Mencoba Acer Aspire 5 Slim di Kereta Cepat Whoosh

0

Kereta cepat Whoosh Jakarta Bandung merupakan salah satu moda transportasi umum yang sedang populer di Indonesia. Biasanya dengan kereta api, Jakarta Bandung akan ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam. Namun dengan Whoosh, waktu perjalanan dari Halim menuju stasiun Bandung hanya akan ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam saja. Hal tersebut tidak membuat kita ‘tua di jalan’.

Oleh karena itu, saya dengan beberapa jurnalis lainnya mencoba mensimulasikan jika benar-benar bekerja pada kereta cepat Whoosh. Oleh karena itu, saya membawa Acer Aspire 5 Slim dengan prosesor Intel 13th Generation Core i5-1335U selama perjalanan. Sebagai catatan, pada kereta Whoosh terdapat colokan listrik pada bagian bawah kursi sehingga kita tidak akan kesulitan dalam mengisi ulang baterai.

Waktu tempuh dari stasiun Halim menuju ke stasiun Padalarang hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Hal tersebut terjadi karena kereta Whoosh akan mencapai kecepatan tertingginya pada 350 KM/jam. Kami pun tidak percaya saat kereta sudah mendekati stasiun Padalarang yang diumumkan sekitar 5-7 menit sebelum berhenti.

Menggunakan laptop yang satu ini pada kereta Whoosh memang cukup menyenangkan dan nyaman. Hal tersebut memang karena laptop yang satu ini memiliki kinerja yang tinggi serta baterai yang cukup besar.

Performa yang Memuaskan

Acer Aspire 5 Slim dengan Intel 13th Gen ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-1335U yang sudah lebih dari cukup untuk bekerja dengan Office atau browser. Prosesor ini memiliki 2 P-core dan 8 E-Core dengan 12 thread, serta memiliki kecepatan clock hingga 4,6 GHz. Prosesor ini juga dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dan penyimpanan SSD PCIe NVMe 512 GB.

Selama perjalanan dengan kereta cepat Whoosh, saya menggunakan Acer Aspire 5 Slim untuk mencoba berbagai macam tugas, termasuk mengedit video sederhana, mengetik di Office, dan mencoba menonton film. Laptop ini dapat menjalankan semua tugas tersebut dengan lancar dan tanpa lag. Namun memang, pada kenyataannya ketiga hal tersebut tidak dapat dilakukan bersamaan karena waktu tempuh yang hanya 30 menit.

Layar yang Jernih dan Menyenangkan

Acer Aspire 5 Slim memiliki layar IPS 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080). Layar ini memiliki kualitas yang sangat baik, dengan gambar yang jernih dan tajam dengan teknologi Acer ComfyView. Saat mencoba menonton video pada laptop ini, walaupun sebentar, namun sudah terasa nikmatnya selama perjalanan.

Layar seperti ini juga cocok digunakan untuk mengetik dan melakukan pekerjaan dengan Office. Hal tersebut berarti selain jernih, saya bisa melihat setiap huruf dengan sangat baik dan tidak blur. Dan dengan rasio 16:10 dan bezel yang lebih tipis memberikan ruang kerja lebih lega.

Baterai yang Tahan Lama

Acer Aspire 5 Slim memiliki baterai berkapasitas 50 Wh. Selama perjalanan saya dengan kereta cepat Whoosh, yang memakan waktu sekitar 30 menit saja, laptop ini masih memiliki sisa baterai sekitar 95%. Hal ini menunjukkan bahwa baterai laptop ini cukup tahan lama untuk digunakan selama perjalanan sehari penuh.

Jika ternyata kita lupa mengisi baterai, pada kereta Whoosh sudah tersedia colokan di bawah kursi. Bobot charger-nya sendiri memang tidak berat sehingga tidak akan membuat punggung kita sakit.

Spesifikasi Acer Aspire 5 Slim

Untuk spesifikasi Acer Aspire 5 Slim yang saya coba di kereta Whoosh adalah sebagai berikut

Review Unit Aspire 5 Slim
OS Windows 11 Home
Processor Intel® CoreTM i5-1335U processor, 12 MB Smart Cache,10 core (2P Core + 8E Core), up to 4,6 GHz
Memory 8 GB LPDDR5
Display 14.0” IPS WUXGA with Acer ComfyView & BluelightShield
Graphics Intel® Iris® Xe Graphics
Audio Acer PurifiedVoice™ technology with AI noise reduction in dual built-in microphones. Features include far-field pickup, dynamic noise reduction through neural network, adaptive beamforming, and pre-defined personal and conference call modes.

 

Storage SSD NVMe 512 GB
Wireless and networking ● Wi-Fi 6E

● Support Bluetooth® 5.1

Ports Headphone/speaker jack

HDMI 2.1 port with HDCP support

DC-in port 20 V; 65 W

Two USB 3.2 Gen 1 ports with one featuring power-off USB charging

Webcam HD Camera with Acer TNR
Price Start from Rp 9.999.000

Sayang memang, percobaan hanya bisa berlanjut hingga 30 menit saja. Setelah itu, kami harus berjibaku untuk mendapatkan tempat duduk pada kereta feeder menuju Bandung di stasiun Padalarang. Jadi, walaupun perjalanan kali ini cukup cepat, namun tidak mengurangi kenyamanan saat membawa Acer Aspire 5 Slim yang ternyata tidak berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *