Xiaomi kembali membuat gebrakan di dunia otomotif dengan mengumumkan SUV listrik terbarunya, YU7. CEO Xiaomi, Lei Jun, secara resmi mengonfirmasi keberadaan YU7 dan membagikan beberapa foto terbaru kendaraan tersebut. Pengumuman ini datang setelah bocoran informasi yang beredar sehari sebelumnya.
Dalam pernyataannya, Lei Jun menekankan pentingnya uji jalan yang ekstensif untuk memastikan kualitas produk. “Menghilangkan kamuflase berat memungkinkan kami melakukan uji coba yang lebih komprehensif, detail, dan berskala besar untuk menjamin kualitas produk dan memberikan kendaraan yang unggul,” ujarnya.
YU7 menggunakan bahasa desain yang sama dengan SUV populer Xiaomi sebelumnya, SU7. Bagian depan YU7 mempertahankan tampilan tertutup dengan bentuk lampu depan dan fascia yang sudah dikenal. Profil belakangnya dilengkapi dengan lampu belakang yang membentang penuh dan spoiler atap, memberikan kesan sporty pada kendaraan ini.
SUV terbaru ini memiliki dimensi panjang 4.999 mm, lebar 1.996 mm, dan tinggi 1.600 mm, dengan jarak sumbu roda 3.000 mm. YU7 menawarkan konfigurasi tempat duduk untuk lima orang, meskipun dengan panjang tersebut, konfigurasi tujuh tempat duduk mungkin akan tersedia di masa mendatang.
YU7 ditenagai oleh sistem motor ganda, dengan motor depan menghasilkan daya maksimum 220 kW dan motor belakang menghasilkan 288 kW. Spesifikasi awal yang diungkapkan oleh pengajuan MIIT menunjukkan bahwa ini adalah powertrain yang sama dengan yang ditemukan pada SU7 AWD. Jika benar, baterainya harus memiliki kapasitas 101 kWh yang sama, yang seharusnya memberikan jarak tempuh yang layak.
Nama YU7 telah memicu rasa penasaran dan spekulasi di dunia maya. Menanggapi hal ini, Lei Jun menjelaskan bahwa pengucapannya adalah “YU-7,” mengikuti konvensi yang ditetapkan oleh SU7, yang diucapkan sebagai “Su 7”.
Meskipun detail harga resmi masih dirahasiakan, YU7 diperkirakan akan sedikit lebih mahal daripada SU7, yang dibanderol mulai dari RMB 215.900 (sekitar 474 juta rupiah). Kita akan melihat apakah YU7 mampu mengulangi kesuksesan sedan saudaranya, yang saat ini mendekati penjualan 120.000 unit dalam waktu kurang dari setahun.