Intel Luncurkan Prosesor Arrow Lake Core Ultra 200S: Efisiensi Daya dan Performa Tinggi

Dimas Galih Windudjati

Intel baru saja mengumumkan peluncuran lima model pertama dari seri prosesor desktop Arrow Lake, yang dikenal sebagai Core Ultra 200S. Seri ini mencakup model mulai dari Core Ultra 5 245KF dengan 14 core seharga $294 hingga flagship Core Ultra 9 285K dengan 24 core seharga $589. Prosesor ini akan tersedia di pasar mulai 24 Oktober 2024.

Intel mengklaim bahwa Arrow Lake membawa peningkatan performa hingga 15% dalam tugas multithreaded dan 5% dalam tugas single-threaded dibandingkan generasi sebelumnya. Selain itu, konsumsi daya juga berkurang drastis, dengan penurunan hingga 165W dalam total daya sistem saat gaming, yang menghasilkan suhu operasi rata-rata 10°C lebih rendah. Ini menjadikan efisiensi daya sebagai salah satu poin penjualan utama dari seri Core Ultra 200S.

Meskipun ada banyak peningkatan, performa gaming dari Core Ultra 9 285K tidak sebaik yang diharapkan. Intel mengklaim bahwa prosesor ini setara dengan Ryzen 9 9950X dari AMD dalam hal gaming. Namun, pengujian menunjukkan bahwa flagship Intel saat ini, Core i9-14900K, masih 8 hingga 10% lebih cepat daripada Ryzen 9, yang berarti Core Ultra 9 285K bisa lebih lambat dalam gaming dibandingkan dengan model generasi sebelumnya. Selain itu, Ryzen 7 7800X3D dari AMD, yang dioptimalkan untuk gaming, juga lebih cepat 5 hingga 7% dibandingkan Core Ultra 9 285K, dan jarak ini bisa lebih besar berdasarkan pengujian lebih lanjut.

Arrow Lake memperkenalkan desain arsitektur baru untuk PC desktop, termasuk desain lima chiplet yang memanfaatkan teknologi Foveros 3D packaging. Prosesor ini juga menggabungkan kluster E-core Skymont di antara P-core Lion Cove. Intel juga menghilangkan Hyper-Threading dan hanya mendukung memori DDR5, dengan tambahan dukungan untuk modul CUDIMM DDR5 yang memungkinkan overclocking memori hingga DDR5-8000.

Seri Core Ultra 200S juga hadir dengan fitur overclocking baru untuk para penggemar. Intel memperkenalkan kemampuan untuk overclock antarchiplet, yang dapat membantu mengatasi masalah latensi memori yang disebabkan oleh desain I/O tile yang terpisah. Selain itu, ada peningkatan granularitas clock dan dua base clock yang dapat disesuaikan untuk compute tile dan SoC tile.

Secara keseluruhan, Intel Arrow Lake Core Ultra 200S menawarkan peningkatan signifikan dalam efisiensi daya dan performa produktivitas. Namun, performa gaming masih menjadi tantangan, terutama jika dibandingkan dengan prosesor gaming-optimized dari AMD. Dengan peluncuran yang dijadwalkan pada 24 Oktober 2024, kita akan melihat bagaimana prosesor ini benar-benar berkinerja dalam pengujian independen.

Sumber: Tomshardware

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *