Ad imageAd image

Intel Berencana Gunakan Teknologi 3D Cache di Masa Depan

Dimas Galih Windudjati

Setiap tahunnya, Intel mengadakan ajang Innovation Day. Intel Innovation Day adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Intel untuk memperkenalkan dan membahas perkembangan terbaru mereka dalam teknologi dan produk. Pada tahun 2023, acara ini diadakan pada bulan September.

Pada ajang Innovation 2023, CEO Intel Pat Gelsinger mengadakan sesi tanya jawab dengan pers. Menanggapi pertanyaan tentang apakah Intel akan mengadopsi pendekatan cache 3D seperti yang dilakukan AMD dengan prosesor 3D V-Cache-nya, ia mengkonfirmasi bahwa Intel akan menggunakan pendekatan yang sedikit berbeda, tetapi juga akan menggunakan memori cache bertumpuk yang dipasangkan dengan die CPU. Nantinya teknologi ini akan hadir untuk prosesor Intel yang berbeda, bukan pada Meteor Lake.

Gelsinger mengatakan bahwa ketika menyebut V-Cache, maka perbincangan akan menyasar tentang teknologi yang sangat spesifik yang dilakukan TSMC dengan beberapa pelanggannya. Namun ia menambahkan bahwa Intel melakukannya secara berbeda, dan teknologi tersebut bukan bagian dari Meteor Lake.

Tetapi dalam roadmap Intel, Anda melihat gagasan tentang silikon 3D di mana Intel akan memiliki cache pada satu die, dan akan memiliki komputasi CPU pada die bertumpuk di atasnya, dan menggunakan EMIB di mana Foveros Intel akan dapat menghasilkan kapabilitas yang berbeda.

“Kami merasa sangat baik karena kami memiliki kemampuan canggih untuk arsitektur memori generasi berikutnya, keunggulan untuk 3D stacking, baik untuk little die, maupun untuk paket yang sangat besar untuk AI dan server berperforma tinggi juga. Jadi, kami memiliki semua keluasan teknologi tersebut. Kami akan menggunakannya untuk produk kami, serta menyajikannya kepada pelanggan Foundry (IFS) juga,” pungkas Gelsinger.

Dengan rencana tersebut, bisa jadi prosesor Intel bakal memiliki kinerja yang lebih kencang dibandingkan sebelumnya. Apalagi karena teknologi 3D V-Cache bukan spesifik milik AMD semata. AMD menggunakan teknologi ini dan terbukti memiliki lompatan kinerja yang cukup jauh. Bahkan, teknologi ini digunakan oleh AMD pada prosesor EPYC seri-X-nya, seperti Genoa-X.

Semoga saja, Intel bisa menghadirkan teknologi tersebut dalam waktu cepat.

Sumber: Tomshardware

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *