Review Aukey Omnia II Mix TA-PA09A 100W: Satu Adapter untuk Semua Perangkat

Dimas Galih Windudjati

Saat sedang bepergian keluar negeri, satu hal yang selalu tidak boleh lupa adalah traveler adaptor. Hal tersebut dikarenakan stop kontak pada negara selain Indonesia kerap berbeda sehingga charger kita tidak akan bisa digunakan. Dan kalau kita membawa beberapa perangkat elektronik, tentu saja akan diberatkan dengan berbagai charger yang berbeda. Untungnya, Aukey punya Omnia II Mix atau PA-TA09A Travel Mate 100W GaN Universal Adapter.

Universal adapter yang satu ini saya bawa pada saat mengunjungi Taiwan untuk hadir dalam Computex 2024. Pada saat itu, saya membawa 2 smartphone dan sebuah laptop yang kalau semua charger-nya saya bawa, tentu saja akan memberatkan tas. Dengan Aukey Omnia II Mix, ketiga perangkat itu hanya membutuhkan kabelnya saja.

Aukey Omnia II Mix TA-PA09A

AUKEY PA-TA09A Travel Mate menawarkan total daya hingga 100 watt untuk mengisi baterai perangkat yang sedang digunakan. Selain itu, perangkat ini juga menawarkan chip GaN yang bisa mengisi lebih cepat serta tidak mudah panas.

Spesifikasi AUKEY Omnia II Mix PA-TA09A Travel Mate 100W

AUKEY PA-TA09A Travel Mate 100W GaN Universal Adapter memiliki spesifikasi sebagai berikut

Spesifikasi AUKEY Omnia II Mix PA-TA09A
Rating 100-250V~10A Max, 2500W Max
Total DC Output 100 Watt
Dimensi 50 x 53.5 x 93mm
Bobot 283 gram
Teknologi Pengisian PD3.0, QC4+, FCP, SCP, AFC, PPS, BC1-2
Port 3 USB-C, USB-A, 2 AC Socket
Tipe Colokan US, UK, EU dan Au

Desain

Seperti kebanyakan produk traveler’s charger, perangkat yang satu ini memang memiliki bentuk kotak. Namun bedanya, AUKEY Omnia II Mix memiliki dual tone dengan warna atas hitam dan bawahnya perak. Ukurannya pas saat digenggam dengan satu tangan.

Perangkat yang satu ini memiliki dimensi 50 x 53.5 x 93mm yang memang lebih besar dibandingkan kebanyakan traveler adapter. Dengan bobot 283 gram, perangkat ini memang terasa lebih berat.

Aukey Omnia II Mix TA-PA09A di stop kontak

Pada bagian depannya bisa ditemukan 2 AC socket, 3 buah port USB-C, serta sebuah lampu LED kecil untuk mengetahui bahwa perangkat ini bekerja. Ketiga USB-C ini memiliki konfigurasi tersendiri yang Anda bisa lihat di buku manual atau di bagian bawah dari adapter ini. Pada bagian kirinya terdapat 3 buah slider untuk colokan dan sebuah USB-A. Dan pada bagian belakangnya tentu saja terdapat colokan steker US, UK, EU, atau AU serta lubang untuk sikringnya.

Pengalaman memakai Aukey Omnia II Mix

Pada saat pergi ke Computex 2024 di Taiwan, saya membawa adapter yang satu ini. Perlengkapan yang saya bawa meliputi sebuah laptop serta 2 perangkat smartphone. Tentu saja saya membawa 3 kabel USB-C to USB-C untuk mencoba mengisi daya tanpa harus menggunakan charger bawaan.

Pada saat saya menancapkan sebuah kabel pada port USB-C di bagian kanan untuk mengisi daya laptop, ternyata perangkat ini mampu mengisi dengan daya 65 watt. Lalu, saya mencoba untuk mengisi bersamaan dengan 2 perangkat smartphone. Hasilnya, kedua smartphone saya masuk ke pengisian 18 watt. Hal tersebut mungkin saja karena pengisian 18 watt sudah menjadi standar dan pengisian di atasnya kebanyakan menggunakan teknologi buatan vendor smartphone tersebut.

Pada saat mencoba mengisi untuk 1 smartphone saja, ternyata hanya pengisian 18 watt juga yang didukung. Hal tersebut membuat pengguna yang ingin melakukan pengisian daya smartphone dengan cepat harus memakai charger bawaan smartphone.

Ada satu hal yang cukup mengganggu pada traveler adapter ini. Perangkat ini akan memutus daya sementara untuk port USB pada saat ada perangkat lain yang dihubungkan. Jadi, jika saya melakukan charge laptop dan ingin bersamaan melakukan pengisian daya smartphone, Omnia II Mix akan memutus arus sekitar 1/2 detik dan mengalirkannya kembali.

Bobot yang berat juga kerap membuat perangkat ini terasa tidak kencang saat ditancapkan ke stop kontak. Apalagi saat ingin mencabut kabel USB-C dari port yang ada, membuat adapter ini tercabut seluruhnya dari stop kontak. Sepertinya ini menjadi PR untuk Aukey agar bisa mendesain dengan lebih pas lagi di versi-versi mendatang.

Overall, saya puas memakai Aukey Omnia II Mix saat di Taiwan. Walaupun begitu, perangkat ini memang tidak semurah kebanyakan traveler adapter yang beredar di Indonesia. Namun, dengan perangkat ini Anda tidak lagi perlu membawa banyak kepala charger dan bahkan ekstension lubang stop kontak.

Verdict

Untuk mereka yang suka bepergian keluar negeri, tentu saja akan memerlukan sebuah adapter stop kontak karena perbedaan bentuknya. Dengan memakai sebuah traveler adapter, membuat kita bisa mencolok charger untuk perangkat laptop dan smartphone di mana saja. Namun dengan Aukey Omnia II Mix PA-TA09A, kita bahkan tidak lagi perlu membawa berbagai macam charger untuk multi perangkat.

Perangkat yang satu ini memiliki fungsi pengisian daya dengan total 100 watt, sehingga mampu mengisi sebuah laptop dan hingga 3 perangkat smartphone secara bersamaan. Dimensinya yang besar serta bobot yang lebih berat memang mengganggu, namun saya anggap tidak masalah karena perangkat ini membuat isi koper menjadi lebih ringkas tanpa banyak charger. Sayang memang, perangkat ini masih akan memotong arus sekitar 1 detik saat ada perangkat baru yang terhubung dengan kabel.

Aukey Omnia II Mix PA-TA09A dijual dengan harga yang cukup premium, yaitu Rp1.060.000. Hal ini tentu saja membuat tidak semua orang bisa merasakan keandalan dan kenyamanan yang diberikan saat bepergian keluar negeri. Perangkat ini memang tergolong premium untuk mereka yang sering bepergian keluar negeri namun tak ingin membawa banyak charger.

Pros

  • Traveler adapter dengan fungsi charge 100 watt
  • Port USB-C yang melimpah
  • Dengan sekring yang melindungi dari daya berlebih
  • 2 socket AC di bagian depan

Cons

  • Arus putus sambung saat menghubungkan multi perangkat
  • Harganya cukup mahal
Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *