Mediatek Jelaskan Dimensity 8300 Ultra, Bakal Digunakan pada Poco X6 Pro 5G

0

POCO X6 Pro 5G telah memasuki panggung global sebagai perangkat canggih dengan MediaTek Dimensity 8300-Ultra, chipset yang menawarkan kinerja paling ekstrem dalam segmen smartphone. Diklaim memiliki kecerdasan tingkat tinggi dan efisiensi yang luar biasa, Dimensity 8300-Ultra membawa pengalaman baru bagi para pengguna.

Menurut Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, “Kinerja Dimensity 8300-Ultra berhasil mengoptimalkan performa POCO X6 Pro 5G yang baru saja dirilis di pasar global. Dengan demikian, para penggemar POCO dapat menikmati performa ekstrem setiap hari, didukung oleh kebijakan harga yang kompetitif dari POCO.”

Thomas Chen, Product Marketing Manager of Smartphone Business Unit di MediaTek, juga menyampaikan, “Dimensity 8300 membuka peluang baru untuk POCO X6 Pro 5G dengan kinerja yang tak tertandingi, hiburan hyper-realistik, dan konektivitas tanpa hambatan, tanpa mengorbankan efisiensi.”

Keunggulan utama Dimensity 8300-Ultra yang mendukung performa ekstrem POCO X6 Pro 5G antara lain efisiensi daya yang luar biasa. Dengan menggunakan proses manufaktur 4nm generasi ke-2 TSMC, chipset ini memiliki CPU octa-core yang memberikan kinerja 20% lebih cepat dan hemat daya hingga 30% dibandingkan generasi sebelumnya. GPU Mali-G615 MC6 pada Dimensity 8300-Ultra juga mengalami peningkatan kinerja sebesar 60% dengan efisiensi daya 55% lebih baik.

Keberadaan generative AI menjadi fitur menarik lainnya. MediaTek Dimensity 8300-Ultra menjadi chipset pertama dalam seri 8000 yang mendukung AI generatif penuh, memanfaatkan prosesor AI APU 780. Hal ini memungkinkan pengembang teknologi untuk menciptakan aplikasi inovatif dengan memanfaatkan model bahasa besar hingga 10B, serta difusi yang stabil.

Sebagai pendukung kemampuan kamera, MediaTek Imagiq 980 dan HDR-ISP 14-bit memberikan kemampuan fotografi premium dan perekaman video 4K60 HDR yang tajam dan jernih. Sementara teknologi game adaptif HyperEngine generasi berikutnya memberikan penghematan daya lebih lanjut, memastikan pengalaman bermain game yang lancar dengan baterai yang lebih tahan lama.

Fitur Display MediaTek MiraVision 880 dan MediaTek AI-PQ untuk smartphone pada Dimensity 8300-Ultra memastikan kualitas gambar maksimal dengan menganalisis adegan dalam streaming video secara real-time.

Dengan modem 5G standar 3GPP Release-16 terintegrasi, Dimensity 8300-Ultra memberikan konektivitas ultra-cepat dengan jangkauan lebih jauh. Optimalisasi spesifik pada modem meningkatkan kinerja dan jangkauan sub-6GHz untuk pengalaman konektivitas yang lebih handal.

“Dengan keunggulan-keunggulan ini, tak heran jika POCO X6 Pro 5G menjadi salah satu smartphone favorit di kelasnya,” tambah Bung Andi. Dengan kombinasi performa ekstrem, efisiensi daya, dan kemampuan AI, POCO X6 Pro 5G dengan Dimensity 8300-Ultra menjadi pilihan menarik di pasar global.

Jauh lebih kencang dari Dimensity 8200 Ultra

Saat memegang perangkat Poco X6 Pro, tentunya hal pertama yang saya akan lakukan adalah melakukan benchmarking. Saya selalu membawa Antutu 10 ke mana saja agar bisa melakukan pengujian on the spot. Tanpa berlama lagi, berikut adalah hasil dari Antutu 10 pada Poco X6 Pro 5G.

Saya cukup bingung dengan hasilnya. Tertulis skor abnormal pada bagian memori, namun hal tersebut hanyalah bagian pengujian penulisan pada UFS 4.0. Saat menguji Xiaomi 13T yang memakai Dimensity 8200 Ultra, skornya jauh di bawah perangkat ini.. Semoga saja Poco mau memberikan unit review kepada saya agar bisa diuji lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *