LINE Rayakan Ulang Tahun ke-13, Ini Pencapaian LINE di Indonesia

Lukman Azis

Siapa disini yang merupakan pengguna setia LINE? Ya, LINE tidak hanya sebatas aplikasi berkirim pesan, LINE adalah aplikasi super yang menawarkan banyak layanan. Pada tanggal 23 Juni lalu, LINE merayakan ulang tahun ke-13. Apa saja pencapaian yang dicapai berbagai layanan LINE di Indonesia dan global.

Pada bulan September 2023, LINE mencatatkan 196 juta pengguna aktif bulanan (MAU) secara global. Empat pasar terbesar yaitu Jepang, Thailand, Taiwan, dan Indonesia, berkontribusi sebanyak 179 juta pengguna aktif bulanan.

LINE berupaya untuk terus tumbuh dan berkembang dengan menghadirkan inovasi yang memudahkan kehidupan sehari-hari para penggunanya. Berikut adalah sejumlah layanan LINE di Indonesia dan global beserta dengan pencapaiannya.

LINE Rayakan Ulang Tahun ke-13, Ini Pencapaian LINE di Indonesia

1. LINE SPLITBILL

Layanan LINE SPLITBILL telah menjadi alat yang sangat berguna bagi pengguna LINE di Indonesia. Sepanjang tahun 2023, lebih dari 10 juta struk telah dipindai oleh pengguna. Angka ini menunjukkan peningkatan sebanyak dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Angka tertinggi dalam satu bulan, jumlah struk yang dipindai mencapai hampir 1 juta.

Kehadiran LINE SPLITBILL ini didasari oleh hasil survei yang dilakukan oleh LINE Indonesia pada Februari 2019. Dari sebanyak 24.443 responden berumur 17 tahun ke atas yang terdiri dari 65% pria dan 35% wanita, 68% di antaranya menyetujui jika kebiasaan berbagi tagihan sesuai pesanan masing-masing adalah kebiasaan yang disukai setelah makan bersama.

2. LINE WEBTOON

LINE WEBTOON telah berkembang pesat sebagai platform webtoon digital global yang kini tersedia di 150 negara. Pada kuartal pertama tahun 2024, LINE WEBTOON mencatat 169 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, dengan kemungkinan mencapai sekitar 170 juta pengguna.

Pencapaian ini menunjukkan bahwa LINE WEBTOON terus menjadi pilihan utama bagi penggemar webtoon di berbagai belahan dunia, menawarkan berbagai konten menarik yang mudah diakses oleh pengguna di mana saja.

Di sisi kreator dan konten, LINE WEBTOON juga menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Pada akhir tahun 2023, jumlah episode yang diunggah setiap harinya mencapai 124.000.

Hal ini mencerminkan antusiasme dan partisipasi aktif dari komunitas kreator LINE WEBTOON, yang terus berkontribusi untuk memperkaya koleksi webtoon dan memberikan pengalaman membaca yang lebih menarik bagi para pengguna. Keberhasilan ini menunjukkan komitmen LINE WEBTOON dalam mendukung kreator lokal dan global untuk menghasilkan karya-karya inovatif dan berkualitas tinggi.

3. LINE STICKERS

Pada tahun 2023, lebih dari 60 juta stiker dikirim setiap bulannya oleh pengguna LINE, dengan rata-rata bulanan 1 juta pengguna yang aktif mengirim stiker. Lebih dari 100.000 stiker terjual dengan IP populer seperti Milk & Mocha, SPYxFamily, Lotso, LINE Friend, dan karakter Sanrio sebagai stiker yang paling banyak diunduh di Indonesia.

Sementara itu, LINE CREATORS MARKET yang merupakan platform yang memungkinkan pengguna LINE di seluruh dunia untuk membuat dan menjual stiker mereka sendiri. Setelah melewati proses peninjauan LINE, stiker kreator akan dijual di LINE STORE dan Toko Stiker dalam aplikasi LINE.

Platform ini memiliki lebih dari 5 juta kreator terdaftar dengan total penjualan mencapai JPY 120 miliar (USD 887 juta). Sebanyak 198 kreator telah meraih pendapatan lebih dari 100 juta Yen, dan total penjualan rata-rata untuk 10 kreator teratas mencapai 1,352 miliar Yen (USD 10 juta) per kreator.

4. LINE GAMES

Sementara itu dari sisi LINE GAMES, pada Mei 2024 LINE GAMES mencatatkan hampir 400 ribu pengguna aktif bulanan. Dua game terpopuler adalah LINE Get Rich dengan 270 ribu pengguna aktif bulanan dan LINE Rangers dengan 23 ribu pengguna aktif bulanan.

5. LINE Bank

LINE Bank mengawali tahun 2024 dengan solid setelah mencatatkan performa positif di tahun 2023. Hingga September 2023, LINE Bank telah memiliki 700 ribu pengguna. Sejak diluncurkan pada Juni 2021, LINE Bank telah diunduh lebih dari 6,3 juta kali dan mencapai lebih dari 1 juta pengguna. LINE Bank menargetkan pertumbuhan dua digit di tahun 2024 melalui serangkaian inovasi yang telah dan akan terus dilakukan.

6. GOKS! (Gokilnya Diskon Buat Siswa)

GOKS! pertama kali diluncurkan pada kuartal ketiga 2023 dan dengan cepat mendapatkan perhatian dari mahasiswa di seluruh Indonesia. Hingga kini, GOKS! telah berhasil mengakuisisi dan memvalidasi hampir 100.000 mahasiswa aktif.

GOKS! telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 50 merek di Indonesia dan menawarkan lebih dari 200 kupon berbeda yang dikhususkan untuk mahasiswa. Hampir 50.000 kupon telah ditukarkan oleh pengguna GOKS! mulai dari diskon khusus, cashback, hingga produk gratis.

LINE memiliki misi untuk menciptakan platform kehidupan yang luar biasa yang menghadirkan WOW! kepada pengguna kami. Dengan pencapaian-pencapaian ini, LINE berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik dan inovasi yang “WOW!” dan bermanfaat bagi para pengguna di Indonesia.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *