ASUS Luncurkan Server dan Motherboard Server dengan Prosesor Intel Xeon E-2400

0
asus-server-dengan-prosesor-intel-xeon-e-2400

ASUS telah mengumumkan rangkaian server dan motherboard server terbaru yang didukung dengan prosesor Intel Xeon E-2400. Prosesor tersebut menawarkan kinerja yang superior dengan dukungan hingga 8 core, dukungan langsung untuk PCI Express (PCIe 5.0), dan kecepatan memori DDR5 4400 MT/s.

Produk server ASUS yang dibekali modul BMC terbaru dalam chipset ASPEED 2600 ini tidak hanya menawarkan pengelolaan dan keamanan yang lebih baik, tetapi juga kompatibel dengan IPMI 2.0 yang dapat meningkatkan kompatibilitasnya dengan berbagai software manajemen jarak jauh. Di sisi lain, prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-5 terbaru juga telah diluncurkan.

Keunggulan Prosesor Intel Xeon E-2400

Prosesor Intel Xeon E-2400 ini dirancang untuk usaha kecil hingga menengah (UKM) dan penyedia layanan cloud yang menawarkan solusi kuat dan aman. Mendukung hingga 8 core dan 16 thread dengan frekuensi maksimum 5,6 GHz dan TDP 95 W untuk memastikan pemrosesan data yang cepat sekaligus menghadirkan responsivitas aplikasi.

Intel Xeon E-2400 memiliki dukungan memori DDR5 4400 MT/s hingga 128GB dan antarmuka PCIe 5.0 untuk memberikan performa kelas server yang andal selama 24/7 pada layanan bisnis penting dan data pelanggan, sekaligus kinerja hemat biaya untuk layanan cloud bare-metal pemula.

Server ASUS RS300-E12-RS4

Server-ASUS-RS300-E12-RS4

Server ini dirancang untuk memanfaatkan kemampuan 8 core yang dimiliki prosesor Intel Xeon E-2400 dengan dukungan hingga 95W TDP. Mesin ini dirancang dan berfokus pada opsi penyimpanan yang luas dengan dukungan empat hot-swap drive pada front panel serta slot M.2 tambahan.

Dalam hal konektivitas, server ini menawarkan slot PCIe 5.0 dengan slot PCIe 4.0 eksklusif untuk memastikan bandwidth yang lebih tinggi. Untuk efisiensi daya, server ASUS RS300-E12-RS4 dibekali dengan power supply redundant Platinum PLUS 450 W 80.

Selain itu, server ini juga memiliki konektivitas jaringan yang kuat karena dibekali dual port Ethernet gigabit Intel I210-AT yang dapat dipakai bersamaan. Proses manajemen server juga ditingkatkan menggunakan manajemen out-of-band dari ASUS ASMB11-iKVM dengan pengontrol ASPEED AST2600.

Server ASUS RS300-E12-PS4

Server-ASUS-RS300-E12-PS4

Beralih ke server ASUS RS300-E12-PS4 yang memiliki berbagai fitur serupa dengan model RS300-E12-RS4, seperti prosesor, kemampuan penyimpanan, slot PCIe, opsi Ethernet, pengontrol manajemen, dan fitur keamanan. Perbedaan dengan model sebelumnya yaitu fokus pada penyederhanaan pemeliharaan sistem yang dilakukan oleh power supply 350W 80 PLUS Gold. Model ini mengimbangi kinerja yang dimilikinya dengan memberikan efisiensi energi agar menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis yang membutuhkan solusi server yang efisien.

Motherboard server ASUS P13R-M/10G-2T

Motherboard-server-ASUS-P13R-M-10G-2T

Motherboard server ini meningkatkan konektivitasnya dengan dual-port Ethernet gigabit Intel X710-AT2 dan menyediakan slot M.2 untuk meningkatkan kecepatan boot OS. Motherboard ini tetap mempertahankan fitur inti dari seri server RS300-E12, seperti dukungan untuk prosesor seri Intel Xeon E-2400, opsi penyimpanan yang cukup, dan ASUS ASMB1-iKVM untuk proses manajemen yang efisien.

Motherboard server ASUS P13R-M

Motherboard-server-ASUS-P13R-M

Motherboard server ASUS P13R-M hadir dengan mengikuti spesifikasi utama dari RS300-E12-PS4 yang berfokus pada dukungan prosesor, fleksibilitas penyimpanan, dan kemampuan jaringan yang serupa. Perbedaannya ASUS P13R-M didesain dengan form factor yang ringkas dan dibekali power supply 350W 80 PLUS Gold, sehingga menjadi pilihan efisien untuk bisnis yang membutuhkan solusi motherboard dengan kemampuan paralel ke server RS4 dan PS4.

Manajemen Infrastruktur IT yang komprehensif

Server RS300-E12 dan motherboard server P13R-M memiliki fitur ASUS ASMB11-iKVM yang merupakan modul iKVM embedded. Perangkat ini secara opsional dilengkapi dengan ASUS Control Center (ACC) yang menawarkan fitur manajemen out-of-band dan in-band yang komprehensif untuk bisnis kecil dan menengah.

ASMB11-iKVM memiliki dukungan pembaruan BIOS jarak jauh, kontrol kipas, KVM mandiri, perekaman video, pengambilan BSOD, serta menyediakan pemantauan dan diagnostik jarak jauh sepanjang waktu. Fungsi tersebut tetap dapat diakses melalui antarmuka grafis berbasis web yang mudah digunakan di berbagai browser utama bahkan jika sistem operasi sedang down atau offline.

Adanya fitur ACC semakin meningkatkan manajemen infrastruktur IT dengan cara memusatkan dan mengintegrasikan pemantauan dan kontrol untuk produk komersial ASUS, seperti server, workstation, dan digital signage. ACC memungkinkan pembaruan BIOS jarak jauh, pemantauan sistem perangkat seluler, dan manajemen server yang disederhanakan melalui pembaruan software dengan sekali klik dan peluncuran.

Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-5

Jajaran prosesor Intel Xeon Generasi ke-5 terbaru menghadirkan peningkatan kinerja untuk kebutuhan umum rata-rata hingga 21% dan peningkatan kinerja per watt rata-rata hingga 36% di seluruh beban kerja dibandingkan generasi sebelumnya, sehingga dapat menghasilkan kinerja pelatihan yang lebih tinggi hingga 29% dan kinerja inferensi yang lebih tinggi hingga 42%.

Dengan soket LGA-4677, seri CPU terbaru ini melanjutkan keunggulan pendahulunya dengan sempurna melalui kompatibilitas yang mudah digunakan. Dengan delapan saluran memori DDR5 -5600 yang mendukung kapasitas hingga 2 TB, 80 jalur PCI Express 5.0 dengan dukungan CXL 1.1, dan TDP 350W untuk konfigurasi 1P dan 2P, Xeon Scalable terbaru adalah sebuah pusat inovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *