada GPU konvensional,” jelas Lim. “Kami akan terus mengembangkan teknologi memori yang akan memimpin jalan di era kecerdasan buatan.”

Sumber dan gambar: SKHynix via Guru3D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *