Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Switch, Pertimbangan Sebelum Membelinya

0
kelebihan-dan-kekurangan-nintendo-switch-1

Foto: Website Nintendo Switch

Nintendo Switch adalah konsol game hybrid yang menawarkan pengalaman bermain game yang unik dan fleksibel. Memungkinkan Anda bermain game di layar televisi yang besar bersama keluarga dan teman-teman, mode tablet atau secara handheld di mana saja. Cocok untuk menemani aktivitas liburan NATARU.

Konsol game ini menawarkan berbagai macam game, dari game eksklusif Nintendo hingga game multiplatform. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan konsol game Nintendo Switch yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Kelebihan Nintendo Switch

kelebihan-dan-kekurangan-nintendo-switch
Foto: IG Nintendo Switches

1. Konsol Hybrid yang Portabel

Sebagai konsol game hybrid, skenario terbaik menggunakan Nintendo Switch adalah Anda bisa bermain di layar besar seperti TV atau monitor dan kemudian bisa melanjutkannya bahkan saat bepergian. Walaupun video output yang didukung dengan TV hanya sampai resolusi 1080p pada 60fps.

Bagi gamer yang tidak memiliki setup TV dan PC, Nintendo Switch bisa menjadi pilihan yang tepat karena bisa berfungsi sebagai handheld gaming standalone. Jadi, benar-benar bisa berfungsi secara mandiri dan portabel yang memungkinkan membawanya ke mana saja dan bermain game di mana saja seperti halnya smartphone.

2. Harga Relatif Terjangkau

Dibandingkan dengan konsol game lain, harga konsol Nintendo Switch tidak kelewat mahal. Ada tiga model yang bisa dibeli saat ini, mulai dari Nintendo Switch Lite yang dijual sekitar Rp2.349.000. Namun perlu dicatat, model Lite ini adalah handheld gaming yang sebenarnya dan tidak bisa disambungkan ke TV.

Untuk model hybrid, bisa pilih Nintendo Switch V2 yang dijual mulai dari Rp3,5 jutaan. Sementara model terbaru, Nintendo Switch OLED dengan ukuran layar lebih besar dan cerah yang dijual mulai dari Rp4 jutaan. Harganya bervariasi tergantung region dan edisi yang dipilih dengan warna Joy-Con controller berbeda-beda.

3. Game Eksklusif

Nintendo Switch memiliki sejumlah game eksklusif yang hanya bisa ditemukan di sistem ini. Mulai dari rangkaian game dari karakter Super Mario seperti yang terbaru Super Mario Bros Wonder, Super Mario RPG, Princess Peach Showtime, Mario vs. Donkey Kong, dan banyak lagi.

Kemudian rangkaian game eksklusif Nintendo seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild, The Legend of Zelda: Tears of the King, Detective Pikachu Returns, Pokemon Scarlet and Violet, Pokemon Legends: Arceus, dan sebagainya. Ditambah sejumlah game multiplatform yang populer.

Kekurangan Nintendo Switch

kelebihan-dan-kekurangan-nintendo-switch-2
Foto: Website Nintendo Switch

1. Kinerja Grafis Terbatas

Sejak pertama kali merilis Switch di tahun 2017, Nintendo tidak membuat peningkatan signifikan dari segi hardware. Kalau dibandingkan dengan konsol game terbaru seperti PlayStation 5 atau Xbox Series X, mesin Nintendo Switch OLED yang dirilis tahun 2021 tidak terlalu kuat.

Hal ini disebabkan oleh desain Nintendo Switch yang hybrid, sehingga konsol ini harus memenuhi dua kebutuhan sekaligus, yaitu portabilitas dan performa. Kekurangan kekuatan mesin ini dapat terlihat pada kualitas grafis game-game Nintendo Switch.

Meskipun demikian, kekurangan kekuatan mesin Nintendo Switch ini tidak terlalu menjadi masalah bagi sebagian besar pemain. Hal ini karena Nintendo Switch menawarkan berbagai macam game yang menarik, termasuk beberapa game eksklusif yang dioptimalkan di konsol ini.

2. Perpustakaan Game Terbatas

Nintendo Switch memiliki rangkaian game eksklusif dan sejumlah game multiplatform populer. Namun jika dibandingkan perpustakaan game yang ada di konsol PlayStation, Xbox, dan PC, perpustakaan game di Switch masih tergolong terbatas.

Para gamer PC dan konsol lain mungkin tidak terlalu puas dengan koleksi game yang ada. Kecuali jika Anda benar-benar penggemar game eksklusif dari Nintendo dan berangkat dari platform mobile yang belum mencoba game PC dan konsol.

3. Harga Game Eksklusif yang Mahal

Harga game eksklusif dari Nintendo dan game multiplatform populer memang relatif mahal dan stabil, sebetulnya itu berlaku pada platform konsol lain. Di Nintendo Switch, Anda bisa membeli game dalam bentuk fisik, yang mana jika sudah Anda tamatkan atau sudah bosan, bisa Anda jual kembali dan tukar tambah dengan game baru lainnya.

Judul game gratis di Nintendo eShop terbatas jumlahnya, tetapi Nintendo selalu menyediakan deals untuk pembelian game digital tertentu. Sebagai alternatif, Anda bisa berburu game murah yang sedang di diskon dengan harga $1.99 dan cukup banyak game di bawah $5 yang menarik untuk dicoba.

Penutup Pertimbangan Sebelum Membeli Nintendo Switch

Nintendo Switch adalah konsol game yang menarik, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dibahas di atas. Sekali lagi, ia adalah konsol hybrid yang bisa dimainkan dengan mode TV, mode tablet, dan mode handheld yang tidak dimiliki oleh konsol game lainnya.

Pertimbangan lainnya tinggal kecocokan perpustakaan game yang ada di sistem Nintendo Switch saja. Tepat bagi Anda yang menyukai judul game eksklusifnya, meski jumlah judul game multiplatformnya terbatas.

Namun deals untuk pembelian game digital murah di Nintendo eShop bisa Anda ditelusuri secara rutin. Karena sangat mungkin Anda menemukan game yang menyenangkan untuk dimainkan tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *