Sony Umumkan Tiga Mikrofon Nirkabel untuk Content Creator dan Live Streaming

0
ECM-S1 + ICLE-7M4

Sony memperluas portofolio mikrofonnya, dengan memperkenalkan mikrofon nirkabel ECM-W3 dan ECM-W3S, serta mikrofon streaming nirkabel ECM-S1. Memungkinkan para content creator video untuk mendapatkan rekaman audio superior di berbagai skenario pengambilan gambar.

ECM-W3 memiliki receiver dua saluran dan dua mikrofon, sedangkan ECM-W3S memiliki receiver satu saluran dan satu mikrofon. ECM-W3 bisa menjadi solusi ideal untuk wawancara dan percakapan dua arah, sementara ECM-W3S unggul dalam menangkap suara pengguna yang jelas dan terartikulasi untuk vlogger dan content creator video dengan fokus pada penyampaian suara yang organik.

ECM-W3
Sony ECM-W3

Dilengkapi dengan filter noise-cut yang secara efektif mengurangi kebisingan keras dengan pemrosesan sinyal digital dan filter low-cut yang mengurangi kebisingan frekuensi rendah yang tidak diinginkan seperti suara angin, AC, dan getaran.

Selain itu, windscreen yang disertakan dapat mengurangi kebisingan yang dihasilkan saat angin kencang atau hembusan nafas menerpa mikrofon, sehingga memungkinkan perekaman audio yang jernih tanpa gangguan dari lingkungan sekitar.

Selain kompatibilitas Multi-Interface (MI) Shoe dengan kamera Sony, kompatibilitas semakin ditingkatkan melalui terminal USB Type-C dan output audio 3,5 mm yang memungkinkan koneksi dengan berbagai perangkat seperti kamera, smartphone, dan PC, dan lainnya. Mikrofon ini juga dilengkapi dengan wadah pengisi daya yang nyaman dan praktis.

Sony ECM-W3S
Sony ECM-W3S

Saat dihubungkan ke kamera Sony yang dilengkapi dengan Multi-Interface (MI) Shoe, receiver ECM-W3 dan ECM-W3S kompatibel dengan antarmuka audio digital, dan kamera dapat langsung merekam output sinyal audio.

Selain itu, dilengkapi dengan fungsi safety yang dapat menekan distorsi suara pada volume tinggi, dan fungsi attenuator yang secara manual meredam suara saat perekaman volume tinggi. Baik ECM-W3 maupun ECM-W3S memiliki konsumsi daya rendah, latensi rendah, dan kualitas suara tinggi dengan Bluetooth 5.3 (Bluetooth Low Energy) dan codec LC3Plus.

Untuk videografer profesional dan content creator video yang membutuhkan kualitas audio terbaik untuk pengambilan gambar, live streaming, dan podcast, mikrofon ECM-S1 adalah pilihan terbaik. Mikrofon ini memiliki bodi yang ringkas dan dilengkapi dengan tiga kapsul berdiameter 14 mm dan memiliki tiga mode pengambilan suara: Uni-directional, Omni-directional, dan Stereo.

Sony ECM-S1

Dengan menyetelnya untuk merekam suara manusia secara alami dan jelas, mikrofon dapat menangkap suara bertekstur realistis dan kaya selama perekaman untuk mikrofon streaming. Ia juga memiliki filter peredam bising yang secara efektif menghilangkan kebisingan keras melalui pemrosesan sinyal digital, dan filter berpotongan rendah yang mengurangi kebisingan frekuensi rendah.

Mikrofon ini dilengkapi dengan dial independen yang mengatur tingkat perekaman suara. Volume level input audio ECM-S1 juga dapat disesuaikan secara intuitif dengan tombol putar atas sambil memeriksa level input audio secara real time dengan lampu indikator. Lampu LINK internal menunjukkan status komunikasi antara mikrofon dan penerima untuk mencegah rekaman yang terlewat.

ECM-S1 dan receiver masing-masing dilengkapi baterai internal untuk penggunaan jangka panjang. Receiver juga dapat digunakan terus menerus dengan dukungan catu daya langsung saat dihubungkan ke MI Shoe kamera atau kabel USB Type-C. Mikrofon dapat digunakan terus menerus hingga 13 jam bila baterai terisi penuh menggunakan kabel USB Type-C.

Mikrofon nirkabel ECM-W3, ECM-W3S, dan ECM-S1 sudah tersedia di Indonesia; dan dapat dibeli di dealer resmi Sony. Masing-masing mikrofon dijual dengan harga Rp 7,499,000 untuk ECM-W3, Rp 5,599,000 untuk ECM-W3S, dan Rp 6,499,000 untuk ECM-S1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *