Mengenal MediaTek HyperEngine 6, Meningkatkan Kinerja Gaming pada SoC Dimensity

0

Para pengguna smartphone dengan SoC Mediatek tentu sering mendengar istilah HyperEngine yang menjanjikan kinerja lebih. Walaupun begitu, tidak banyak yang mengerti teknologi apa yang dimiliki oleh HyperEngine yang saat ini sudah mencapai versi ke 6. MediaTek HyperEngine 6.0 adalah teknologi gaming seluler terbaru dari MediaTek yang dirancang untuk memberikan pengalaman gaming seluler yang lebih baik lagi.

Salah satu fitur utama MediaTek HyperEngine 6.0 adalah dukungan ray tracing. Ray tracing adalah teknologi yang memungkinkan game untuk menghasilkan grafis yang lebih realistis dengan mensimulasikan cara cahaya berinteraksi di dunia nyata. Dengan ray tracing, game dapat menghasilkan efek visual yang lebih kompleks dan detail, seperti bayangan, refleksi, dan pencahayaan global. Hal ini dapat membuat game terlihat lebih hidup dan imersif.

Hal ini dapat terjadi karena pada Mediatek Dimensity 9200, terdapat GPU bernama ARM Immortalis-G715. MediaTek jugavmenyediakan SDK bagi developer untuk mengembangkan ARM Immortalis GPU lebih jauh lagi yang dikhususkan untuk fungsi ray tracing dengan Vulkan API. Selain ray tracing, MediaTek HyperEngine 6.0 juga menghadirkan fitur pengurangan gerakan buram. Fitur ini membantu mengurangi efek blur saat objek bergerak cepat, sehingga pemain dapat melihat pergerakan musuh dengan lebih jelas.

MediaTek HyperEngine 6.0 juga dirancang untuk meningkatkan performa dan efisiensi daya game. Fitur Teknologi Game Adaptif MediaTek membantu menghemat daya baterai dengan menyesuaikan kecepatan frame rate dan pengaturan grafis sesuai dengan kebutuhan game. Fitur Frame Rate Smoother 2.0 membantu menjaga kecepatan frame rate tetap stabil, sehingga pemain dapat menikmati gameplay yang lebih lancar.

Ada pula fitur VRS/AI-VRS yang membantu meningkatkan kualitas grafis dengan mengurangi resolusi gambar pada area yang tidak penting, sehingga performa game tetap terjaga. Terakhir, Stable Frame-rate Mode memprioritaskan kecepatan frame rate secara tepat dengan jitter (berkaitan dengan distorsi pengiriman data visual/audio) minimal.

MediaTek HyperEngine 6.0 juga menghadirkan sejumlah fitur yang meningkatkan audio dan koneksi jaringan game. Fitur Teknologi Bluetooth LE Audio latensi terendah membantu mengurangi latensi audio, sehingga pemain dapat mendengar suara game dengan sinkron tanpa lag.

Pada bagian konektivitas, terdapat Modem Express 2.0 membantu meningkatkan kecepatan dan stabilitas koneksi jaringan, sehingga pemain dapat bermain game secara online tanpa gangguan. Ada pula Wi-Fi/BT Hybrid 5.0 yang membantu meningkatkan jangkauan dan performa Wi-Fi dan Bluetooth, sehingga tidak akan terjadi buffering dan lag. Terakhir adalah Super Hotspot QoS yang bakal membantu memprioritaskan lalu lintas data game saat menggunakan hotspot Wi-Fi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *