Review realme Note 50: Smartphone Sejutaan dengan Kualitas Tinggi

0

Nama realme Note 50 sudah muncul di berita dalam sebulan belakangan ini. Tentu saja, banyak orang penasaran seperti apa perangkat baru dari realme tersebut. Untungnya, saya sudah mendapatkan perangkat ini untuk diuji secara mendalam semenjak seminggu yang lalu. Saya pun juga sudah menyaksikan perangkat ini cukup disiksa di pabriknya.

Dari pertama kali bertemu dengan pihak realme Indonesia, mereka memperkenalkan realme Note 50 sebagai perangkat super terjangkau dengan kualitas yang tinggi. Oleh karena sangat yakin dengan kualitas yang dimilikinya, realme mengajak saya ke tempat perakitan smartphone tersebut pada PT. Bright Mobile Telecommunication di Tangerang. Di sana, saya dibawa untuk melihat perakitan realme Note 50 dari hanya berbentuk chassis hingga terbungkus rapi pada paket penjualannya.

 

Namun sebelum itu, mari kita lihat spesifikasi dari realme Note 50 yang sudah saya dapatkan, langsung dari pabriknya pada tabel berikut

Spesifikasi realme Note 50
SoC UniSOC Tiger T612
CPU 2 x Cortex A75 1.82 GHz + 6 x Cortex A55 1.8 GHz
GPU ARM Mali G57
RAM 4 GB + 4 GB RAM Expansion
Internal 128 GB eMMC 5.1
Layar 6,74 inci 1600×720 90 Hz IPS
Dimensi 167.2 x 76.7 x 8 mm
Bobot 186 gram
Baterai 5000 mAh dengan 10 watt charger
Kamera 13 MP utama, 0,08 MP B/W, 5 MP Selfie
OS Android 13 realme T UI

Masuk ke dalam pabrik

Pada saat pertama kali datang, para pengunjung diharuskan untuk menggunakan penutup sepatu dan diberikan jaket tambahan saat memasuki lini produksi. Kami pun dilarang untuk membawa apa pun yang terbuat dari metal, kecuali kamera. Smartphone juga harus ditinggalkan karena tidak boleh memasukkkan perangkat dengan sinyal seluler.

Kami dibawa pertama kali untuk melihat back casing atau cover batere realme Note 50 yang dicek oleh salah seorang buruh. Setelah pemeriksaan back case tersebut, selanjutnya adalah pemasangan bundaran kamera, speaker, dan juga antenna. Lalu kami pun sampai pada tempat pemasangan mainboard yang merupakan SoC UniSOC T612.

Setelah semuanya terpasang, termasuk baterai yang saat ini sudah menjadi penambah kadar TKDN dari realme Note 50, saat ini masuk ke dalam tahap pengujian. Hal pertama yang diuji tentu saja pengisian baterai yang juga menguji apakah perangkat ini bisa dinyalakan atau tidak. Setelah itu, dimulailah pengujian secara otomatis untuk mengetahui setiap fungsi bisa berjalan dengan baik atau tidak, termasuk kamera, audio, dan lain sebagainya.

Setelah semua pengujian berjalan dengan lancar, tiba saatnya setiap perangkat di-update firmware-nya. Hal ini dilakukan untuk mengubah dari factory firmware menjadi firmware stabil yang sudah ditingkatkan fungsinya serta tidak lagi berisikan bug. Setelah itu, baru perangkat dimasukkan ke dalam kotak paket penjualan yang juga sudah diisi dengan kabel, charger, dokumen, serta rubber case.

Pada pabrik yang satu ini, setiap jamnya bisa menghasilkan 400-500 realme Note 50 yang sudah terbungkus dengan rapi. Dalam waktu sehari, kira-kira ada 4000-5000 unit realme Note 50 yang siap untuk dikirim.

Pengujian kualitas

Kualitas terdepan adalah salah satu keunggulan yang dihadirkan realme pada realme Note 50. Di sisi software, realme menjamin performa lancar selama 48 bulan sehingga pengguna tidak perlu khawatir terhadap smartphone yang digunakan untuk jangka waktu yang lama. Sedangkan di sisi hardware, walaupun smartphone ini hadir di segmen harga sejutaan yang sangat terjangkau, realme sangat memperhatikan berbagai detail pada smartphone ini, bahkan memastikan kualitasnya melalui berbagai pengujian. Selain menyematkan fitur IP54 yang membuat smartphone ini tahan terhadap debu dan cipratan air, pasca produksi, pihak perusahaan juga mengambil sekitar 37 sampel per batch untuk diuji ketahanannya. Uji ketahanan ini tentu saja untuk mengetahui seberapa baik kualitas dari realme Note 50 setelah menjadi sebuah smartphone. Kami pun diajak untuk melihat pengujian kualitas, mulai dari kamera, sinyal, dan bahkan hingga dijatuhkan pada ketinggian tertentu.

Bagian pertama yang diuji adalah kamera yang menjadi salah satu pilihan bagi para konsumen. Tentu saja, sebuah kamera yang buram tidak akan diterima oleh konsumen Indonesia. Realme Note 50 pun diuji dengan menggunakan diagram pengujian kamera.

Ruang selanjutnya adalah tempat menguji sinyal WiFi dan juga 4G LTE. Pengujian dilakukan pada sebuah mesin khusus yang mampu memberikan pengujian sinyal baik di dalam ruangan mau pun di luar ruangan.

Masuk dalam pengujian berikutnya adalah kualitas build-nya. Pada ruangan ini ada beberapa pengujian kualitas produksi yang dilakukan. Yang pertama dilakukan adalah micro drop di mana menjatuhkan smartphone dengan ketinggan sekitar 30 cm. Tidak hanya sekali, pengujian ini dilakukan berkali-kali untuk memastikan tidak ada kerusakan saat jatuh.

Yang kedua adalah pengujian kualitas struktur dari build realme Note 50. Dengan memakai mesin yang diputar 360 derajat dengan kecepatan tertentu secara berkali-kali, realme Note 50 berhasil diuji tanpa adanya kerusakan sama sekali.

 

Terakhir adalah drop test dengan ketinggian lebih dari 1 meter dari berbagai sisi berkali-kali. Hal ini tentu saja untuk memastikan bahwa perangkat yang jatuh secara tidak sengaja tidak bakal rusak bahkan dari sisi layarnya. Tentu saja, realme Note 50 lulus tes dari semua pengujian kualitas ini.

Desain

Desain dari realme Note 50 memiliki kemiripan dengan realme C51 yang pernah diluncurkan sebelumnya. Salah satunya, desain yang memang sudah terlihat unik ini masih dipertahankan oleh realme untuk mereka yang ada pada kelas entry level. realme memang memiliki sejarah untuk memberikan desain yang bagus untuk kelas entry level-nya. Bahan yang digunakan memakai plastik polikarbonat.

Pada bagian belakang tersebut terdapat 3 bundaran yang berisikan kamera serta lampu LED flash. Kamera utama terletak pada bagian atasnya serta kamera B/W terletak di bawahnya. Untuk LED bisa terlihat jelas berada di sebelah kanannya.

Layar pada realme Note 50 menggunakan panel IPS dengan refresh rate 90 Hz. Resolusi yang digunakan pada perangkat ini adalah 1600×720 dengan dimensi 6,74 inci. Walaupun tidak menggunakan layar dengan pelindung Gorilla Glass, namun sudah terbukti bahwa kacanya cukup kuat saat dilakukan pengujian drop test. Layarnya pun sudah dipasangkan lapisan anti gores langsung dari pabrik.

Tombol pada perangkat ini ada pada bagian kanannya yang terdiri dari volume dan daya yang sekaligus pemindai sidik jari. Di bagian bawahnya dapat ditemukan speaker, USB-C, microphone, dan port audio 3,5 mm. Untuk slot SIM dan microSD ada pada bagian kiri atasnya.

Sistem operasi yang digunakan pada perangkat ini adalah Android 13 dengan antarmuka realme T UI. Walaupun merupakan sebuah basic Android, namun fungsinya sudah ditingkatkan seperti hadirnya Mini Capsule dan juga RAM Expansion yang membuat nilai tambah pada smartphone ini dibandingkan dengan smartphone lain di segmennya dengan fitur seadanya. 

Kamera: Oke untuk sebuah Smartphone dengan Harga Murah

Dengan memakai teknik postprocessing, kamera yang ada pada realme Note 50 mampu menghasilkan gambar yang cukup oke. Kamera utamanya sendiri menggunakan resolusi 13 MP yang ditemani dengan kamera B/W. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 8 MP.

Hasil gambar kamera utamanya terbilang unggul di segmen harganya. Smartphone ini dapat menghadirkan kualitas foto yang baik untuk mengambil momen sehari-hari di berbagai situasi. Berikut adalah contoh dari hasil foto kamera utamanya

Untuk kamera depannya, realme Note 50 juga terbilang dapat menghasilkan foto yang cukup baik, khususnya pada kondisi cahaya yang terang. Berikut adalah salah satu contoh pengambilan gambar dengan kamera depannya.

Kinerja realme Note 50

Untuk sebuah smartphone entry level, realme Note 50 menggunakan UniSOC Tiger T612 yang memang sudah cukup bertenaga. Hal ini yang membuat realme Note 50 bisa digunakan untuk bermain game, walaupun dengan setting yang rendah. Apalagi untuk memainkan Genshin Impact, saya bisa mendapatkan rata-rata 33 fps dengan menggunakan seting lowest.

Selain untuk bermain game, saya juga melakukan pengujian dengan memakai aplikasi benchmark. Berikut adalah hasilnya

Pengujian baterai pada perangkat ini menggunakan PCMark 3 Battery Test yang dijalankan dari 100%. Hasilnya, perangkat ini mampu bertahan sekitar 20 jam 22 menit yang berarti bisa digunakan hampir seharian. Untuk pengisian ulang, baterai 5000 mAh nya akan penuh dalam waktu sekitar 2 jam 50 menit dengan menggunakan charger 10 watt bawaannya.

Kesimpulan

Selama ini, perangkat dengan harga yang murah selalu dikaitkan dengan kualitas yang rendah dan gampang rusak. Namun sepertinya realme ingin mematahkan mitos tersebut dengan mengundang para jurnalis untuk menyaksikan smartphone terbarunya disiksa di pabrik. Perangkat yang dimaksud adalah realme Note 50.

Dengan menggunakan UniSOC Tiger T612, kinerja perangkat ini sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sosmed sehari-hari. Bahkan, perangkat ini mampu diajak bermain game dengan framerate yang tidak melelahkan mata. Baterainya pun tahan lama sehingga hanya perlu diisi ulang pada saat penggunanya tidur di malam hari.

Terus terang, kamera yang digunakan membuat saya cukup terkesan karena di atas perangkat dengan harga yang sama. Dengan teknik postprocessing yang biasanya ada pada smartphone flagship, tentu saja membuat gambar HDR menjadi lebih baik. 

Dijual dengan harga yang sangat terjangkau, berarti smartphone ini bisa digunakan oleh mereka yang ingin memberikan perangkat kepada orang tua, anak, maupun para driver ojol. Oleh karena itu, untuk mendapatkan smartphone yang bisa menghasilkan foto bagus. mumpuni dalam mengakses sosmed sehari-hari, serta gaming ringan tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak.

realme Note 50 varian memori 4GB+4GB*|64GB akan tersedia di Indonesia dengan harga Rp1.299.000, sedangkan varian memori 4GB+4GB*|128GB akan tersedia dengan harga Rp1.499.000. realme akan mengadakan flash sale untuk kedua smartphone ini dengan menghadirkan harga spesial pada tanggal 25 Februari 2024. Pada periode Flash sale, realme Note 50 varian 4GB+4GB* | 64GB akan dijual dengan harga Rp999.000 di TikTok dan realme.com sedangkan varian 4GB+4GB* | 128GB akan dijual dengan harga Rp1.399.000 di Lazada dan realme.com. realme Note 50 juga akan mulai tersedia di realme Brand Store dan toko mitra resmi mulai tanggal 25 Februari 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *