Ad imageAd image

Toshiba Hadirkan Hard Disk 32TB HAMR dan 31TB MAMR, Terobosan Kapasitas Penyimpanan

DiGaL
By DiGaL

Di tengah maraknya penggunaan Solid State Drive untuk penyimpanan data pada perangkat laptop dan PC desktop, Toshiba baru saja mengumumkan terobosan baru di dunia penyimpanan data hard disk. Toshiba menghadirkan hard disk dengan teknologi baru dengan kapasitas yang sangat besar, yaitu 32TB dengan teknologi HAMR dan 31TB yang memakai MAMR. Kedua hard disk ini menawarkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan hard disk tradisional, membuka peluang baru untuk berbagai aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data masif.

Hard disk HAMR dan MAMR menggunakan teknologi yang berbeda untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. HAMR (Heat Assisted Magnetic Recording) menggunakan pemanasan lokal pada disk dengan cahaya inframerah untuk meningkatkan kemampuan perekaman magnetik. Sedangkan MAMR (Microwave Assisted Magnetic Recording) menggunakan gelombang mikro untuk meningkatkan kemampuan perekaman magnetik.

Hard disk 32TB HAMR Toshiba menggunakan desain 10 platter dan teknologi SMR (Shingled Magnetic Recording). Kombinasi ini menghasilkan kepadatan penyimpanan yang sama dengan platform HAMR 3+ Magic Shield Seagate, yang juga menawarkan kapasitas 32TB dengan 10 platter SMR.

Toshiba HAMR MAMR

Toshiba berencana untuk mulai mengirimkan sampel HAMR pada tahun 2025. Sampel pertama ini kemungkinan akan memiliki kapasitas 28-30TB, menggunakan teknologi CMR (Conventional Magnetic Recording) tradisional.

Hard disk 31TB MAMR dari Toshiba merupakan yang pertama di industri yang menggunakan desain 11 platter. Dikombinasikan dengan SMR dan teknologi pemrosesan sinyal yang ditingkatkan, hard disk ini mencapai kepadatan penyimpanan 2,8TB per platter.

Toshiba dalam pernyataannya memuji kerjasama erat dengan Resonac, yang dulu dikenal dengan nama SDK Showa Denko dan TDK, masing-masing sebagai produsen platter dan head drive. Kerjasama ini telah memungkinkan Toshiba untuk mencapai terobosan baru dalam teknologi hard disk.

Hard disk HAMR dan MAMR Toshiba merupakan terobosan besar dalam teknologi penyimpanan data. Kapasitas yang lebih besar ini akan membuka peluang baru untuk berbagai aplikasi, seperti penyimpanan cloud, big data, dan kecerdasan buatan. Di masa depan, kita dapat menantikan hard disk dengan kapasitas yang lebih besar lagi dan teknologi yang lebih canggih.

Sumber: ITHome

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *