Monitor Gaming OLED Samsung Odyssey Hadir Dalam Tiga Ukuran dan Refresh Rate Hingga 360Hz

0
Monitor-Gaming-OLED-Samsung-Odyssey-Hadir-Dalam-Tiga-Ukuran-dan-Refresh-Rate-Hingga-360Hz

Samsung telah mengumumkan tiga monitor gaming terbarunya menjelang acara CES 2024. Mulai dari monitor gaming curved ultra-wide 49 inci Odyssey OLED G9 (G95SD), monitor flat 32 inci Odyssey OLED G8 (G80SD), dan monitor flat 27 inci Odyssey OLED G6 (G60SD). Dua yang terakhir merupakan monitor flat pertama yang dibawa Samsung ke jajaran Odyssey.

Mari bahas dari yang paling besar, Odyssey OLED G9 adalah monitor gaming OLED dengan layar curved atau lengkung ultra-wide berukuran 49 inci dan dibekali refresh rate 240Hz. Resolusinya 144p (5.120×1.440 piksel) dengan rasio aspek 32:9, sehingga terlihat seperti gabungan dua layar 16:9 yang berdampingan dan tentu saja melengkung.

Odyssey-OLED-G9
Samsung Odyssey OLED G9

Bagi yang kurang suka dengan layar lengkung, untuk pertama kalinya seri Odyssey membawa monitor gaming dengan layar OLED datar yakni Odyssey OLED G8 berukuran 32 inci. Ditopang resolusi lebih tinggi 4K (3.840×2.160 piksel) dalam rasio aspek 16:9 dan memiliki refresh rate 240Hz.

Odyssey OLED G9 dan Odyssey OLED G8 memiliki tingkat response time 0,03ms. Mereka juga dapat berperan sebagai Smart TV berbasis Tizen dan mendukung Samsung Gaming Hub. Pengguna juga dapat menggunakan layanan streaming game tanpa PC atau konsol terpasang.

Odyssey-OLED-G8
Samsung Odyssey OLED G8

Sebagai bagian dari ekosistem Samsung SmartThings Hub, pengguna dapat mengontrol perangkat smart home menggunakan protokol Matter dan Home Connectivity Alliance. Kedua monitor gaming tersebut juga mendukung fitur Multi Control baru yang memungkinkan Anda menyalin dan menempelkan teks atau gambar dengan mudah antar perangkat Samsung yang terhubung ke monitor.

Sekarang beralih ke Odyssey OLED G6, ini juga merupakan monitor gaming dengan layar OLED datar dengan ukuran lebih kecil yakni 27 inci. Disokong resolusi QHD (2.560×1440 piksel) dalam rasio aspek 16:9. Bagian yang menarik, Odyssey OLED G6 berjalan pada refresh rate yang lebih tinggi hingga 360Hz tetapi dengan response time GTG 0,03ms yang sama.

Odyssey-OLED-G6
Samsung Odyssey OLED G6

Ketiga monitor gaming OLED terbaru Samsung ini telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 400 dan mendukung AMD FreeSync Premium Pro untuk gaming dengan refresh rate variabel. Mereka juga dibekali dengan opsi konektivitas yang kaya, termasuk dua port HDMI 2.1 dan hub USB internal.

Selain itu, terdapat input DisplayPort 1.4, sehingga Anda dapat menyambungkan ke laptop yang kompatibel (bahkan smartphone maupun tablet) dengan satu kabel USB-C untuk daya, video, dan data. Dudukannya dapat disesuaikan dengan titik kontrol kemiringan, putar, dan pivot. Mereka juga memiliki Core Lighting atau pencahayaan RGB di bagian belakang monitor untuk menambah suasana kala bermain game.

Samsung akan memamerkan ketika monitor gaming OLED tersebut di ajang CES 2024 minggu depan. Termasuk pengumuman mengenai harga dan ketersediaan Odyssey OLED G9, G8, dan G6 di pasaran.

Sumber: GSMArena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *