Ad imageAd image

Windows 10 Masih Bisa Mendapatkan Update, Namun Harus Bayar

DiGaL
By DiGaL

Kabar buruk bagi pengguna Windows 10 yang saat ini belum berencana untuk melakukan upgrade. Sistem operasi ini akan mencapai akhir masa dukungannya pada bulan Oktober 2025. Kabar baiknya, Microsoft menawarkan solusi bagi pengguna yang belum bisa atau tidak ingin pindah ke Windows 11. Solusinya adalah program Extended Security Updates (ESU) yang sayangnya berbayar.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan lisensi ESU Windows 10, dengan harga tergantung pada metode yang dipilih. Cara standar adalah aktivasi 5-oleh-5, menggunakan kunci aktivasi untuk perangkat yang ingin terus menjalankan Windows 10. Biayanya $61 per pengguna atau sekitar Rp. 970.000 untuk tahun pertama.

Harga tersebut berlaku kelipatan jumlah perangkat yang ingin dilindungi. Dan mirip dengan program ESU Windows 7, biaya ini akan naik dua kali lipat setiap tahun hingga maksimal tiga tahun. Artinya di tahun kedua, biaya menjadi $122 ( sekitar Rp. 1.940.000) dan tahun ketiga $244 ( sekitar Rp. 3.878.000) per pengguna. Penting dicatat, pengguna yang baru bergabung di tahun ketiga tetap perlu membayar biaya untuk tahun sebelumnya.

Microsoft menyediakan opsi lain untuk mendapatkan ESU di lingkungan perusahaan. Pelanggan dengan langganan Windows 365 yang mencakup PC Windows 11 cloud, bisa terus menerima pembaruan untuk perangkat Windows 10 lokal mereka secara gratis. Tentunya hal ini menjadi sebuah keuntungan menarik bagi pengguna Windows 365.

Selain itu, administrator IT yang menggunakan solusi manajemen cloud Microsoft seperti Windows Autopatch atau Microsoft Intune bisa mendapatkan diskon lisensi ESU. Diskon 25% membuat biaya lisensi menjadi $45 (sekitar Rp. 715.000) per pengguna untuk tahun pertama. Cara ini juga memudahkan penerapan ESU untuk organisasi besar.

Tetap Dianjurkan Pindah ke Windows 11

Meski begitu, program ESU bukan dimaksudkan untuk memperpanjang umur pemakaian Windows 10. Microsoft tidak lagi memberikan dukungan teknis selain untuk masalah pengelolaan lisensi ESU. Tak ada fitur baru atau perbaikan non-keamanan yang akan diberikan.

Microsoft tetap menyarankan untuk upgrade ke Windows 11 sesegera mungkin, baik dengan upgrade perangkat kompatibel atau membeli PC baru. Windows 11 akan didukung minimal beberapa tahun ke depan, menjadi solusi terbaik untuk keamanan jangka panjang.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *