Review OPPO A98 5G, Performa Cukup Kuat dan Unggulkan 67W SUPERVOOC

1
Review-OPPO-A98-5G,-Model-Atas-Seri-A-dengan-Performa-Cukup-Kuat-dan-Unggulkan-67W-SUPERVOOC

Dari tahun ke tahun, smartphone seri A OPPO selalu menyumbang kontribusi terbesar bagi kedudukan OPPO di Indonesia. Selain menyasar segmen yang lebih luas, yaitu menengah ke bawah, amunisi perangkat seri A memang lebih beragam dengan rentang harga mulai dari satu hingga empat jutaan.

Kali ini, tim Hyperbit telah kedatangan model paling tinggi dari seri A OPPO yakni A98 5G. Sebagai penerus OPPO A96, generasi terbarunya ini mengusung peningkatan menyeluruh yang bisa dibilang signifikan. Termasuk penggunaan chipset Snapdragon 695 5G, kamera utama beresolusi tinggi 64MP, hingga fitur pengisian daya yang sangat cepat 67W SUPERVOOC.

Dijual dengan harga Rp4.899.000, berikut review OPPO A98 5G selengkapnya dan hal-hal yang perlu diketahui sebelum memilihnya sebagai daily driver.

Kamera Utama Beresolusi Tinggi 64MP

Kamera-Utama-Beresolusi-Tinggi-64MP

Belum lama ini, saya mengikuti kegiatan experience dengan perangkat seri A OPPO ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pada kesempatan tersebut, saya memanfaatkannya untuk menguji kemampuan kamera OPPO A98 5G secara mendalam di Taman Burung dan Museum Komodo.

Dalam hal spesifikasi, bagian belakang OPPO A98 5G memuat tiga unit kamera. Kamera utamanya beresolusi 64MP, ditemani dua kamera 2MP untuk kedalaman atau membantu mendapatkan foto portrait dengan efek bokeh cantik dan satunya memakai lensa microscope dengan perbesaran 40x. Sedangkan, kamera depannya diperbarui dengan sensor 32MP.

OPPO tidak mengungkap tipe sensor gambar yang digunakan pada kamera utamanya. Tetapi ukurannya tidak kecil, yaitu 1/1,98 inci dengan lensa wide 26mm, aperture f/1.7, dan PDAF. Setelah pixel binning 4-in-1, foto yang diambil beresolusi 16MP dengan piksel individu lebih besar untuk meningkatkan fotografi di cahaya rendah.

Berikut hasil jepretan kamera OPPO A98 5G:

Untuk aplikasi kameranya mudah digunakan, pada mode Photo masih terdapat fitur AI Scene Enhancement yang dapat mengoptimalkan warna, saturasi, dan kecerahan pada hasil foto. Serta, rangkaian fitur pendukung seperti Auto HDR, Hi-res, Retouch, dan Filter.

Pada mode Portrait, Depth of Field dapat disesuaikan dalam nilai aperture mulai dari f1.4 hingga f16. Ada opsi Retouch dan Filter khusus foto portrait yang salah satunya Bokeh Flare Portrait. Sedangkan di mode Video, baik kamera depan maupun belakang hanya dapat menghasilkan cuplikan 1080p 30fps, ini berarti kurang ideal untuk dijadikan mesin pembuat konten.

Snapdragon 695 5G dengan Perlindungan Kelancaran 48 Bulan

Snapdragon-695-5G-dengan-Perlindungan-Kelancaran-48-Bulan

Di sektor pemrosesan, OPPO A98 5G ditenagai oleh chipset yang lebih bertenaga dari Qualcomm yakni Snapdragon 695 5G. SoC yang dibangun pada proses fabrikasi 6 nm ini dibekali modem 5G Snapdragon X51 dan triple IPS Spectra 346T untuk membantu menangkap detail lebih baik saat memotret di kondisi cahaya rendah.

Dari segi CPU dan GPU, prosesor octa-core pada Snapdragon 695 5G terdiri dari dua inti performa Kryo 660 Gold yang berbasis Cortex-A78 dengan kecepatan clock hingga 2,2 GHz. Dipadukan dengan enam inti efisien Kryo 660 Silver (Cortex-A55) pada 1,8 GHz dan GPU Adreno 619.

OPPO memberikan konfigurasi memori yang lapang, RAM 8GB ditambah RAM expansion hingga 8GB. Sementara penyimpanan internalnya berkapasitas 256GB dan bisa diperluas dengan menyisipkan kartu microSD hingga 1TB. Di bawah ini hasil benchmark dari OPPO A98 5G:

Hasil-benchmark-OPPO-A98-5G

  • 3DMark Wild Life 1.217
  • 3DMark Wild Life Extreme 363
  • PCMark Work 3.0 9.539
  • Geekbench 6 Single-core 920
  • Geekbench 6 Multi-core 2.094
  • Geekbench 6 GPU Compute 1.384

Dengan kombinasi tersebut, OPPO A98 5G memang terasa lancar dalam mengoperasikan Android 13. Salah satu fitur spesial di ColorOS 13.1 ialah keberadaan pusat komputasi tingkat sistem OPPO bernama Dynamic Computing Engine, singkatnya dapat menghadirkan performa dan efisiensi yang maksimum.

Hal itu termasuk dapat menangani kegiatan multitasking dengan split screen atau floating window, serta memungkinkan membuka banyak aplikasi dan berpindah dengan lancar. OPPO juga dengan percaya diri memberikan jaminan “Perlindungan Kelancaran 48 bulan”, selama empat tahun kedepan performanya akan dijaga agar tetap lancar.

Untuk tes gaming, seperti biasa patorak saya adalah game Mobile Legends: Bang Bang. OPPO A98 5G dapat memainkannya dengan baik dengan pengaturan frame rate tinggi dan kualitas grafis pada level Ultra. Pengguna dapat menemukan pengaturan terkait gaming pada aplikasi Games,  fitur Game Toolkit bisa diakses saat bermain termasuk untuk mengaktifkan Pro Gamer Mode dan Game Focus Mode.

Fitur favorit saya dan pastinya akan membantu banyak pengguna OPPO A98 5G adalah kecepatan pengisian dayanya yang kilat yakni 67W SUPERVOOC. Kita dapat mengisi penuh baterai 5.000 mAh yang awet dalam 44 menit saja atau sekitar 18 menit untuk mencapai 50%. Lengkap dengan Battery Health Engine untuk menjaga baterai dalam kondisi prima hingga 1.600 siklus pengisian.

Desain OPPO Glow

Desain-OPPO-Glow

Beralih ke desain, jajaran model terbaru smartphone seri A OPPO tampak kompak mengadopsi bahasa desain stylish baru, termasuk OPPO A98 5G, A78 5G, A58, dan A38. Terutama desain modul kamera belakangnya, bentuknya lonjong dan diberikan penekanan oval sampai hampir ke bawah.

Unit review OPPO A98 5G yang saya pegang berwarna cerah yakni Dreamy Blue yang terlihat ‘glowing’. Sebab punggungnya memiliki sentuhan OPPO Glow yang mengeluarkan kilauan menarik dan warnanya bisa sedikit berubah sesuai dengan kemiringan atau penangkapan cahaya di sekitar.

OPPO Glow juga diklaim lebih tahan terhadap bekas sidik jari dan goresan, walau begitu OPPO tetap menyediakan soft case bawaan dan sudah terpasang anti gores pada layarnya. Selain itu, meski penampang belakang didesain agak melengkung, bingkainya tetap dibuat datar dengan ketebalan 8,2 mm dan berat 192 gram.

OPPO menempatkan tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari di sebelah kanan, sedangkan tombol volume dan SIM tray di sebelah kiri. Di sisi atas terdapat mikrofon sekunder dan earpiece yang dapat berfungsi ganda sebagai speaker kiri untuk menghadirkan suara stereo. Sedangkan jack audio 3,5mm, mikrofon utama, port USB-C, dan speaker utama disematkan di bawah.

Layar-OPPO-A98-5G

Berpindah ke aspek visual, OPPO A98 5G belum kebagian panel AMOLED dan masih mengandalkan IPS LCD yang berukuran 6,72 inci dengan resolusi FHD+. Kualitas layarnya bagus, bahkan sudah dibekali refresh rate tinggi 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz dan tingkat kecerahan puncak hingga 680 nits. Meski begitu mengingat harganya empat jutaan, tanpa AMOLED saya menganggapnya sebagai kekurangan minor.

Ke pengaturan layar, Anda akan menemukan beberapa fitur seperti Screen Color Mode yaitu Vivid dan Natural dengan temperature yang bisa disesuaikan. Lalu ada Eye Comfort yang bisa dijadwalkan, dengan opsi Black & White. Serta opsi refresh rate High atau Standard, dan sebagainya.

Verdict Review OPPO A98 5G

Verdict-Review-OPPO-A98-5G

Bertenaga chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G, memastikannya cukup kuat untuk menangani berbagai tugas sehari-hari, termasuk multitasking dengan perpindahan aplikasi yang lancar hingga bermain game. Namun fitur paling mengesankan adalah 67W SUPERVOOC yang sangat praktis dapat mengisi penuh baterai awet 5.000 mAh kurang dari satu jam.

Sebagai model paling atas dari perangkat seri A, di atas kertas OPPO A98 5G memiliki spesifikasi yang cukup menjanjikan. Paket yang tergolong bagus untuk harga empat jutaan, pengguna akan mendapatkan perangkat dengan desain menarik, layar 120Hz, kamera utama 64MP, dan performa andal. Tentu saja, banyak catatan di sana sini yang terkesan tanggung dan OPPO A98 5G juga akan menghadapi beberapa lawan yang tangguh di kategorinya.

Sparks

  • Kamera utama 64MP
  • Performa cukup kuat dengan Snapdragon 695 5G
  • Baterai 5.000 mAh dengan 67W SUPERVOOC
  • Desain kekinian dengan OPPO Glow

Slacks

  • Tanpa kamera dengan lensa ultrawide
  • Belum pakai panel AMOLED

1 thought on “Review OPPO A98 5G, Performa Cukup Kuat dan Unggulkan 67W SUPERVOOC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *