Kaspersky Berikan Tips untuk Keamanan para UMKM

0

UMKM di Indonesia telah menunjukkan perkembangan pesat. Perekonomian nasional di triwulan II 2023 mengalami pertumbuhan 5,17% dibanding tahun sebelumnya. Sektor UMKM menjadi pendorong pertumbuhan ini, dengan 99% dari total pelaku usaha di Indonesia berasal dari sektor ini.

Namun, perkembangan positif ini terancam oleh ancaman siber. Laporan Kaspersky menunjukkan bahwa penjahat siber semakin menargetkan UMKM. Penelitian mereka menemukan bahwa aplikasi populer seperti MS Office dan Skype kerap disusupi oleh malware. Dalam enam bulan pertama tahun ini, 730 karyawan UMKM di Indonesia terkena malware semacam itu, meskipun angka ini menurun dari 923 pada tahun 2022.

Istilah “malware” mengacu pada perangkat lunak yang dirancang untuk merusak. Serangan semacam ini dapat melumpuhkan perangkat, mencuri data, dan berdampak pada bisnis, pelanggan, dan karyawan. Terdapat 839 file malware unik pada paruh pertama 2023, meningkat dari 375 tahun sebelumnya. Kaspersky memblokir hampir 12.000 file berbahaya pada paruh pertama 2023, naik dari 6.534 pada 2022.

Yeo Siang Tiong dari Kaspersky mengatakan UMKM harus meningkatkan pertahanan siber mereka. Langkah pertama adalah mengidentifikasi ancaman keamanan dan menetapkan kebijakan pengendalian. Ia juga menekankan pentingnya pendidikan keamanan bagi staf dan menyarankan langkah-langkah seperti simulasi serangan phishing, pelatihan keamanan dasar, perlindungan Microsoft 365, kontrol akses data, cadangan data rutin, pedoman penggunaan layanan eksternal, penguatan kata sandi, dan layanan profesional keamanan.

Kaspersky menawarkan berbagai solusi untuk UMKM. Salah satunya adalah Kaspersky Endpoint Security for Business, yang menawarkan perlindungan tingkat lanjut. UMKM di Indonesia juga mendapatkan promo khusus dari Kaspersky, dengan perlindungan dua tahun seharga satu tahun, termasuk dukungan 24×7. Kaspersky mengklaim bahwa mereka telah mendeteksi ribuan serangan yang khusus ditujukan untuk pelaku UMKM di Indoneisa.

Ancaman menyasar UMKM di Indonesia Paruh pertama 2022 Paruh pertama 2023
File unik (malware unik terdeteksi dan diblokir oleh Kaspersky) 375 839
Pengguna unik (jumlah karyawan UMKM yang menggunakan kaspersky) 923 730
Serangan unik (berapa kali penjahat siber mencoba menyerang) 6,534 11,969

Penting bagi UMKM untuk tetap waspada terhadap ancaman siber, karena dampaknya bisa fatal baik dari sisi finansial maupun reputasi.

Untuk melindungi bisnis dari ancaman siber, Kaspersky menganjurkan para pelaku UMKM untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pelatih staf Anda tentang keamanan siber dan kenali email phishing.
  2. Lindungi Microsoft 365 Anda dengan solusi keamanan seperti Kaspersky Security.
  3. Kontrol akses ke aset perusahaan dan gunakan perangkat lunak untuk memantau aktivitas cloud.
  4. Backup data penting secara berkala.
  5. Berikan pedoman karyawan untuk penggunaan sumber daya eksternal.
  6. Anjurkan pembuatan kata sandi kuat dan gunakan autentikasi multifaktor.
  7. Manfaatkan Layanan Profesional Kaspersky untuk UMKM.
  8. Gunakan solusi keamanan titik akhir.
  9. Terapkan konsep pertahanan komprehensif, misalnya dengan platform Kaspersky XDR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *