NVIDIA dan Indosat Kerjasama, Bangun Lanskap AI Indonesia

0

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan NVIDIA menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) di Mobile World Congress (MWC) 2024 Barcelona. Hal tersebut tentu saja untuk membangun lanskap teknologi AI atau kecerdasan buatan di Indonesia serta membuka jalan bagi masa depan yang sejahtera dan berdaya secara digital. Kolaborasi ini menandakan langkah penting bagi Indonesia untuk menjadi pemimpin dalam komunitas AI Cloud global.

Indosat, melalui anak usahanya Lintasarta, akan menjadi NVIDIA Cloud Provider Partner pertama di Indonesia. Lintasarta akan menghadirkan platform AI full-stack NVIDIA untuk pelaku bisnis di Indonesia, menyediakan akses ke teknologi GPU termutakhir dan pusat data high-density. Layanan AI Cloud ini akan mengembangkan pusat data generasi baru yang berkelanjutan, hyper-connected, dan dilengkapi kecerdasan buatan.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan bahwa kolaborasi ini menandai momentum penting bagi perjalanan Indonesia menuju bangsa digital global yang didukung oleh kemampuan AI. Teknologi ini nantinya akan diimplementasikan pada pusat data yang diidioperasikan oleh BDx Indonesia, sebuah perusahaan patungan Indosat Ooredoo Hutchison, Lintasarta, dan BDx Data Centers. Sebagai technology powerhouse, Indosat Ooredoo Hutchison bercita-cita menjadi salah satu penggerak utama dari demokratisasi digitalisasi di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan komitmen jangka panjang kami untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia. Kolaborasi dengan NVIDIA akan memainkan peranan krusial dalam mencapai visi tersebut.

Kolaborasi ini akan membuka akses bagi berbagai institusi, baik pemerintah, swasta, maupun startup, untuk menggunakan platform AI Cloud yang canggih. Platform ini akan membantu meningkatkan produktivitas, optimalisasi proses, dan efisiensi operasional di berbagai industri. Indosat Ooredoo Hutchison, melalui pusat datanya, akan mewujudkan platform AI yang berdaulat untuk mendorong inovasi di berbagai sektor.

Teknologi AI mutakhir ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya operasional di berbagai industri. Indosat Ooredoo Hutchison berkomitmen untuk menjadi salah satu penggerak utama dari demokratisasi digitalisasi di Indonesia.

Lintasarta, dengan keahliannya dan kekuatan NVIDIA, siap untuk merevolusi lanskap digital Indonesia. Kolaborasi ini akan memimpin jalan menuju inovasi dan menciptakan masa depan digital yang berkelanjutan melalui implementasi teknologi tinggi di sektor pusat data. Indosat Ooredoo Hutchison dan NVIDIA berkomitmen untuk membangun masa depan AI yang cerah di Indonesia. Kolaborasi ini akan membantu Indonesia menjadi pemimpin dalam komunitas AI Cloud global dan mendorong transformasi digital bangsa.

Melalui kolaborasi ini pula, Indosat Ooredoo Hutchison group menempatkan dirinya sebagai pusat ekosistem digital yang komprehensif yang mencakup saluran, konektivitas, pusat data, dan sistem pembayaran, sehingga mendorong evolusi digital bangsa seraya memanfaatkan teknologi mutakhir dalam perjalanan transformasi digitalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *