5 Fitur Unggulan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, Chipset Smartphone Flagship Tahun 2024

0
fitur-unggulan-qualcomm-snapdragon-8-gen-3

Snapdragon 8 Gen 3 adalah chipset terbaru dengan teknologi paling mutakhir dari Qualcomm. SoC yang dibangun pada process node 4 nm TSMC akan menenagai sebagian besar smartphone Android flagship keluaran tahun 2024 mendatang. Simak sejumlah keunggulan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 berikut ini.

1. CPU Kryo Baru Cortex-X4

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, CPU octa-core pada Snapdragon 8 Gen 3 menjanjikan peningkatan performa hingga 30% dan efisiensi daya sebanyak 20%. Qualcomm menggunakan prosesor Kryo baru dengan konfigurasi, satu prime core atau inti utama yang berbasis Cortex-X4 dengan kecepatan clock hingga 3,3 GHz. Berpadu lima inti performa berbasis Cortex-A720 yang berjalan hingga 3,2 GHz dan dua inti efisiensi Cortex-A520 pada 2,3 GHz.

2. GPU Adreno 750

Dari segi GPU, Adreno 750 di dalam Snapdragon 8 Gen 3 menjanjikan kemampuan grafis dengan performa 25% lebih cepat, 25% lebih hemat daya, dan ditambah ray tracing dengan Global Illumination yang 40% lebih baik dibandingkan pendahulunya. Qualcomm juga menyertakan rangkaian fitur Snapdragon Elite Gaming yang mampu menentang konsol.

Mulai dari dukungan layar 240Hz untuk pengalaman bermain game yang sangat mulus pada 240fps, Unreal Engine 5.2 dengan MetaHumans framework yang dapat menampilkan karakter manusia yang lebih realistis, dan Snapdragon Game Super Resolution yang dapat meningkatkan adegan game hingga resolusi 8K.

3. AI Engine

Pada Snapdragon 8 Gen 3, Qualcomm menanamkan AI berkinerja tinggi di seluruh sistem. Dengan AI Engine yang kini mendukung model AI generatif multi-modal dan model bahasa besar (LLM) yang populer untuk pengenalan suara. Chip ini dapat menjalankan hingga 20 token per detik, sehingga asisten AI dapat merespon pengguna dengan lebih cepat.

Qualcomm juga membanggakan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 memiliki difusi stabil yang diklaim tercepat di dunia, yang dapat menghasilkan gambar dalam sepersekian detik. Performa Qualcomm Sensing Hub meningkat AI 3,5x dan performa NPU Qualcomm Hexagon 98% lebih cepat dengan peningkatan performa/watt hingga 40% dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2.

4. Cognitive ISP

Di sektor pencitraan, Snapdragon 8 Gen 3 memiliki Triple ISP Qualcomm Spectra 18-bit, termasuk Cognitive ISP. Rangkaian fiturnya juga meningkat berkat AI, termasuk Semantic Segmentation untuk foto dan video yang disempurnakan dengan AI secara real-time hingga 12 lapisan, mendukung teknologi foto HDR dari Dolby, dan pengambilan video Night Vision didukung oleh AI.

Selain itu, pengambilan foto Truepic dengan dukungan standar C2PA memungkinkan mengambil foto dengan segel kriptografi Truepic yang membuktikan bahwa foto tersebut nyata dan bukan AI generatif. Mendukung pengeditan foto dan video yang diaktifkan dengan suara bertenaga AI generatif, perluasan foto secara intuitif, dan dilengkapi Video Object Eraser dari Arcsoft untuk menghapus orang dan objek yang tidak diinginkan.

Perekam videonya mendukung hingga 8K 30fps atau 4K hingga 120fps. Dengan dukungan format video seperti Hybrid Log Gamma (HLG), Dolby VisionĀ®, HDR10, HDR10+, dan Google Ultra HDR. Didukung tampilan vlogger baru yang memungkinkan berbagi kamera selfie dan video kamera belakang secara bersamaan.

5. Konektivitas Cepat

Fitur unggulan Snapdragon 8 Gen 3 yang bakal sangat dirasakan oleh pengguna adalah konektivitas yang stabil dan cepat. Chip ini mengandalkan Sistem RF Modem Snapdragon X75 5G, modem 5G dengan akselerator perangkat keras tensor AI terintegrasi yang bisa mencapai kecepatan, jangkauan, ketahanan tautan, dan akurasi lokasi yang lebih baik.

Berpadu dengan Sistem Konektivitas Qualcomm FastConnect 7800 yang menghadirkan WiFi 7 yang menawarkan kecepatan hingga 5,8 Gbps dan mendukung High Band Simultaneous Multi-Link untuk performa yang cepat dan latensi rendah.

Snapdragon-8-Gen-3

Smartphone dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

Sebagian besar smartphone flagship yang akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 dapat dijumpai tahun 2024. Di Indonesia, kita tidak perlu menunggu sampai tahun depan, ada iQOO 12 yang telah resmi diperkenalkan.

iQOO 12 menjadi smartphone pertama di Indonesia dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3 dan merupakan smartphone paling kencang yang bisa dibeli saat ini. Dijual seharga Rp10.999.000, iQOO 12 didukung dengan RAM LPDDR5X berkapasitas 16GB dan penyimpanan internal UFS 4.0 sebesar 512GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *