Ad imageAd image

Kabar Buruk untuk Pengguna Windows 11 pada PC Lawas!

Dimas Galih Windudjati

Berita buruk bagi para pengguna PC tua! Microsoft tampaknya akan menutup celah yang selama ini dimanfaatkan untuk menjalankan Windows 11 secara tidak resmi pada perangkat kuno. Update besar Windows 11 pada versi 24H2, yang dijadwalkan rilis akhir tahun ini, dikabarkan akan mewajibkan fitur CPU bernama POPCNT (Population Count) untuk dapat melakukan booting.

Jangan khawatir jika Anda baru saja membeli PC baru. Semua CPU modern sudah mendukung POPCNT, sehingga pembaruan ini tidak akan memengaruhi anda. Namun, bagi pengguna setia PC berusia lebih dari 15 tahun, bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada Windows 11.

Mengapa 15 tahun? Pasalnya, instruksi POPCNT pertama kali diperkenalkan pada AMD Barcelona di tahun 2006 dan Intel pada prosesor Core i7 berbasis Nehalem yang dirilis tahun 2008. Artinya, jika PC Anda lebih tua dari itu, maka tidak ada jalan keluar untuk menjalankan Windows 11 24H2 secara resmi. Jadi, pengguna Core 2 Quad sudah tidak lagi bisa menjalankan Windows 11.

Informasi ini pertama kali diungkap oleh Bob Pony melalui platform X. Ia menemukan bahwa diam-diam Microsoft telah menjadikan POPCNT sebagai persyaratan untuk menjalankan Windows 11 sejak tahun lalu. Perubahan ini terlihat pada Windows 11 Insider Preview build 25905, di mana beberapa file sistem kini membutuhkan CPU yang mampu menjalankan instruksi POPCNT. Misalnya, driver USB XHCI yang bertanggung jawab untuk mengelola USB 3.0 dan versi lebih baru, kini memanfaatkan fungsionalitas instruksi tersebut.

Meskipun sebelumnya ada berbagai cara untuk menginstal Windows 11 pada perangkat yang tidak didukung, trik-trik tersebut kemungkinan tidak akan membantu Anda melewati persyaratan POPCNT. Tidak adanya dukungan POPCNT berarti PC Anda dengan CPU yang tidak didukung tidak akan bisa boot sama sekali.

Dengan langkah ini, Microsoft bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kinerja sistem, sekaligus mengikuti standar industri. Bagi pengguna PC tua, kabar ini tentu mengecewakan. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan sistem operasi yang tidak didukung secara resmi berpotensi menimbulkan risiko keamanan dan ketidakstabilan sistem.

Namun jika Anda ingin melakukan tes apakah PC yang digunakan mendukung POPCNT, Bob Pony pun telah membuat sebuah aplikasi yang bisa mendeteksi hal tersebut.

Sumber: XDA-Developers / TheBobPony

Share This Article
Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *