Ad imageAd image

Pertama dengan Snapdragon 8 Gen 3, iQOO 12 5G Adalah HP Android Paling Powerful di Indonesia

Lukman Azis

Tidak perlu menunggu tahun depan untuk memiliki smartphone flagship Android dengan performa paling mutakhir. iQOO, sub-brand dari vivo telah resmi meluncurkan smartphone pertama di Indonesia dengan chipset Qualcomm terbaru, Snapdragon 8 Gen 3.

Mari berkenalan dengan iQOO 12 5G, saat ini ia menjadi smartphone Android dengan performa paling kuat di Tanah Air. Tidak tanggung-tanggung, iQOO menyertakan RAM LPDDR5X berkapasitas 16GB ditambah 16GB Extended RAM dan penyimpanan internal UFS 4.0 sebesar 512GB.

Nah yang menarik harganya tidak kelewat mahal, di Indonesia iQOO 12 5G dijual seharga Rp10.999.000. Yuk bahas kemampuannya lebih banyak.

Pertama dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

Pertama dengan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3

Chipset flagship Qualcomm teranyar, Snapdragon 8 Gen 3 tidak hanya sekedar lebih kencang, tetapi juga dilengkapi rangkaian fitur berbasis artificial intelligence (AI) yang membuat iQOO 12 lebih canggih dan konsumsi daya lebih efisien. SoC ini masih menggunakan arsitektur 4nm TSMC, tetapi dengan kecepatan clock pada inti performa yang lebih tinggi.

CPU octa-core pada Snapdragon 8 Gen 3 terdiri dari satu inti utama berbasis Cortex X4 dengan kecepatan clock hingga 3,3 GHz. Berpadu tiga inti performa Cortex A720 pada 3,2 GHz, dua inti Cortex A720 pada 3 GHz, dan dua inti efisiensi Cortex A520 pada 2,3 GHz.

GPU Adreno 750 yang ada memastikan semua game dapat berjalan dengan pengaturan rata kanan. Didukung rangkaian fitur gaming canggih Snapdragon Elite Gaming dan memiliki kemampuan menampilkan ray tracing dengan Global Illumination untuk grafis yang lebih nyata.

Semua itu dioptimalkan dengan teknologi pendinginan 6K Vapor Chamber Four-Zone Cooling System. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh dengan fitur pengisian cepat 120W FlashCharge, iQOO 12 menggunakan baterai lithium dengan bahan graphite yang membuatnya lebih tahan lama.

Desain Lebih Fresh dan Layar 144Hz

Desain Lebih Fresh dan Layar 144Hz

Selain performa, iQOO 12 datang dengan desain baru yang terlihat lebih fresh dan modul kamera belakangnya berbentuk oval. Yang istimewa, iQOO 12 hadir dalam edisi Legend dengan warna putih yang dihiasi logo BMW M Motorsport pada bagian belakangnya dan edisi Track dalam warna hitam.

Layarnya berukuran 6,78 inci menggunakan panel LTPO AMOLED dengan resolusi 2800×1260 piksel dan memiliki refresh rate dinamis 1-144Hz. Sudah mendukung HDR10+, bahkan saat menonton konten HDR tingkat kecerahan puncaknya mencapai 3.000 nits dan 1.400 nits untuk penggunaan normal dalam mode auto.

Chipset Snapdragon 8 Gen 3 dan layar dengan refresh rate hingga 144Hz ini merupakan paduan yang mengesankan untuk gaming, namun iQOO memperkuatnya lagi dengan Supercomputing Chip Q1. Untuk memberikan peningkatan visual ketika bermain game dengan fitur seperti Game Super Resolution dan Game Super Frame Rate.

Bagaimana Kemampuan Kameranya?

Bagaimana Kemampuan Kameranya?

Di sektor pencitraan, konfigurasi tiga kamera belakang iQOO 12 ditingkatkan secara signifikan. Kamera utamanya beresolusi 50MP, mengandalkan sensor flagship OmniVision OV50H berukuran besar 1/1.3 inci dan dilengkapi teknologi PureCel Plus-S dengan dukungan OIS.

Selain itu, kamera dengan lensa telephoto periscope-nya beresolusi 64MP yang bisa melakukan 3x optical zoom dan hingga 100x secara digital. Sedangkan kamera dengan lensa ultrawide-nya beresolusi 50MP dan kamera bagian depannya 16MP.

Saya kepincut warna putihnya, tidak sabar untuk segera melakukan review dan menjajal Snapdragon 8 Gen 3. iQOO 12 5G dijual dengan harga Rp10.999.000, biar bisa mendapatkan promo menarik, kalian harus mengikuti pre-order yang dibuka dari tanggal 7 hingga 11 Desember 2023 di Tokopedia, Shopee, dan iQOO.com.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *