Microsoft Menjadikan 2024 sebagai Tahun PC AI dengan Tombol Copilot Baru

0
Microsoft-Menjadikan-2024-sebagai-Tahun-PC-AI-dengan-Tombol-Copilot-Baru

Microsoft tampaknya ingin tahun 2024 ini menjadi “tahunnya AI PC”. Demi mewujudkannya, Microsoft memulainya dengan perubahan signifikan pada keyboard di laptop dan PC generasi terbaru.

Tombol Copilot baru akan dikirimkan ke berbagai PC dan laptop baru dari mitra Microsoft. Tombol yang satu ini akan memberikan akses cepat ke fitur AI generatif Microsoft Copilot dengan hanya menekan tombol keyboard.

Ternyata tombol Copilot ini merupakan perubahan besar pertama pada tata letak keyboard PC berbasis Windows dalam hampir tiga dekade. Tombol baru ini akan menggantikan tombol menu (application key) yang diperkenalkan bersamaan dengan tombol Windows beberapa dekade lalu.

Ini akan ditempatkan di sebelah tombol alt sebelah kanan pada sebagian besar keyboard. Penempatannya mungkin akan berbeda-beda tergantung OEM dan target pasar. Tombol ini hanya berfungsi untuk membuka fitur Microsoft Copilot yang ada di dalam Windows 11. Jika Microsoft Copilot belum tersedia di negara Anda, tombol ini akan meluncurkan Windows Search.

Sebetulnya tombol Windows yang ada saat ini dapat membuka menu Start untuk mengakses menu dan fitur pintasan favorit atau bisa juga menekannya dengan tombol lain untuk akses cepat. Namun Microsoft jelas ingin Copilot ini bisa diakses dengan lebih mudah, Anda dapat menanyakan apapun dengan gaya bahasa sehari-hari, mencari referensi, bahkan membuat gambar dengan bantuan AI.

Belum jelas, apakah Microsoft berencana mengizinkan pengguna menggunakan tombol Copilot bersama dengan tombol lain di masa mendatang. Microsoft dikabarkan akan segera meluncurkan model Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 yang akan dilengkapi tombol AI tersebut.

Saat ini, Microsoft juga sedang mengerjakan Windows refresh untuk tahun 2024 yang akan berfokus pada fitur AI baru dan menambahkan AI ke lebih banyak bagian dari software dan layanannya. Microsoft bahkan mengawali tahun ini dengan mencap Microsoft Edge sebagai “browser AI”.

Bagi yang ingin menjajal Microsoft Copilot, baru-baru ini aplikasi juga sudah tersedia di smartphone Android. Menawarkan pengalaman penggunaan Bing Chat yang lebih mulus, bahkan menyertakan akses gratis ke model GPT-4 terbaru dari OpenAI, sesuatu yang harus Anda bayar jika menggunakan ChatGPT.

Sumber: TheVerge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *