Network Digital Map Komersil Pertama di Asia Pasifik Dibawa oleh XL Axiata dan Huawei

0

XL Axiata dan Huawei sukses menggelar uji coba live Network Digital Map di Indonesia. Ini menjadi bukti bahwa Network Digital Map yang berbasis pada arsitektur jaringan (E2E) SRv6 end-to-end dan teknologi automasi software-defined networking (SDN) menjadi kunci bagi XL Axiata dalam memperkokoh fondasi digital untuk jaringan otonom miliknya.

Network Digital Map mendukung optimalisasi lalu lintas di jaringan, proses load balancing otomatis, hingga dalam mengoptimalkan efisiensi bandwidth. Dari sisi pemangkasan tingkat latensi, teknologi ini bisa menyelesaikan optimasi dan perbaikan-perbaikan secara mandiri dalam hitungan menit.

XL Axiata dan Huawei akan bekerja sama dalam menggelar IP transport network terkonvergensi yang cerdas dan telah terautomasi di seluruh jaringan XL Axiata, selaras dengan visi mereka dalam mewujudkan jaringan otonom.

I Gede Darmayusa, CTO XL Axiata, mengatakan bahwa Network Digital Map akan membantu XL Axiata dalam mewujudkan visinya untuk menjadi operator konvergensi terdepan di Indonesia. Network Digital Map ini akan menjadi fondasi digital yang kuat bagi XL Axiata untuk mengembangkan jaringan otonom yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan di masa depan.

Hui Wang, Vice President Data Communication Product Line Huawei, mengatakan bahwa Network Digital Map akan menjadi katalisator bagi transformasi digital di Indonesia. Network Digital Map akan membantu XL Axiata dalam memberikan pengalaman digital yang lebih baik bagi pelanggan.

Network Digital Map memiliki tiga keunggulan utama, yaitu:

  • Visualisasi jaringan secara real-time, yang memberikan gambaran yang lebih jelas kepada pengguna mengenai struktur jaringan, efisiensi bandwidth, dan latensi.
  • Pemeriksaan dan penjaminan kapasitas SLA, yang memungkinkan adanya pemberian jaminan SLA untuk layanan private line.
  • Pengoptimalan jaringan secara otomatis berdasarkan insiden, yang mendukung proses load balancing yang makin baik, serta memaksimalkan seluruh potensi yang terdapat pada sumber daya jaringan secara penuh.

Ke depannya, XL Axiata dan Huawei berencana akan makin memperkuat jalinan kerjasama dalam memperkokoh fondasi digital dan meningkatkan penggelaran komersial berskala besar dari Network Digital Map dan otomatisasi E2E SRv6 yang bertumpu pada pelanggan.

XL Axiata dan Huawei juga akan menghadirkan layanan transport IP terkonvergensi yang otomatis dan cerdas dengan pengalaman yang kian optimal, menjadi yang terdepan dalam turut mewujudkan transformasi digital di kawasan Asia Pasifik, serta menjadi tolok ukur bagi pertumbuhan ekonomi digital global.

Featured Image: Bing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *