Ad imageAd image

XL Axiata Baik: Bangun Madrasah di Pelosok Buton Tengah, Sulawesi Tenggara serta Baubau

Dimas Galih Windudjati

XL Axiata sebagai salah satu operator telekomunikasi terdepan di Indonesia, meresmikan pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin di Desa Tolandona Matanaeo, Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Peresmian ini menandai komitmen XL Axiata dalam mendukung kemajuan pendidikan di daerah terpencil.

Madrasah ini dibangun dengan dana sekitar Rp 800 juta yang berasal dari wakaf karyawan dan manajemen XL Axiata. Dibangun sejak Desember 2023, madrasah ini memiliki 6 ruang kelas dengan luas total 304,6 meter persegi dan dapat menampung lebih dari 200 siswa.

“Sebagai perusahaan telekomunikasi, XL Axiata tidak hanya fokus pada pembangunan jaringan dan layanan telekomunikasi dan data, tetapi juga membantu masyarakat dalam mengatasi persoalan dan kebutuhan sosial,” ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata. “Pembangunan madrasah ini merupakan bukti nyata kepedulian kami terhadap pendidikan anak-anak di daerah terpencil.”

Pembangunan madrasah ini diharapkan dapat memberikan akses pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di Desa Tolandona Matanaeo dan sekitarnya. Selain itu, XL Axiata juga berencana untuk terus membantu meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini melalui program-program lainnya.

Program XL Axiata Baik

Bersamaan dengan peresmian Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, XL Axiata juga menggelar program XL Axiata Baik di SMA Negeri 1 Baubau dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin. Program ini memberikan kesempatan bagi karyawan XL Axiata untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan para siswa.

Pada program ini, karyawan XL Axiata mengajar membuat portal website untuk mempromosikan kota Baubau dan sekolah di SMA Negeri 1 Baubau. Sedangkan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, materi yang diberikan adalah edukasi telekomunikasi dan lomba kreativitas anak seperti membuat miniatur bangunan dan lomba menggambar dengan tema telekomunikasi.

Program XL Axiata Baik ini juga memberikan bantuan dana tunai, laptop, Wifi, dan paket data gratis selama satu tahun untuk fasilitas sekolah.

XL Axiata Baik Madrasah Al Amin

XL Axiata berkomitmen untuk terus membantu pembangunan desa di berbagai daerah di Indonesia. Selama dua tahun terakhir, XL Axiata melalui Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) telah membantu pembangunan berbagai sarana sosial dan kewirausahaan, seperti masjid, madrasah, jembatan, air bersih, tempat wudhu dan MCK, rumah ibadah, dan lain-lain. Hal tersebut seperti:

Proyek Infrastruktur MTXL.
· Pembangunan Masjid di Luwuk, Sulawesi Tengah
· Renovasi Madrasah di Pontianak, Kalimantan Barat
· Pembangunan Jembatan di Padang Tikar, Kalimantan Barat yang sedang berjalan
· Air Bersid di Dairi, Sumatera Utara
· Air Bersih di Simalungun, Sumatera Utara
· Air Bersih di Brebes, Jawa Tengah
· Air Bersih di Bali
· Tempat Wudhu dan MCK di Makasar, Sulawesi Selatan
· Pembangunan Masjid di Maros, Sulawesi Selatan
· Renovasi sekolah di Langkat, Sumatera Utara
· Air bersih di Banyuasin, Sumatera Selatan
· Jembatan di Banyuasin, Sumatera Selatan
· Rumah ibadah (Masjid Soetiman) di Aceh
· Air siap minum di 5 masjid Bandung, Jawa Barat
· Rumah ibadah (Masjid Sadiah Binti Haddad Gandadiwirja) di Magetan, Jawa Timur
· Renovasi rumah dhuafa di Tuban, Jawa Timur
· Covid-19 Mobile Laboratory Diagnostic di Jakarta
· Fasilitas listrik di Sebongkup, Kalimantan Barat
· Jembatan di Lebak, Banten

Proyek wirausaha, antara lain :
· Budidaya hewan ternak di Sulawesi Tengah
· Keterampilan menjahit di Kalimantan Timur
· Smart Farm ikan gurame di Yogyakarta
· Smart eko wisata di Lampung
· Depot air isi ulang di Jawa Timur
· Smartfarm academy di Oku, Sumatera Selatan
· Budidaya ayam petelor di Lamongan

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk meningkatkan kualitas jaringan di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Tenggara. Saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau lebih dari 236 desa dan 124 kecamatan di Sulawesi Tenggara, dengan total lebih dari 680 BTS 4G yang melayani pelanggan di semua area tersebut.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *