Indosat Integrasikan NVIDIA Blackwell pada Infrastrukturnya

0

Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) mengumumkan integrasi platform NVIDIA Blackwell ke dalam infrastrukturnya. Langkah ini bertujuan untuk memberdayakan Indonesia memasuki era baru kemajuan teknologi berbasis kedaulatan AI.

Platform Blackwell akan mendorong pemanfaatan AI dan machine learning di Indonesia untuk memicu inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan kedaulatan bangsa. Teknologi transformatif platform ini siap membawa gelombang inovasi dalam layanan AI cloud di Indonesia.

 

“Integrasi ini menegaskan komitmen kami terhadap kemajuan teknologi dan kedaulatan nasional,” kata Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat. “Teknologi Blackwell membawa kita lebih dekat untuk memberdayakan Indonesia dan memimpin perubahan dalam kedaulatan AI, mendorong inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan kemakmuran bagi generasi mendatang.”

Bayu Hanantasena, President Director and CEO Lintasarta, menambahkan, “Penambahan teknologi NVIDIA ini mendukung perjalanan kami untuk menjadi penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia, mendorong perluasan jaringan kami lebih jauh lagi.”

“Kedaulatan AI menjadi perhatian utama negara-negara yang ingin mengakselerasi inovasi dan meningkatkan produktivitas,” kata Ronnie Vasishta, Senior Vice President Telecom NVIDIA. “Dengan platform Blackwell, Indosat siap mengembangkan bisnisnya dan mendorong pengembangan Large Language Model yang akan membantu memberdayakan Indonesia dengan AI generatif.”

Membuka Peluang Baru dengan AI dan Machine Learning

Indosat memanfaatkan GPU Tensor Core NVIDIA berbasis platform Blackwell untuk mempercepat beban kerja inferensi, memungkinkan kinerja real-time untuk model bahasa multitriliun-parameter.

Teknologi ini membuka peluang baru bagi berbagai industri untuk memanfaatkan potensi penuh AI dan machine learning untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan inovasi.

Indosat juga akan memanfaatkan GPU Tensor Core NVIDIA, yang tersedia di NVIDIA DGX Cloud. Layanan superkomputasi AI ini memberikan akses langsung kepada perusahaan untuk infrastruktur dan perangkat lunak yang diperlukan untuk melatih model AI generatif yang canggih.

Indosat pertama kali mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan NVIDIA di Mobile World Congress 2024 pada Februari lalu. Kini, Indonesia memulai perjalanan menuju keunggulan teknologi dan daya saing global, dan Indosat berdiri di garis depan, mendorong bangsa ini menuju masa depan inovasi, peluang, dan kemajuan.

Dengan platform NVIDIA Blackwell, Indosat siap untuk membuka potensi penuh AI dan machine learning, serta membantu Indonesia menegaskan dirinya sebagai kekuatan global dalam era baru kedaulatan AI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *