Ad imageAd image

AMD dan Microsoft Bermitra Tingkatkan Kinerja AI dan Video Streaming di Azure

Dimas Galih Windudjati

Raksasa teknologi AMD dan Microsoft mengumumkan kerja sama untuk menghadirkan solusi komputasi dan perangkat lunak canggih di bidang kecerdasan buatan atau AI dan layanan video. Kerja sama ini diumumkan pada konferensi Microsoft Build yang baru saja digelar.

Melalui kolaborasi ini, Microsoft akan memanfaatkan teknologi AMD seperti prosesor AMD Instinct MI300X, perangkat lunak open source ROCm, prosesor dan perangkat lunak AMD Ryzen AI, serta media accelerator Alveo MA35D.

Teknologi tersebut akan diintegrasikan ke dalam layanan Microsoft Azure, salah satunya adalah Azure ND MI300X virtual machines terbaru yang kini sudah tersedia untuk umum. VM ini menawarkan performa tinggi dan efisiensi untuk beban kerja AI yang berat, seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan Hugging Face.

Presiden AMD, Victor Peng, mengatakan bahwa kombinasi AMD Instinct MI300X dan perangkat lunak ROCm mampu mendukung layanan Azure OpenAI Chat GPT 3.5 dan 4, yang merupakan beban kerja AI paling berat di dunia saat ini. Selain itu, Microsoft dan AMD juga bekerja sama untuk menghadirkan performa dan efisiensi biaya terbaik untuk menjalankan model GPT melalui layanan Azure AI Production.

Ryzen AI untuk Pengembang AMD dan Microsoft

Para pengembang kini dapat menggunakan perangkat lunak AMD Ryzen AI untuk mengoptimalkan dan menjalankan inferensi AI pada PC yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI. Perangkat lunak Ryzen AI memungkinkan aplikasi untuk berjalan pada Neural Processing Unit (NPU) yang dibangun dengan arsitektur AMD XDNA, prosesor AI khusus pertama pada prosesor Windows x86.

Dengan menggunakan NPU, model AI dapat berjalan dengan lebih efisien dan menghemat baterai pada laptop. Ini memungkinkan pengembang untuk menjalankan beban kerja AI LLM dan aplikasi lain secara bersamaan di perangkat mereka. Microsoft memilih media accelerator AMD Alveo MA35D untuk mendukung layanan video streaming langsung mereka, seperti Microsoft Teams dan SharePoint video.

Alveo MA35D dirancang khusus untuk layanan streaming interaktif berskala besar. Teknologi ini akan membantu Microsoft memastikan kualitas video yang tinggi melalui optimalisasi proses encoding, decoding, dan transcoding video. Selain itu, Alveo MA35D juga mendukung standar kompresi AV1 terbaru dan siap untuk teknologi masa depan seperti AV1.

Prosesor AMD EPYC generasi ke-4 kini digunakan untuk berbagai jenis VM di Microsoft Azure, termasuk VM untuk penggunaan umum, intensif memori, dan komputasi berperforma tinggi.

VM yang menggunakan prosesor AMD EPYC generasi ke-4 menawarkan performa hingga 20% lebih baik untuk VM penggunaan umum dan intensif memori, serta performa CPU hingga 2x lebih baik untuk VM komputasi berperforma tinggi dibandingkan dengan VM Azure yang menggunakan prosesor AMD EPYC generasi sebelumnya.

Kerja sama AMD dan Microsoft ini menjanjikan peningkatan performa dan efisiensi untuk berbagai layanan komputasi awan, kecerdasan buatan, dan video streaming di masa depan.

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *