Kabarnya Xiaomi 14 Bakal Diluncurkan bulan Ini Setelah Snapdragon 8 Gen 3

0

Ada berita teknologi terbaru datang dari Qualcomm dan Xiaomi. Qualcomm yang merupakan perusahaan semikonduktor dan telekomunikasi  telah mengumumkan bahwa Snapdragon Summit 2023 akan diadakan pada 24 hingga 26 Oktober. Dalam acara tersebut, mereka diperkirakan akan merilis System on Chip terbaru, yaitu Snapdragon 8 Gen 3. Platform ini akan menjadi pusat dari beberapa smartphone flagship yang akan dirilis setelahnya.

Salah satu smartphone yang bakal menggunakan SoC ini adalah Xiaomi 14. Menurut beberapa blogger digital dan personel toko offline Xiaomi, acara peluncuran smartphone Xiaomi 14 akan digelar pada 27 Oktober. Smartphone ini telah mendapatkan sertifikasi lengkap, termasuk sertifikasi akses jaringan Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi di Tiongkok, sertifikasi 3C, dan persetujuan jaringan radio.

Xiaomi 14 diharapkan membawa peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya. Selain peningkatan prosesor konvensional, Xiaomi 14 juga ditingkatkan dalam hal layar, gambar, pengisian cepat, baterai, dan motor. Xiaomi 14 Pro bahkan mungkin dilengkapi dengan pengisian cepat 90W atau 120W.

Menurut sumber internal Xiaomi, dua produk baru dari seri Xiaomi 14 diposisikan untuk bersaing dengan iPhone 15 Pro / Pro Max. Perangkat Xiaomi 14 diduga akan tiba dengan desain baru, kamera Leica dengan tiga focus length yang berbeda, dan  akan memakai MIUI 15 berbasis Android 14. Produksi massal dari perangkat ini sendiri telah dimulai dan tinggal menunggu acara peluncuran resminya di Tiongkok.

Snapdragon 8 Gen 3

Snapdragon 8 Gen 3 (dengan kode SM8650) sendiri menawarkan konfigurasi inti “1+5+2”, yang berbeda dari pengaturan “1+2+2+3” dari Snapdragon 8 Gen 2. Ini menunjukkan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 dapat menghadirkan performance core yang lebih kuat dan frekuensi clock yang lebih tinggi. Chip ini menggunakan proses N4P TSMC dan dilengkapi dengan prosesor kencang Cortex-X4, lima inti prosesor A720, dua inti prosesor A520, dan GPU Adreno 750 terbaru.

GPU Adreno 750 dari Snapdragon 8 Gen 3 akan memiliki kinerja yang “sangat meningkat” dan akan dilengkapi dengan cache L3 sebesar 10MB menurut sumber bernama Ice Universe. Dari hasil pengujian terbaru, GPU Snapdragon 8 Gen 3 menunjukkan peningkatan kinerja sebesar 50% dibandingkan pendahulunya.

Selain itu, beberapa smartphone lain yang dilengkapi dengan chip Snapdragon 8 Gen 3 Qualcomm juga diharapkan akan meluncur pada bulan November. Ini termasuk smartphone seri vivo X100, seri iQOO 12, seri Redmi K70, OnePlus 12, dan realme GT5 Pro.

Sumber: ITHome

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *